Pengertian Komunikasi Massa Menurut Ahli

Irman fsp | Komunikasi massa diadopsi dari istilah bahasa Inggris, mass communication, sebagai kependekan dari mass media communication. Artinya, komunikasi yang menggunakan media massa atau komunikasi yang mass mediated. Istilah mass communication atau communications diartikan sebagai salurannya, yaitu media massa (mass media) sebagai kependekan dari media of mass communication.

Massa mengandung pengertian orang banyak, mereka tidak harus berada di lokasi tertentu yang sama, mereka dapat tersebar atau terpencar di berbagai lokasi, yang dalam waktu yang sama atau hampir bersamaan dapat memperoleh pesan-pesan komunikasi yang sama. Berlo (dalam Wiryanto, 2005) mengartikan massa sebagai meliputi semua orang yang menjadi sasaran alat-alat komunikasi massa atau orang-orang pada ujung lain dari saluran.

Komunikasi massa menurut ahli
Pengertian komunikasi massa menurut ahli

Pengertian komunikasi massa pada dasarnya sudah pernah kami bagikan pada artikel sebelumnya. Namun, untuk memperjelas juga perlu kami bagikan referensi yang bisa dipegang untuk dijadikan pedoman. Untuk itu, sebagai referensi Anda, maka kami pun merasa penting untuk Anda ketahui terkait komunikasi massa menurut ahli.

Sedikit kami ulang terkait pengertian komunikasi massa adalah penyampaian pesan atau informasi yang menggunakan alat media, baik media cetak maupun elektronik. Pesan yang disampaikan melalui media massa seperti koran, radio, internet, dan sebagainya merupakan komunikasi massa. Jadi ini hanya gambaran umum saja. Namun untuk mengetahui pendapat ahli dapat Anda baca di bawah ini.

Pengertian komunikasi massa menurut para ahli
Liliweri mendefinisikan Komunikasi massa itu memiliki unsur-unsur seperti: sumber, bidang pengalaman, pesan, saluran, gangguan, hambatan, efek, konteks maupun umpan balik. Jadi, teknologi pembagi atau media dengan massa yang disebut dengan saluran itu dipergunakan untuk mengirimkan pesan yang melintasi jarak jauh, misalnya buku, pamflet, majalah, surat kabar, warkat pos, rekaman-rekaman, televisi, gambar-gambar poster, dan bahkan saat ini ditambah lagi dengan komputer serta aplikasinya.


Joseph A. Devito mendefinisikan Komunikasi massa adalah komunikasi yang ditujukan kepada massa, kepada khalayak yang luar biasa banyaknya. Ini tidak berarti bahwa khalayak meliputi seluruh penduduk atau semua orang yang membaca atau semua orang yang menonton televisi.

Komunikasi massa adalah komunikasi yang disalurkan oleh pemancar-pemancar yang audio dan atau visual. Komunikasi massa barangkali akan lebih mudah dan lebih logis bila di defenisikan menurut bentuknya: televisi, radio, surat kabar, majalah, film, buku dan pita.

McQuail mendefinisikan komunikasi massa terutama dipengaruhi oleh kemampuan media massa untuk membuat produksi massa dan untuk menjangkau khalayak dalam jumlah besar. Di samping itu, ada pula makna lain yang dianggap makna asli dari kata massa, yaitu makna yang mengacu pada kolektivitas tanpa bentuk, yang komponen-komponennya sulit dibedakan satu sama.

Kamus bahasa Inggris memberikan definisi massa sebagai suatu kumpulan orang banyak yang tidak mengenal keberadaan individualitas. Definisi ini ini hampir menyerupai pengertian massa yang digunakan oleh para ahli sosiologi, khususnya bila dipakai dalam kaitannya dengan audien media.

Dari penjelasan ahli komunikasi sebagaimana diuraikan di atas, dapat kita simpulkan bahwa, komunikasi massa merupakan pesan pesan atau informasi dari komunikator yang diberikan pada media guna untuk disebarluaskan, atau disampaikan kepada masyarakat luas, khalayak ramai dengan menggunakan alat media massa. Pesan yang disebarluaskan menggunakan media disebut komunikasi massa.
Sumber:
Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT.Remaja Rosdakarya. 2005. Bandung

0 Response to "Pengertian Komunikasi Massa Menurut Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel