Unsur Unsur Komunikasi Politik

Irman fsp – Sebagaimana unsur unsur komunikasi pada umumnya, maka komunikasi politik pun memiliki beberapa unsur, yaitu: Komunikator Politik, Komunikan, Isi Komunikasi (pesan pesan) Media Komunikasi, Tujuan Komunikasi,  Sumber dan Efek. Setiap unsur jelas fungsinya, yang mengarah tercapainya “fungsi primer” komunikasi politik yaitu tujuan komunikasi.  Dalam komunikasi politik maka fungsi primer komunikasi melembaga dengan fungsi primer negara sesuai sistem politik yang melandasinya.

kompol

6 Unsur Komunikasi Politik
Dibawah ini merupakan unsur unsur komunikasi politik yang dapat kamu ketehui persembahan Irman fsp yakni, di bawah ini:

1. Komunikator Politik
Dalam komunikasi politik yang dimaksud komunikator yaitu individu individu yang menduduki struktur kekuasaan, individu individu yang berada pada suatu institusi, asosiasi, partai politik, lembaga lembaga pengelolaan media massa dan tokoh tokoh masyarakat. Komunikator politik dapat juga berupa negara, seperti badan inteljen negara, badan badan internasional yang bertugas atas nama negara atau kepentingan negara.

Komunikator politik merupakan bagian integral dalam berlangsungnya proses komunikasi. Komunikator politik yang memberi warna dominan terhadap proses komunikasi yaitu komunikator yang menduduki struktur kekuasaan. Mereka yang mengelola, mengendalikan lalulintas transformasi pesan pesan komunikasi dan mereka juga yang menentukan kebijaksanaan komunikasi nasional.

2. Komunikan
Komunikan dapat bersifat perorangan, kelompok, dapat berupa institusi, organisasi, masyarakat, partai politik, dan negara atau pemerintahan negara lain. dalam intra negara penempatan komunikan dalam proses komunikasi dapat dijadikan sebagai tolak ukur sistem politik apa yangt melandasi proses komunikasi tersebut.


Apabila komunikasi dijadikan objek dengan berbagai ikatan norma yang ketat, sehingga komunikan tidak memiliki ruang gerak yang bebas, dapat dipastikan bahwa proses komunikasi berada dalam sistem totaliter. Sebaliknya apabila komunikan bukan hanya sebagai objek tapi dijadikan partner bagi komunikator, sehingga pertukaran pesan komunikasi dalam volume dan frekuensi tinggi, dapat dipastikan bahwa sistem politik yang melandasi proses komunikasi tersebut berada pada sistem demokrasi.

3. Isi (pesan pesan) Komunikasi
Merupakan produk penguasa setelah melalui proses encoding atau setelah diformulasi ke dalam simbol simbol sesuai lingkup kekuasaan. Pada dasarnya isi komunikasi akan terdiri dari:
  1. Seperangkat norma yang mengatur lalulintas transformasi pesan pesan
  2. Panduan dan nilai nilai idealis yang tertuju kepada upaya mempertahankan dan melestarikan sistem nilai yang sedang berlangsung
  3. Sejumlah metode dan cara pendekatan untuk mewujudkan sifat sifat integratif bagi penghuni sistem
  4. Karakteristik yang menunjukkan identitas bangsa
  5. Motivasi sebagai dorongan dasar yang memicu pada upaya peningkatan kualitas hidup bangsa.

4. Media Komunikasi
Dalam sistem politik yang bagaimana pun bentuk dan sifatnya, maka media komunikasi mendapat tempat yang cukup penting. Media komunikasi menjadi pusat perhatian penguasa sebagai alat untuk mendapat legitimasi rakyat didalam melakukan kebijaksanaan dan sekaligus memperkuat kedudukan penguasa melalui pesan pesan komunikasi yang telah diinterpretasikan ke dalam simbol simbol kekuasaan.

5. Tujuan Komunikasi
Dalam komunikasi politik, tujuan komunikasi selalu berimpit bahkan melembaga dengan tujuan negara. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka sumber sumber komunikasi dikelola secara bijak melalui perencanaan yang matang dan terarah. Sifat dan bentuk tujuan yang hendak dicapai akan sangat bergantung kepada sistem politik yang mendasarinya. Hal ini akan tampak jelas dari ideal normatif negara yang tertuang dalam ketentuan normatif masing masing sistem


6. Sumber Komunikasi Politik
Sumber (source) sangat menentukan kualitas dan kredibilitas komunikasi. Sumber disini dapat diartikan sebagai asal usul keluarnya sebuah informasi atau pesan. Diperolehnya atau munculnya isu, informasi yang dapat dijadikan meteri pesan komunikasi.

Sumber dapat berasal dari individu karena ide idenya yang sangat berharga, atau dapat pula muncul dari elit politik, tokoh masyarakat atau penguasa, yang dapat pula berasal dari suatu faham, ideologi, pola keyakinan, seperangkat norma, kitap suci atau dari dokumen dokumen yang tersimpan secara terpelihara.

Dari unsur unsur tersebut, keberhasilan proses komunikasi pada  akhirnya bermuara pada kemampuan komunikator di dalam memotivasi komunikan untuk berbuat atau tidak berbuat suatu sesuai kebijaksanaan (policy) yang telah ditetapkan komunikator (elit kuasa, elit pemerintah).

2 Responses to "Unsur Unsur Komunikasi Politik"

  1. Replies
    1. Terima kasih sudah mengunjungi irman fsp. Untuk referensinya cukup Anda simpan link situs ini, atau kurang memahami cara penulisan daftar pustaka? Cukup tulis pada kotak pencarian Irman fsp "Contoh daftar pustaka" Ada kami bagikan juga cara penulisan daftar pustaka baik dan benar.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel