Panduan Penulisan Skripsi Bagi Mahasiswa

Irman fsp | Skripsi merupakan tugas akhir yang harus diselesaikan oleh para mahasiswa/i. Ini sudah menjadi kewajiban bagi mereka mahasiswa yang ingin menyandang gelar sarjana atau sebagainya. Tidak ada solusi lain bagi mereka yang ingin merebut gelar hanya dengan menyelesaikan tugas akhir semasa perkuliahan. Tugas akhir atau dengan sebutan skripsi, memang tidak semua kampus mengharuskan ada. Namun bagi Anda yang mau membuat skripsi atau  tugas akhir guna dapat menyandang gelar, maka inilah panduan untuk bisa menulis skripsi sebagai tugas akhir.

Ini berbeda beda, artinya ada negara bagian bahkan kampus tertentu yang tidak mewajibkan atas mahasiswa untuk membuat tugas akhir mereka atau skripsi. Dan ini pastinya berbeda sistem ngajar mengajar sehingga dapat membedakan pada saat menyelesaikan masa perkuliahan. Seingat saya, bagi mereka yang banyak dengan tugas makalah di kampus masing masing, maka tidak ada tugas akhir seperti skripsi, melainkan hanya presentasi hal hal yang sudah mereka pelajari sebagai tugas akhir mereka.

Panduan penulisan skripsi untuk mahasiswa

Sebenarnya sudah banyak di uraikan sama orang lain yang sudah di publish ke internet. Namun irman fsp juga ingin berbagi terkait dengan bagaimana cara menulis skripsi hingga tuntas.

Panduan Penulisan Proposal Skripsi Lengkap
Berikut panduan cara membuat skripsi sebagai tugas akhir untuk mahasiswa mulai dari bab I hingga bab V, yakni sebagai berikut:

Hal pertama yang harus anda ketahui yakni, “OUT LINE SKRIPSI” mengapa harus out line skripsi? Karena pada out line skripsi ini sudah sangat jelas untuk panduan menulis skripsi anda. Di situ tertulis dari abstrak hingga ke penutupan skripsi bahkan lampiran lampiran yang harus dilampirkan pada skripsi anda nantinya.

Oke.. dalam penjelasan irman fsp kali ini bukan contoh atau bentuk skripsi melainkan pedoman atau panduan penulisan saja. Ini penting supaya anda sebagai mahasiswa tidak menjadi mahasiswa “COPYAN” artinya sebagai mahasiswa yang mengcopy paste skripsi orang lain atau mengambil jalan pintas dengan cara menggunakan tenaga lain untuk menyelesaikan skripsi anda. Mahasiswa itu harus kreatif lho, jangan hanya kreatif mengkritik melain juga kreatif mengeluarkan ide ide bagus dalam menyelesaikan skripsi. Setuju kah?


Oke lanjut.. sebelum membuat skripsi, hal yang harus anda cari adalah masalah yang dapat anda angkat menjadi studi kasus yang layak untuk ditulis dalam karya ilmiah. Terserah masalah apa saja, yang penting berhubungan dengan jurusan anda masing masing, dan tidak diluar kontek ilmu yang sudah anda pelajari. Mengapa begitu? Ini supaya memudahkan anda dalam mengkaji dan mengobservasi kasus yang akan anda pelajari nantinya. Dan dari masalah yang anda dapatkan hingga dapat anda ambil satu keputusan yang dapat melahirkan satu atau lebih untuk judul skripsi anda.

Dalam penulisan skripsi pastinya diawali dengan pengajuan proposal skripsi yang  sudah memiliki judul. Dan ini tidak mungkin anda mengajukan skripsi, lalu baru  mengajukan proposal skripsi. Proposal dulu baru menyelesaikan skripsi. Nah dalam penulisan nantinya, anda mengawali dari pendahuluan, yakni pada BAB I. Pada BAB Pendahuluan atau BAB I terdiri dari beberapa sub bab yang dapat anda tulis nantinya. Seperti latar belakang masalah sebagai mana yang sudah irman fsp jelaskan di atas. Dalam dalam sub bab inilah anda harus menguraikan masalah yang anda dapatkan.

Selanjutnya setelah menguraikan masalah yang anda angkat, akan ada perumusan masalah. Ini guna untuk tidak mengambang pada saat menguraikan masalah yang anda angkat pada skripsi anda. Nah setelah merumuskan masalah, maka lahirlah seperti tujuan penelitian, manfaat penelitian hingga sistematika penulisan. Dan ini juga anda uraikan pada penulisa skripsi anda. Seperti tujuan penelitian dan manfaatnya. Uraian ini semua anda tulis dalam BAB I.

Lanjut ke BAB II yakni tinjauan kepustakaan atau teoritis. Dalam bab ini yang harus anda ini atau anda tulis mengenai teori teori yang mendukung dalam penulisan karya ilmiah anda atau skripsi anda. Seperti pengertian atau definisi definisi para ahli yang berkaitan dengan judul skripsi yang anda angkat. Dalam bab ini juga anda harus menguraikan dan menjelaskan berdasarkan teori yang dapat mendukung skripsi hingga dengan sub bab seperti penelitian terdahulu. Sebenarnya penelitian terdahulu ini, bila judul skripsi anda hampir sama dengan skripsi orang lain atau kasus yang sama anda angkat. Ini penting untuk anda tulis sebagai penelitian terdahulu.

Lanjut ke BAB III yakni metode penelitian. Bab metode penelitian ini, mengharuskan anda menulis bagaimana cara anda nantinya menyaring data. Karena bab metode penelitian ini terdiri dari dua motode, yakni kualitatif dan ada juga kuantitatif. Dan ke dua metode ini dapat anda coba untuk menyelesaikan skripsi anda. Namun demikian, dalam uraian irman fsp ini lebih ke kualitatif. Karena irman fsp menyelesaikan skripsi menggunakan metode kualitatif.

Dalam bab ini juga memiliki sub bab yang harus anda isi seperti subjek beserta objek penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, keabsahan data, lokasi serta jadwal penelitian. Dalam bab 3 ini anda juga menguraikan bagai mana cara mengumpulkan data hingga mengolah data. Ini tentunya anda sudah duluan memilih metode penelitian apa yang cocok untuk mengolah data anda nantinya. Apa kah kualitatif atau kuantitatif.


Setelah menyelesaikan bab metode penelitian, maka anda akan membuat bab selanjutnya, yakni BAB IV. Dalam bab IV atau bab hasil penelitian dan pembahasan, menguraikan hasil penelitian serta pembahasan yang akan anda uraikan dalam skripsi anda. Biasanya yang diuraikan dalam bab ini yakni, penjelasan mengenai tempat penelitian seperti sejarah singkat tempat anda buat penelitian. Lalu apa saja yang anda ketahui setelah melakukan penelitian, disini juga anda uraikan. Dalam bab IV ini semua akan menjadi pembahasan dari hasil penelitian secara umum. Dan hasil penelitian nantinya akan anda uraikan pada bab selanjutnya, yakni BAB V.

BAB V. Dalam bab V dan juga menjadi bab terakhir ini menjadi kesimpulan dan penutupan dari hasil penelitian anda nantinya. Dalam bab ini akan anda tarik berupa kesimpulan dari semua pembahasan skripsi anda hingga melahirkan saran dimana ada kekurangan pada skripsi anda nantinya. Sangat mudah kan? Ya lah.. toh saya sudah menyelesaikannya. Hahaaa.. yang penting semangat dalam menyelesaikan atau menulis skripsi. Bab V ini lah lahir sebuah kesimpulan dari hasil penelitian anda. Selanjutnya serahkan pada pembimbing anda supaya ada masukan dan pembenaran penulisan karya ilmiah anda.

Dari keseluruhan yang anda tulis, supaya skripsi anda menjadi karya ilmiah yang legal, maka jangan lupa menulis daftar pustaka sebagai referensi kutipan anda pada skripsi. Ini penting sekali supaya jelas, bahwa skripsi anda bukan hayalan melainkan ide dan didukung dengan teori teori yang ada. Sebagai pendukung supaya skripsi anda sempurna, maka jangan lupa melampirkan dokumen pada saat melakukan observasi serta penelitian sebagai lampiran pada skripsi anda.

Demikian tata cara serta gambaran untuk anda persembahan Irman fsp terkait dengan penulisan skripsi sebagai tugas akhir untuk mahasiswa. Bagi anda yang kurang jelas terkait dengan penyusunan karya ilmiah, mungkin bisa membaca pada artikel format lengkap penulisan skripsi atau juga bisa bertanya pada admin Irman fsp melalui contact atau cukup meninggalkan komentar di bawah ini.

0 Response to "Panduan Penulisan Skripsi Bagi Mahasiswa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel