Proses Komunikasi Dalam Masyarakat

Irman fsp – Masyarakat memiliki struktur dan lapisan yang bermacan macam, ragam struktur dan lapisan masyarakat tergantung pada kompleksitas masyarakat itu sendiri. Semakin komplek suatu masyarakat, maka struktur masyarakat itu semakin rumit juga. Kompleksitas masyarakat juga ditentukan oleh ragam budaya dan juga proses proses sosial yang ada. Semakin masyarakat itu kaya dengan budaya, maka akan semakin rumit proses sosial yang dihasilkan.


Berbagai proses komunikasi dalam masyarakat terkait dengan struktur dan lapisan, maupun ragam budaya serta proses proses sosial yang ada dalam masyarakat, baik itu secara individu, kelompok, maupun masyarakat luas. Sedangkan substansi bentuk atau wujud komunikasi ditentukan oleh yakni sebagai berikut:
  1. Pihak pihak yang terlibat dalam komunikasi (komunikator dan khalayak)
  2. Cara yang ditempuh
  3. Kepentingan atau tujuan komunikasi
  4. Ruang lingkup yang melakukannya
  5. Saluran yang digunakan. Dan,
  6. Isi pesan yang disampaikan

Sehubungan dengan poin di atas, maka kegiatan komunikasi dalam masyarakat dapat berupa komunikasi secara tatap muka yang terjadi pada komunikasi interpersonal dan kelompok serta kegiatan komunikasi yang terjadi pada komunikasi massa.

Kedua proses komunikasi ini, terutama komunikasi massa, yang mengandalkan teknologi telematika khususnya media massa sebagai teknologi penting dalam proses kegiatan komunikasi. Dengan demikian proses komunikasi merupakan proses media massa. Namun, secara akademik, kedua hal iti dapat dibedakan satu dengan yang lain karena memiliki konsep serta substansi permasalahan yang juga berbeda.


Berikut dua proses komunikasi dalam masyarakat secara teori yakni sebagai berikut:
1. Komunikasi secara langsung
Pada komunikasi ini masyarakat berkomunikasi secara langsung baik itu individu dengan individu, kelompok dengan individu, kelompok dengan masyarakat yang sifatnya secara langsung. Pengertian lain komunikasi secara langsung dapat Anda pahami yakni, proses komunikasi tanpa ada perantara dengan cara menggunakan media massa, melainkan komunikasi secara tatap muka.

Namun demikian, individu yang mempengaruhi proses komunikasi tidak lepas dari pengaruh kelompoknya, baik itu primer maupun sekunder, bahkan media massa juga mempengaruhinya. Walaupun individu taklepas dari pengaruh kelompok, namun konsep komunikasi ini hanya melihat apa konten dari komunikasi yang dibangun oleh individu masing masing.

2. Komunikasi massa
Komunikasi massa tentu menggunkan media massa. Artinya proses komunikasi yang dilakukan oleh komunikator kepada khalayak atau sebagai komunikan tentu menggunakan media massa. Dengan demikian, unsur unsur penting dalam media massa adalah:
  • Komunikator
  • Media massa
  • Informasi (pesan)
  • Gatekeeper
  • Khalayak
  • Umpan balik

Jadi, komunikasi yang terjadi dalam masyarakat menggunakan media massa. Artinya masyarakat menerima informasi dari komunikator tidak secara langsung sebagai mana pada poin pertama yakni komunikasi secara langsung, melainkan melalui media. Demikian proses komunikasi dalam masyarakat secara teori.

Mungkin ada pendapat serta masukan dari Anda yang juga ingin berbagi pengalaman serta pemahaman terkait proses komunikasi dalam masyarakat, silakan memberikan komentar Anda pada kotak komentar, terima kasih.

0 Response to "Proses Komunikasi Dalam Masyarakat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel