Pengertian dan Fungsi Komunikasi Internasional

Irman fsp – Komunikasi internasional merupakan komunikasi yang dilakukan antar negara. Pesan yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan melalui lintas kenegaraan. Biasanya komunikasi ini hanya kepentingan bisnis atau kerja sama antara negara satu dengan negara lainnya. Contohnya komunikasi atara negara Indonesia dengan negara Amerika. Dapat dilakukan dengan pesan tek atau menggunakan media cetak maupun elektonik dan juga dapat dilakukan secara langsung dengan menggunakan alat komunikasi seperti HP.

fungsi komunikasi internasional
Komunikasi internasional

Mengenai pengertian pada dasarnya sama, artinya proses penyampaian pesan yang dilakukan oleh komunikator kepada komunikan. Namun yang membedakan adalah komunikasi internasional lebih ke lintas atau antar negara. Itu lah sedikit pengertian dari komunikasi internasional yang dapat anda ketahui.

Dapat anda ketahui mengenai fungsi komunikasi interpersonal yakni, sebagai berikut:
  1. Mendinamisasikan hubungan internasioanl yang terjalin antara dua negara atau lebih serta hubungan di berbagai bidang antara kelompok-kelompok masyarakat yang berbeda negara/kebangsaan.
  2. Membantu/menunjang upaya-upaya pencapaian tujuan hubungan internasioanl dengan meningkatkan kerjasama internasional serta menghindari terjadinya konflik atau kesalahpahaman baik antara pemerintah dengan pemerintah maupun antar penduduk .
  3. Merupakan teknik untuk mendukung pelaksanaan politik luar negeri bagi masing-masing negara untuk memperjuangkan pencapaian kepentingan di negara lain.


Komunikasi internasional dapat dipelajari dari tiga perspektif: diplomatik, jurnalistik, dan propagandistik.
  1. Perspektif Diplomatik.
    Lazim dilakukan secara interpersonal atau kelompok kecil (small group) lewat jalur diplomatik; komunikasi langsung antara pejabat tinggi negara untuk bekerjasama atau menyelesaikan konflik, memelihara hubungan bilateral atau multilateral, memperkuat posisi ataupun meningkatkan reputasi negara di tengah pergaulan internasional. Dilakukan pada konferensi pers, pertemuan politik, forum internasional di tingkat PBB atau forum regional, atau bahkan pada pertemuan diplomatik seperti jamuan makan malam (kenegaraan).
  2. Perspektif Jurnalistik.
    Dilakukan melalui saluran media massa. Karena arus informasi didominasi negara maju, ada penilaian komunikasi internasional dalam perspektif ini didominasi negara maju, juga dijadikan negara maju sebagai alat kontrol terhadap kekuatan sosial yang dikendalikan kekuatan politik dalam percaturan politik internasional. Penguasa arus informasi menjadi gatekeeper yang mengontrol arus komunikasi. Jalur jurnalistik ini juga sering digunakan untuk tujuan propaganda dengan tujuan mengubah kebijakan dan kepentingan suatu negara atau memperlemah posisi negara lawan.
  3. Perspektif Propagandistik.
    Umumnya dilakukan melalui media massa, ditujukan untuk menanamkan gagasan ke dalam benak masyarakat negara lain dan dipacu sedemikian kuat agar mempengaruhi pemikiran, perasaan, serta tindakan; perolehan atau perluasan dukungan, penajaman atau pengubahan sikap dan cara pandang terhadap suatu gagasan atau peristiwa atau kebijakan luar negeri negara tertentu. Propaganda merupakan instrumen sangat ampuh untuk memberikan pengaruh.

Demikian pengertian dan fungsi komunikasi internasional yang dapat kami uraikan, semoga dengan adanya penjelasan terkait dengan pengertian dan fungsi komunikasi internasional dapat bermanfaat dan berguna bagi kita semua

0 Response to "Pengertian dan Fungsi Komunikasi Internasional"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel