Cara Efektif Membangun Komunikasi Dengan Remaja

Irman fsp | Komunikasi efektif tentu komunikasi yang berjalan secara lancar serta mendapatkan respon baik dari komunikator maupun komunikan. Untuk membangun komunikasi yang efektif dengan kalangan remaja tentu ada beberapa hal penting yang harus kita jalani guna memudahkan Anda sebagai komunikator dalam penyampaian informasi.

Membangun komunikasi yang efektif dengan seseorang atau kelompok remaja, tentu harus mengenal karakter remaja terlebih dahulu. Dengan demikian dapat memudahkan Anda pada saat berkomunikasi. Mendengar pendapat serta memberi pendapat kepada kelompok remaja dalam kontek membangun hubungan baik dengan mereka harus bisa memposisikan Anda sebagai komunikator sebaya dengan mereka. Artinya Anda dapat menyesuaikan diri terlebih dulu.

Membangun komunikasi efektif dengan anak remaja
Poto: hersays,com

Bila Anda tidak bisa memposisikan diri, maka Anda akan gagal dalam menjalani komunikasi efektif dengan kelompok remaja ini. Menghargai pendapat orang lain merupakan awal dari cara efektif membangun komunikasi yang baik. Begitu juga dalam berpendapat tanpa menyinggung perasaan remaja itu sendiri.

Adapun cara efektif membangun komunikasi yang baik dengan remaja yakni, sebagai berikut:
  1. Sebelum memposisikan sebagai komunikator, maka terlebih dulu posisikan diri Anda sebagai pendengar atau komunikan.
  2. Buatlah suasana baru dengan kelompok remaja itu agar lebih nyaman.
  3. Membuka peluang bagi remaja untuk lebih banyak berbicara.
  4. Posisikan diri Anda sebagai komunikan atau pendengar.
  5. Sebisa mungkin Anda harus bisa menghargai pendapat mereka.
  6. Buatlah mereka lebih banyak bertanya
  7. Nah, tugas Anda disini harus bisa mengarahkan agar lebih fokus pada tujuan yang diinginkan.
  8. Posisikan diri Anda sendiri sebagai sahabat mereka supaya si remaja itu lebih nyaman dalam berkomunikasi.
Nah, tujuan dari apa yang sudah disampaikan di atas adalah memudahkan Anda dalam membangun komunikasi yang efektif dengan remaja. Mengapa demikian? Berbeda umur saja dapat membuat mereka segan dalam mengajak interaksi. Maka Anda sebagai komunikator yang ingin membangun komunikasi efektif dengan remaja, tentu harus mengenal dulu karakter serta kemauan dari remaja itu sendiri sebelum membangun hubungan baik tadi.

Berbeda usia juga sangatlah beda dalam cara kita berinteraksi, maka sekali lagi kami katakan kenali, serta pahami dulu kemauan mereka baru bisa membangun komunikasi efektif dengan kelompok remaja itu sendiri. Komunikasi itu mudah, namun yang membuat Anda bertanya, apakah sesuatu yang sudah disampaikan itu efektif atau tidak. Demikian artikel kali ini terkait dengan cara komunikasi efektif dengan remaja guna mendapatkan satu kepahaman dalam tujuan komunikasi itu sendiri

0 Response to "Cara Efektif Membangun Komunikasi Dengan Remaja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel