Saturday, 19 December 2015

7 Prinsip Dasar Komunikasi Bisnis

Irman fsp - Komunikasi merupakan suatu proses pertukaran informasi antara individu melalui suatu sistem yang biasa (lazim) baik dengan simbol-simbol, sinyal, maupun perilaku atau tindakan. Komunikasi melibatkan dua orang atau lebih menggunakan cara-cara (melalui lisan, tulisan, maupun sinyal-sinyal nonverbal). Komunikasi Bisnis merupakan komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun non verbal. Untuk memahami lebih lanjut tentang bisnis, maka perlu Anda pelajari prinsip dasar bisnis.

Cara membangun komunikasi bisnis dengan dasar prinsip

Bentuk dasar komunikasi Verbal melalui tulisan dan lisan dan Non Verbal seperti bahasa tubuh, dan juga ekspresi. Komunikasi dalam bisnis dapat efektif tergantung pada keterampilan menyampaikan (melalui tulisan dan berbicara) dan menerima (mendengar dan membaca) pesan-pesan bisnis.

Adapun penjelasan bentuk bentuk komunikasi bisnis yaitu:
1. Komunikasi Verbal
Komunikasi verbal merupakan komunikasi dalam bentuk percakapan atau tertulis. Setiap orang dalam suatu komunitas berkomunikasi secara verbal dalam menyampaikan pesan atau informasi. Komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata untuk menyatakan ide. Gaya dalam berkomunikasi disesuaikan dengan situasi, dan lawan komunikasi. Penggunaan gaya bicara sangat berpengaruh terhadap minat lawan komunikasi.

Mengungkapkan pesan verbal diperlukan keterampilan menggunakan kata-kata sederhana dan dapat dipahami oleh lawan bicara.Berbicara dan mendengarkan merupakan bentuk komunikasi yang paling sering dilakukan. Hal ini menjadikan orang lebih memilih berbicara daripada menulis dalam berkomunikasi.

Dengan komunikasi lisan orang dapat langsung mendapatkan umpan balik, sedangkan pada komunikasi tertulis orang harus menyusun pesan, menulis, mengirim, dan menunggu tanggapan sebagai umpan balik. Bentuk komunikasi verbal selain berbicara atau komunikasi lisan dapat dilakukan dengan cara lain sebagai berikut:
  • Membuat dan mengirim surat klaim
  • Membuat dan mengirim surat penawaran harga kepada pihak lain
  • Membuat dan mengirim surat pemesanan barang kepada pihak lain
  • Membuat dan mengirim surat konfirmasi kepada pelanggan
  • Membuat dan mengirim surat kontrak kerja kepada pihak lain
  • Memberi informasi kepada pelanggan yang meminta informasi tentang produk-produk baru
  • Berdiskusi dalam suatu tim kerja (team work)
  • Melakukan wawancara kerja dengan para pelamar kerja di suatu perusahaan
  • Mengadakan briefing dengan staf karyawan
  • Mengadakan pelatihan manajemen kepada para manajer operasional/lini bawah
  • Melakukan presentasi proposal pengembangan perusahaan di hadapan tim penguji
  • Melakukan teleconference dengan pihak lain
  • Melalui komunikasi lisan dan tulisan, diharapkan orang dapat memahami apa yang disampaikan oleh pengirim pesan dengan baik.

2. Komunikasi Non Verbal
Bentuk komunikasi yang paling mendasar dalam komunikasi bisnis adalah komunikasi nonverbal. Sebelum manusia menggunakan kata-kata, manusia telah menggunakan gerakan-gerakan tubuh, bahasa tubuh (body language) sebagai alat untuk berkomunikasi dengan orang lain.  Komunikasi non verbal dapat tercermin dari perilaku atau tingkah laku seperti dibawah ini:
  • Menggerakkan gigi untuk menunjukan kemarahan
  • Mengerutkan dahi untuk menunjukkan seseorang sedang serius/ berfikir
  • Gambar pria atau wanita yang dipasang di pintu masuk toilet untuk menunjukkan kamar sesuai dengan jenis kelaminnya
  • Berpangku tangan untuk menunjukkan seseorang sedang melamun
  • Tersenyum dan berjabat tangan dengan orang lain untuk mewujudkan rasa senang, simpati dan penghormatan
  • Membuang muka untuk menunjukkan sikap tidak senang atau antipati terhadap orang lain
  • Menggelengkan kepala untuk menunjukkan sikap menolak atau keheranan.
  • Asbak diatas meja yang menunjukkan tamu diperkenankan/ boleh merokok.
  • Mengirimkan bunga sebagai tanda kesuksesan, cinta atau duka cita.


Dalam komunikasi non verbal orang dapat mengambil suatu kesimpulan tentang berbagai macam perasaan serta maksud yang dikandungnya. Kebaikan dari komunikasi non verbal adalah kesahihannya. Dari bahasa tubuh atau isyarat yang yang keluar dari seseorang kita dapat menangkap maksud yang paling dalam dari orang tersebut. Jika dibandingkan dengan kata-kata lebih dapat diatur sehingga kita kadang-kadang merasa tertipu dengan kata-kata.

Komunikasi non verbal memiliki beberapa tujuan penting seperti contoh dibawah ini:
  1. Menyediakan atau memberikan informasi.
  2. Mengatur alur suatu percakapan.
  3. Mengekspresikan emosi.
  4. Memberi sifat, melengkapi, mengembangkan komunikasi verbal.
  5. Mengendalikan atau mempengaruhi orang lain.
  6. Mempermudah tugas-tugas khusus.

Peranan Komunikasi Bisnis
Pengalaman komunikasi dapat membantu mengungkapkan kepribadian dan membangun hubungan yang baik, serta mengubah sikap dan perilaku. Komunikasi dilakukan untuk memahami sikap dan perilaku manusia. Dalam dunia bisnis sering kita amati kegiatan dilakukan yang membutuhkan interaksi diantara orang-orang yang ada di dalamnya seperti:
  1. Bekerja sama menentukan tujuan yang ingin dicapai
  2. Menyusun rencana kerja
  3. Mengelola dan menjalankan operasi bisnis organisasinya
  4. Pedoman untuk membuat peraturan, mengambil keputusan dan melakukan hubungan dengan berbagai pihak di luar organisasi.


Komunikasi biasanya dilakukan tidak hanya secara individu namun juga dapat dilakukan secara tim atau kelompok. Komunikasi yang dilakukan secara individu memerlukan keterampilan tersendiri bagi individu yang bersangkutan. Hal-hal yang perlu diperhatikan agar komunikasi individu dapat berjalan secara efektif antara lain sebagai berikut:
  1. Terbuka (transparan)
    Setiap pesan atau informasi harus disampaikan secara apa adanya atau objektif sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Hindari usaha menutup nutupi pesan atau informasi, hendaknya pesan atau informasi disampaikan salam kondisi apapun walau terkadang akibat yang ditimbulkannya dirasakan kurang baik.
  2. Tidak arogan
    Dalam penyampaian pesan atau informasi sebaiknya sikap sombong dan merasa bahwa dirinya adalah yang paling benar perlu dihindari.
  3. Adaptif terhadap perkembangan informasi
    Khususnya berkaitan dengan informasi bisnis, dibutuhkan sikap atau keterampilan dalam memahami setiap perubahan yang terjadi di sekeliling dan yang menyangkut perubahan terhadap informasi.
  4. Kompeten
    Keahlian komunikasi memang menjadi hal dasar yang wajib dimiliki oleh individu, terlebih jika menyampaikan informasi di depan khalayak ramai.
  5. Antusias
    Selalu menginginkan hal-hal baru yang akan menambah khasanah pengetahuan dan keterampilan dalam berkomunikasi, juga selalu mencari hal-hal yang belum pernah dijumpai.
  6. Penuh perhatian
    Selain memiliki kemampuan dalam berbicara setiap individu dituntut pula memiliki keahlian dalam mendengar atau menyimak. Selain itu juga selalu mengontrol terhadap apa yang ia sampaikan.
  7. Cerdas
    Kaya bahan pertimbangan yang sehat dalam memilih topik atau fakta yang perlu dikemukakan selama komunikasi. Sabar dan penuh pengertian, bahkan pada saat-saat menghadapi orang-orang yang perangainya tidak terpuji sekalipun. Jujur, mempunyai integritas yang tinggi.
  8. Menguasai subyek dan bahasa yang dipergunakan selama berkomunikasi.
    Memiliki pengetahuan dasar tentang proses komunikasi dan metode-metode memberikan dan menerima pesan secara efektif.

Adapun dalam komunikasi bisnis terdapat 7 prinsip yang dapat Anda ketahui yakni sebagai berikut:
  1. Completeness
    Memberikan informasi selengkap mungkin kepada pihak yang membutuhkan, hal ini untuk ketenangan, kepercayaan, dan juga kepastian.
  2. Conciseness
    Komunikasi disampaikan melalui kata kata yang jelas, singkat dan padat tanpa banyak basa basi.
  3. Concretness
    Pesan yang di komunikasikan disusun secara spesifik, dan tidak abstrak.
  4. Consideration
    Pesan yang disampaikan harus mempertimbangkan situasi penerima/ komunikan
  5. Clarity
    Pesan yang di komunikasikan disusun dalam kalimat yang mudah dipahami oleh komunikan.
  6. Courtesy
    Sopan santun dan tata krama merupakan hal yang penting dalam berkomunikasi yang merupakan bentuk penghargaan kepada komunikan.
  7. Correctness
    Pesan yang disampaikan secara cermat. Seperti pesan tertulis biasanya dibuat sedemikian rupa, hingga memperhatikan tata bahasa dan untuk pesan lisan juga disampaikan dengan mengingat kemampuan bahasa komunikan.


EmoticonEmoticon