Tuesday, 13 October 2015

Peran Pendampin PKH Di Setiap Wilayah Kerja

Pendamping PKH merupakan tenaga kerja yang dikontrak oleh kementerian sosial RI untuk mendampingi serta bertugas menyelenggarakan program keluarga harapan (PKH). Dalam program PKH yang memberikan bantuan uang tunai bersyarat kepada keluarga penerima manfaat (KPM), pendamping PKH memiliki tugas dan tanggung jawab pada program ini. Pendamping juga memiliki peran penting dalam menjalankan tugas masing masing hingga dapat mencapai tujuan dari program tersebut. Sebagai contoh pendamping perlu memfasilitasi, mendampingi, serta memberikan sosialisasi terkait dengan program PKH.

Tugas dan tanggung jawab seorang pendamping sosial PKH

Program semacam ini secara internasional dikenal sebagai program conditional cash transfers (CCT) atau program Bantuan Tunai Bersyarat. Persyaratan tersebut dapat berupa kehadiran di fasilitas pendidikan (misalnya bagi anak usia sekolah), ataupun kehadiran di fasilitas kesehatan (misalnya bagi anak balita, atau bagi ibu hamil). Peran pendamping PKH disini, untuk menfasilitasi peserta PKH atau keluarga sangat miskin (RTSM) dengan tujuan memudahkan mereka.

Pendamping PKH menghabiskan sebagian besar waktunya dengan melakukan kegiatan di lapangan, yaitu mengadakan pertemuan dengan ketua kelompok, berkunjung dan berdiskusi dengan petugas pemberi pelayanan kesehatan, pendidikan, pemuka daerah maupun dengan peserta itu sendiri. Pendamping juga bisa ditemui di UPPKH Kabupaten/Kota, karena paling tidak sebulan sekali untuk menyampaikan pembaharuan dan perkembangan yang terjadi di tingkat kecamatan.

Lokasi kantor pendamping sendiri terletak di UPPKH Kecamatan yang berada di kantor camat, atau di kantor yang dekat dengan PT POS daniatau kantor kecamatan di wilayah yang memiliki peserta PKH. Di sini pendamping melakukan berbagai tugas utama lainnya, seperti: membuat laporan, memperbaharui dan menyimpan formulir serta kegiatan rutin administrasi lainnya.

Secara kelembagaan, Pendamping melaporkan seluruh kegiatan dan permasalahannya ke UPPKH Kabupaten/Kota. Pendamping memiliki tugas yang sangat penting dalam pelaksanaan program di lapangan.

Tugas dan Tanggung Jawab Pendamping PKH
Berikut ini kami sampaikan beberapa tugas serta peran pendamping PKH di setiap wilayah kerja masing masing yakni, di bawah ini:

1. Tugas Persiapan Program
  • Tugas persiapan program meliputi pekerjaan yang harus dilakukan Pendamping untuk mempersiapkan pelaksanaan program. Kegiatan ini dilaksanakan sebelum pembayaran pertama diberikan kepada penerima manfaat
  • Menyelenggarakan pertemuan awal dengan seluruh peserta PKH.
  • Menginformasikan (sosialisasi) program kepada RTSM peserta PKH dan mendukung sosialisasi kepada masyarakat umum.
  • Mengelompkan peserta kedalam kelompok yang teridiri atas 20-25 peserta PKH untuk mempermudahkan tugas pendampingan.
  • Memfasilitasi pemilihan Ketua Kelompok ibu-ibu peserta PKH (selanjutnya disebut Ketua Kelompok saja).
  • Membantu peserta PKH dalam mengisi Formulir Klarifikasi data dan menandatangani surat persetujuan serta mengirim formulir terisi kepada UPPKH Kabupaten/Kota.
  • Mengkoordinasikan pelaksanaan kunjungan awal ke Puskesmas dan pendaftaran sekolah.

Baca Juga: Apa Itu PKH.

2. Tugas Rutin
  • Menerima pemutakhiran data peserta PKH dan mengirimkan formulir pemutakhiran data tersebut ke UPPKH Kabupaten.
  • Menerima pengaduan dari Ketua Kelompok dan/atau peserta PKH serta dibawah koordinasi UPPKH Kabupaten/Kota melakukan tindaklanjut atas pengaduan yang diterima (Lihat Pedoman Operasional Sistem Pengaduan Masyarakat).
  • Melakukan kunjungan insidentil khususnya kepada peserta PKH yang tidak memenuhi komitmen.
  • Melakukan pertemuan dengan semua peserta setiap enam bulan untuk re-sosialisasi (program dan kemajuan/perubahan dalam program).
  • Melakukan koordinasi dengan aparat setempat dan pemberi pelayanan pendidikan dan kesehatan.
  • Melakukan pertemuan bulanan dengan Ketua Kelompok.
  • Melakukan pertemuan bulanan dengan Pelayan Kesehatan dan Pendidikan di lokasi pelayanan terkait.
  • Melakukan pertemuan triwulan dan tiap semester dengan seluruh pelaksana kegiatan: UPPKH Daerah, Pendamping, Pelayan Kesehatan dan Pendidikan.

Kegiatan Pokok Pendamping PKH
Adapun 9 kegiatan pokok yang harus dilakukan oleh pendamping PKH, yakni sebagai berikut:

1. Pertemuan Awal
  • Tahap pertama yang dilakukan oleh pendamping adalah melakukan pertemuan terbuka dengan calon peserta PKH. Dalam pertemuan itu dilakukan kegiatan sosialisasi program mengenai manfaat program dan bagaimana berpartisipasi dalam program.
  • Keluarga yang dipilih mengikuti program dikumpulkan dan diberi arahan untuk membentuk kelompok-kelompok ibu yang terdiri dari lebih kurang 25 orang dalam satu kelompok. Kelompok ini kemudian memilih ketua kelompok ibu penerima sebagai koordinator kelompok dan menetapkan jadwal pertemuan rutin kelompok untuk berdiskusi bersama dalam menjalankan program.
  • Pada pertemuan ini juga dilakukan pemeriksaan formulir yang digunakan sebagai alat verifikasi keikutsertaan, antara lain pemeriksaan akta lahir anak (dan membantu pengadaannya jika belum tersedia), penyusunan jadwal kunjungan, dan sebagainya.

2. Mendampingi Proses Pembayaran
Pada dasarnya pendamping tidak melakukan kegiatan apapun kecuali pengamatan dan pengawasan selama proses pembayaran beriangsung. Namun begitu, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan oleh pendamping sebelum kegiatan berjalan agar proses berlangsung aman dan terkendali, yaitu:
  1. Pergi ke Kantor Pos untuk meminta jadwal pembayaran dan mendata penerima manfaat yang merupakan kelompok binaannya.
  2. Menginformasikan Ketua Kelompok mengenai jadwal dan memastikan bahwa pembayaran diterima oleh orang yang tepat pada waktu yang telah ditentukan.

3. Berdiskusi Dalam Kelompok
Kegiatan yang tak kalah penting adalah menyusun agenda dan mengadakan pertemuan dengan ketua kelompok ibu penerima untuk berdiskusi dan menampung pengaduan, keluhan, perubahan status maupun menjawab pertanyaan seputar program.

Pada pertemuan ini juga dilakukan sosialisasi informasi mengenai pentingnya pendidikan dan kesehatan ibu dan anak, tips praktis dan murah bagi kesehatan keluarga serta pentingnya sanitasi dan nutrisi untuk meningkatkan mutu keluarga.

4. Pendampingan Rutin
Selanjutnya, jadwal pendampingan dilakukan rutin dan ditetapkan selama 4 hari kerja (Senin-Kamis). Kegiatan yang dilakukan selama itu antara lain melakukan kunjungan ke unit pelayanan kesehatan dan pendidikan, mengunjungi keluarga untuk membantu mereka dalam proses mendaftarkan anak-anak ke sekolah, mengurus akta lahir maupun memeriksa rutin ke puskesmas.

5. Berkunjung Ke Rumah Penerima Bantuan
Jika pada pertemuan ada peserta PKH yang tidak bisa datang karena alasan tertentu seperti: lokasi yang sangat jauh dari tempat pertemuan, sibuk mengurus anak, sakit, atau tidak mampu memenuhi komitmen dikarenakan alasan-alasan tertentu, maka perlu dilakukan kunjungan ke rumah peserta tersebut untuk memudahkan proses (lihat Buku Pedoman Pengaduan)

Baca Juga: Besaran Bantuan PKH

6. Memfasilitasi Proses Pengaduan
Pendamping menerima, menyelesaikan maupun meneruskan pengaduan ke tingkat yang lebih tinggi sehingga dapat dicapai solusi yang mampu meningkatkan mutu program.

7. Mengunjungi Penyedia Layanan
Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan vital keberlangsungan maupun peningkatan mutu PKH. Pendamping memantau kelancaran dan kelayakan kegiatan pelayanan, mengantisipasi permasalahan yang ada dalam program sehingga bisa melakukan tindakan yang sifatnya mencegah kegagalan kelancaran program ketimbang memperbaikinya.

8. Melakukan Konsolidasi
Pada hari Jum'at, para pendamping melakukan koordinasi dengan sesama pendamping dan tim lain. Laporan dan tindak lanjut juga dianalisa dan ditindaklanjuti pada hari ini agar terjadi peningkatan mutu program.

9. Meningkatkan Kapasitas Diri
Untuk meningkatkan mutu program dan mutu pendamping itu sendiri, juga diadakan diskusi dan pertemuan rutin (minimal sebulan sekali) baik itu antarkecamatan maupun didalam kecamatan sendiri sebagai upaya menampung pelajaran berarti (lesson learned & best practices) yang bisa digunakan oleh pendamping lain agar mempermudah pekerjaan dan menghadapi kasus-kasus harian di lapangan.

Setiap individu yang melakukan usaha menuju perbaikan dan pengembangan memerlukan penghargaan untuk menunjukkan bahwa upaya yang dilakukannya dihargai. Penghargaan ini diharapkan dapat memicu kinerja yang lebih baik dan memotivasi lingkungannya menghasilkan produktivitas yang sekurang-kurangnya sama dengan yang telah diraihnya.

Sanksi adalah tindakan yang diberikan kepada seseorang sebagai akibat dari perbuatan sengaja melanggar koridor aturan dan ketentuan yang telah dibuat dan disepakati dalam sebuah lembaga. Sanksi diberikan agar yang bersangkutan maupun orang yang mengetahuinya tidak mengulangi perbuatan yang merugikan lembaga, lingkungannya maupun dirinya sendiri. lni juga merupakan alat pembelajaran bagi yang lain untuk tidak melakukan perbuatan yang sama.

Demikian tugas beserta peran pendamping program keluarga harapan (PKH) yang dapat kami tulis dalam artikel ini. Semoga bagi pengunjung setia blog irman fsp, dapat membantu memperjelas dengan informasi yang sudah kami paparkan di atas. Semoga bermanfaat dan juga berguna bagi pengunjung setia kami.

Sumber:
Naskah sumber : Dwi Heru Sukoco
http://pkh.kemsos.go.id

27 comments

informasi yang sangat membantu, saya akan mengikuti tes PKH, jadwal tes masih menunggu...

Yaaa... terimakasih, sekarang lagi ada lowongan di mensos untuk pendamping PKH dan operator. Silahkan dicoba aja... semoga diterima.

Thanks.. Infonya.... Mau daftar jadi fasilitator pkh.. Cuman websitenya gak bisa dibuka... Ada cara lain gak? Untuk daftarnya?

Untuk sekarang sudah bisa daftar mas, dicoba aja..
semoga berjalan lancar..

Kalau boleh tau untuk jobdesk operator pkh apa saja ya? Karena saya ingin apply tapi masih sedikit bingung. Terimakasih.

Kalau boleh tau untuk jobdesk operator pkh apa saja ya? Karena saya ingin apply tapi masih sedikit bingung. Terimakasih.

jadwal tes nya belum ada kan? gausah ada yg d print kan?

Operator hanya mengentry data aja, secara keseluruhan kabupaten/ kota. Selanjutnya data yang di entry kirim ke dinsos prov, untuk info lanjut pada portal berita job pkh, ada uraian nya kok.

Maaf Silva, baru saya balas, untuk sekarang uda pengumuman ADM, bila ada melamar, sudah bisa dicek kelulusannya.

Mas clo bole tanya cara mencetak bukti kelilusan itu gmn ya ? Soalnya halaman webnya uda gak bsa kebuka lagi . kmrn saya blom sempat mencetak bukti kelulusannya . sama persyaratan berkas apa saja yang hrus disiapkan ? Soalnya yang saya baca kok banyak x versinya . jd bingung apa yang sebenarnya harus disiapkn .

Sama sama mas, terima kasih juga sudah mengunjungi blog Irman fsp

Untuk mengetahui kelulusan sebagai pendamping atau operator dapat dibuka pada situs (kemsos go id) atau pada situs seleksinya. Silakan dibuka kembali, mungkin tadi lagi ada perubahan data, maka situsnya tidak bisa dibuka. Terima kasih Dara

Ia mas ternyata sudah bsa dibuka , tapi saya bingung gmn cara mencetaknya. Soalnya disitu tidak ada tulisan cetaknya . bgmn ya mas ?

Ia mas ini baru bisa dibuka , tpi bgmn cara mencetaknya ya ? Krn disitu tidak ada tulisan cetaknya . makasih u replynya mas .

Iyaaa memang tidak ada tulisan cetak, tapi untuk lebih jelasnya terkait perekrutan PKH, Dara boleh buka link seleksi pkh dan klik di tulisan tanya jawab, disitu ada jawan jawan yang mungkin bisa lebih paham terkait proses seleksi lanjutan. Karna bagi yang lulus ADM ada pemberitahuan via email dan SMS dari Panitia Seleksi.

Maaf pak, krmarin saya lolos tahap administrasi. Tapi sampai sekakarang blum ada informasi untuk test tahap 3 (TKD) kira2 kapan ya?

Bila Gusti Ayu lolos tahab ADM, makan dapat mengikuti tahapan selanjutnya. Untuk tahapan lanjutan, nanti Gusti akan di beritahukan tes lanjutan melalui SMS dan juga melalui Email pada saat mendaftar. Biasanya begitu, untuk sekarang dihohon bersabar..

Mas jdwal tkb nya kapan ya ?
Blm ada kabar sampei skrng
Makasih u jawabannya

Untuk jadwalnya belum tau, tunggu aja nanti konfirmasinya...

Mas apa smpai sekrng blm ada jadwal tes tkb nya ya ? Saya tunggu pemberitahuan via email dan sms kok blom ada smpe skrng ya ? Makasih u replynya

Biasanya di sms dan juga di email sama panitiany. Dan bila tidak mendapat pesan dari mereka bearti tidak lulus. Atau belum pengumuman bisa ditunggu aja. Saya dulu sampai dua bulan nunggu hasil pengumumannya. Thx uda berkunjung mas..

Sms kelulusan adm uda dari 2 bulan yang lalu mas. Cmn sms u jadwal tes tkb nya blom ada smpe skrng .

Dara: Bearti Anda masih ada kemungkinan untuk dapat mengukuti tes lanjutan. Namun untuk sekaran harap bersabar aja dulu, sistemnya memang begitu, karena panitia harus disesuaikan dengan data yang ada. Artinya harus disiapkan data peserta dulu, baru untuk calon pendampingnya.


EmoticonEmoticon