Maknai Dulu Informasi Yang Ada Sebelum Terjadi Konflik

Irman fsp | Komunikasi merupakan penyampaian informasi dari pihak yang satu ke pihak yang lainnya. Komunikasi juga dapat di katakan terjadinya penyampaian informasi pada saat dua individu melakukan interaksi sosial dengan cara menyampaikan suatu pesan agar terjadinya respon. Pada dasarnya semua kita sudah memahami apa itu komunikasi, namun masih banyak juga terjadinya kesalahpahaman dalam memaknai arti pesan atau informasi yang diterima.

Dalam artikel kali ini, irman fsp mencoba berbagi informasi dari kami mengenai cara agar terjadinya komunikasi yang efektif. Bukan kah kita semua berharap dapat berkomunikasi dengan efektif? Saya rasa bila anda dapat melakukan komunikasi yang efektif, maka pastinya tidak akan terjadi konflik kecil hanya kesalahpahaman dalam memaknai pesan atau informasi.
Cara mengatasi kesalahan saat berkomunikasi

Tanpa anda sadari anda tiap hari melakukan interaksi dan komunikasi hampir disetiap detik, baik itu komunikasi interpersonal, intrapersonal, maupun komunikasi kelompok. Yang sering dilakukan dalam bermasyarakat yakni komunikasi interpersonal dan komunikasi kelompok. Komunikasi interpersonal dilakukan bila bertemu teman anda, baik disengaja maupun tidak. Dan komunikasi kelompok juga hampir sama dengan dilakukan komunikasi interpersonal, hanya sedikit berbeda kelompok memiliki beberapa orang atau terdiri dari 4 hingga 6 bahkan lebih.


Nah, tahukah anda dalam berkomunikasi sangat penting untuk menjaga dan menghargai satu sama lain, baik itu pendapat cara mereka berbicara dan kebiasaan mereka berbicara. Ini sangat penting anda pahami untuk dapat menjalin komunikasi yang baik dan efektif. Menghargai pendapat orang lain juga sangat penting dalam berkomunikasi, walau pun pendapat mereka salah, namun tetap harus dihargai. Ini hanya karena untuk menimalisir timbulnya konflik.

Lalu apa maksud dari judul di atas dengan “maknai pesan atau informasi agar tidak terjadi konflik” ini lah yang sering terjadi pada kalangan masyarakat kita. Terkadang ada dari mereka menyampaikan informasi dengan cara mereka sendiri, dan cara mereka sampaikan dianggap salah oleh penerima pesan. Yang anehnya, bila langsung mengecam pesan yang disampaikan itu salah. Nah ini yang terjadi hingga terjadi kesalahpahaman dalam memaknai informasi yang ada.

Memaknai informasi atau pesan itu penting, tujuannya adalah agar tidak terjadi kesalahpahaman dengan penyampaian informasi. Dalam kalangan masyarakat kita sangat sering terjadi kesalahpahaman dalam informasi atau pesan. Ini terjadi bukan berarti kita saling menyalahkan, melainkan terdapat keegoan dari mereka masing masing yang sehingga membuat konflik.

Solusi untuk menimalisir konflik yang terjadi hanya gara gara kesalahpahaman dalam memaknai informasi, menurut irman fsp hanya diperlukan saling menghargai dan dapat memaknai pesan yang disampaikan oleh penyampaian informasi. Dan bila kurang mengerti dalam penyampaian informasi atau pesan tersebut, maka tugas pendengar mengharuskan menanyakan kembali mengenai informasi yang ada, agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Demikian cara menimalisir konflik dari kesalahan dalam memaknai pesan atau informasi. Semoga bagi pembaca setia irman fsp dapat dengan leluasa dalam memaknai informasi yang ada. Ini sangat penting dengan tujuan agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam memaknai informasi. Terimakasih.

2 Responses to "Maknai Dulu Informasi Yang Ada Sebelum Terjadi Konflik"

  1. intinya sih harus menjadi pendengar yang baik ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaa.. itu pasti mas bro, namun bila salah dalam menafsirkan, maka baiknya silahkan bertanya kembali demi menjaga hubungan baik...

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel