Pengertian Komunikasi Sosial

Irman fsp – Komunikasi sosial merupakan suatu proses sosialisasi untuk pencapaian stabilitas sosial. Tertip sosial, penerusan nilai nilai lama dan baru yang diagungkan oleh suatu masyarakat melalui komunikasi sosial kesadaran masyarakat dipupuk, dibina, serta diperluas.  Melalui komunikasi sosial yang kita bangun, maka masalah masalah sosial dapat dipecahkan melalui konsensus.

Adapun pengertian komunikasi sosial menurut (Astrid, 1992: 1) mengatakan salah satu betuk komunikasi yang lebih intensif, dimana komunikasi dapat terjadi secara langsung antara komunikator dengan komunikan itu sendiri, sehingga situasi komunikasi bersifat dua arah serta lebih diarahkan kepada pencapaian suatu situasi integrasi sosial. Melalui kegiatan inilah akan terjadi aktualisasi dari berbagai masalah yang dibahas.

Komunikasi sosial menurut irman fsp
Komunikasi sosial

Dengan terjadinya komunikasi sosial, maka akan lebih mudah dalam menyelesaikan masalah sosial yang sedang berlangsung. Misalnya, dalam masyarakat ada kesalah pahaman dalam memaknai informasi yang ada. Maka, tugas Anda disini menyambung serta memaknai informasi yang ada, agar tidak terjadi kesalah pahaman lagi. Selain itu juga dapat membangun komunikasi yang lebih baik antara kelompok masyarakat lainnya.

Komunikasi sosial dapat berlangsung pada saat ada komunikan sebagai lawan bicara. Tidak hanya itu, dengan adanya kelompok masyarakat dapat terjadinya komunikasi sosial. Komunikasi sosial juga dapat diartikan sebagai proses penyampaian pesan kepada komunikan baik itu pesan pribadi, artinya menceritakan masalah pribadi, maupun pesan yang disampaikan bersifat terbuka atau gosib.

Sebagai makhluk hidup, tentu tidak luput dari komunikasi antara individu satu dengan yang lainnya. Artinya manusia saling membutuhkan satu sama lain dan ini disebut komunikasi sosial. Terkadang dalam kehidupan ada sebagian individu dikucilkan sehingga sama sekali tidak dapat memposisikan diri sebagai makhluk sosial. Maka dengan itu dalam kehidupan komunikasi adalah persyaratan utama dalam kehidupan manusia.


Fungsi komunikasi sosial yang dapat Anda ketahui
Dalam kehidupan bermasyarakat tentu membutuhkan komunikasi. Tanpa komunikasi kehidupan terasa gelap bahkan dapat dikatakan tersesat. Dengan komunikasi kita dapat mempelajari serta menafsirkan situasi apapun yang akan dihadapi. Dengan komunikasi juga dapat beradaptasi serta mengatasi situasi situasi yang sedang terjadi.

Fungsi lain dari komunikasi sosial memudahkan Anda dalam menghadapi masalah yang ada. Maka penting sekali berkomunikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Sangat gelap sekali tanpa adanya komunikasi bagi mereka yang hidup bermasyarakat. Selain itu, tanpa komunikasi mungkin Anda tidak tahu bagaimana cara makan, minum, bahkan cara berbicara yang beradap serta beretika.

Sebagai mana penjelasan pada wikipedia  terkait fungsi komunikasi sosial yakni, Implasif adalah fungsi komunikasi sosial ini adalah fungsi komunikasi kultural. Para ilmuan sosial mengakui bahwa budaya dan komunikasi itu mempunyai hubungan timbal balik, seperti dua sisi dari satu mata uang.

Budaya menjadi bagian dari perilaku komunikasi, dan pada gilirannya komunikasi pun turut menentukan, memelihara, mengembangkan atau mewariskan budaya. Fungsi komunikasi sosial juga bisa terbentuk dengan adanya pembentukan dari dalam: pembentukan konsep diri, pernyataan eksistenssi diri dan untuk kelangsungan hidup, memupuk hubungan & memperoleh kebahagiaan.

Demikian penjelasan dari kami mengenai pengertian komunikasi sosial. Mungkin Anda lebih paham tentang apa itu komunikasi sosial dapat berbagi pengalaman serta informasi dari Anda, guna untuk lebih informatif pada artikel yang kami bagikan ini. Silahkan berbagi pengalaman dan pemahaman terkait pengertian dan fungsi komunikasi sosial pada kotak komentar.

0 Response to "Pengertian Komunikasi Sosial"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel