Tips Menjaga Hubungan Baik dengan Pemberi Pinjaman atau Hutang

Irman fsp | Bagi Anda yang sering meminjamkan uang sama sahabat bahkan dengan orang yang baru Anda kenal, maka jagalah kepercayaan orang tersebut. Bukankah orang yang menolong Anda pada saat susah dapat dikatakan pahlawan bagi Anda? Ya.. mereka pahlawan Anda. Untuk itu, perlu menjaga hubungan yang baik dengan mereka.

Meminjamkan uang pada orang lain tidak salah, yang menjadi salah besar adalah bagi mereka setelah meminjamkan uang, maka tidak mengembalikannya. Mungkin ketika Anda meminjamkan uang, merasa dapat mengembalikannya dengan segera sesuai dengan janji Anda pada orang sebagai peminjam.

Cara membangun hubungan yang baik

Nah, ketika hari itu tiba seharusnya Anda dapat mengembalikan uang tersebut, Anda tidak ada uang sehingga tidak dapat menepati janji Anda dengan orang peminjam. Apa yang harus Anda lakukan, ketika masalah itu menimpa Anda. Kejujuran merupakan sifat yang sangat baik dalam menyelesaikan masalah yang ada.

Sebelum meminjamkan uang pada orang bahkan sahabat, komunikasi serta hubungan Anda sangat baik dengan peminjam uang. Namun, bagai mana hubungan serta komunikasi tetap berjalan sebagai mana diharapkan dengan peminjam uang kepada Anda. Tentu ini menjadi perhatian bagi si peminjam uang.

Kami rasa semua orang pernah mengalaminya, sebelum meminjamkan uang hubungan mereka akrab dan baik, dan setelah mengalami permasalahan pada saat mengembalikan, namun belum ada uang akan terjadi komunikasi yang tidak baik. Bahkan bisa terganggu hubungan persahabatan.

Baca Juga: Pinjam Uang Segera Kembalikan

Nah, ini jangan dibiarkan, menjadi masalah besar. Uang tidak seberapa, namun sahabat lebih dari segalanya. Artinya Anda tetap harus mengembalikan uang tanpa harus memutuskan tali persahabatan dengan sahabat Anda sendiri. Jangan gara gara hutang terjadi komunikasi yang tidak baik.

Menjaga Hubungan Baik Dengan Pemberi Hutang

Berikut informasi cara menjaga hubungan baik dengan pemberi pinjaman atau hutang kepada Anda, yakni di bawah ini:
  1. Berusaha segera mengembalikan uang pinjaman
    Untuk menjaga hubungan baik dengan peminjam, maka Anda harus berusaha agar dapat mengembalikan uang tersebut tepat pada waktunya. Yang menjadi permasalahan, bila pada waktu yang sudah ditentukan, namun belum bisa mengembalikannya solusinya tetap mencari pekerjaan apapun pekerjaan itu agar dapat mengembalikan uang sebagai hutang.
  2. Bangun komunikasi yang lebih baik
    Sebagai peminjam uang, Anda harus dapat menjaga keakraban selama Anda masih dalam status “hutang”. Jangan lari dari orang yang meminjamkan uang, karena orang tersebut tidak akan menghukum, selama hubungan baik Anda bisa terjaga. Selama belum mampu mengembalikan uang tersebut, maka Anda selalu memberi alasan yang logis dengan cara membangun komunikasi yang efektif. Dengan komunikasi yang baik, maka Anda tetap baik di mata orang sebagai peminjam. Namun, demikian, hutang adalah hutang, yang namanya hutang maka Anda wajib membayarnya.
  3. Menjaga hubungan baik
    Cara yang ketiga, Anda dapat mendekati dengan cara membangun hubungan baik dengan orang peminjam uang. Walaupun Anda belum mampu mengembalikan uang sebagai hutang, maka solusi yang baik adalah kejujuran terhadap orang penolong Anda. Berusaha menjadi kunci dalam menyelesaikan masalah hutang. Maka, Anda wajib berusaha untuk dapat mengembalikannya.
  4. Berterima kasih kepada pemberi
    Ucapan ini sangat berharga bagi mereka sebagai orang pemberi. Nah, ini juga harus Anda lakukan pada saat mengembalikan uang pinjaman sebagai hutang. Hanya dengan kata ucapan terima kasih dapat menjaga hubungan baik dengan peminjam uang. Tujuan, bila suatu saat Anda membutuhkan, maka memudahkan Anda untuk bisa meminjamnya kembali.

Ketiga poin di atas, merupakan cara sederhana dalam membangun hubungan baik dengan orang yang memberi pinjaman. Harus kita ketahui, yang bahwa hutang wajib dibayar. Maka dengan itu, untuk dapat membayar hutang tentu dengan berusaha serta bekerja keras supaya dapat mengembalikan uang hutang tepat pada waktunya.

Banyak yang menjadi musuh ketika tidak sanggup mengembalikan uang sebagai hutang. Pada hal dulu sebelum meminjamkan uang, hubungan mereka sangat baik dan akrap. Hanya dengan masalah hutang kawan akan menjadi musuh. Maka, untuk menghindari hal itu, tentu dapat Anda jalankan sebagai mana tiga cara yang sudah kami paparkan di atas. Cara menjaga hubungan baik dengan orang pemberi hutang, tentu harus mengembalikan uang tepat pada waktunya.

Namun bagi Anda yang mengalami hambatan seketika mengembalikan uang sebagai hutang. Maka tingkatkan komunikasi yang baik dengan peminjam uang. Berusaha mengembalikan tentu sifat yang sangat baik guna dapat meningkatkan keakraban dalam tali persahabatan. Selanjutnya kata terima kasih kepada orang pemberi harus diucapkan, supaya orang tersebut merasa lebih bangga.

0 Response to "Tips Menjaga Hubungan Baik dengan Pemberi Pinjaman atau Hutang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel