2 Hambatan Yang Terjadi Saat Berkomunikasi Dengan Remaja

Irman fsp – Membangun komunikasi dengan kalangan remaja tentu tidak semudah seperti yang kita pikirkan. Pastinya ada hambatan hambatan tersendiri pada saat berkomunikasi dengan anak remaja. Apa lagi kalangan remaja yang baru Anda kenal yang tentunya sangat berbeda dengan kalangan remaja yang sebelumnya sudah saling mengenal.

Maka dengan itu, perlu mengenal karakter remaja yang akan Anda bangun komunikasi agar tidak terjadi hambatan hingga komunikasi Anda berjalan mulus dengan si remaja itu sendiri. Pada dasarnya komunikasi merupakan sesuatu hal yang sangat penting bagi manusia dalam melakukan interaksi antar sesama manusia atau individu.

Faktor terhambatnya komunikasi dengan remaja
Faktor terjadi hambatan komunikasi

Tanpa Anda sadari, bahwa pada suatu saat merasakan komunikasi yang Anda lakukan menjadi tidak efektif karena kesalahan dalam menafsirkan pesan. Hal ini terjadi karena setiap manusia mempunyai keterbatasan dalam menelaah pesan pesan yang ada saat disampaikan oleh komunikator.

Kesalahan dalam menafsirkan pesan bisa menjadi hambatan dalam berkomunikasi, ini disebabkan karena ada gangguan yang perlu Anda ketahui yakni sebagai berikut:

1. Hambatan Fisik
Hambatan yang terjadi saat melakukan komunikasi dengan kalangan remaja dapat disebabkan oleh keterbatasan fisik, artinya lawan bicara Anda memiliki gangguan pada fisik. Berikut beberapa penjelasan yang menjadi hambatan komunikasi dengan kalangan remaja yang disebabkan oleh hambatan fisik:
  1. Sinyal nonverbal yang tidak konsisten.
    Gerak gerik Anda saat berkomunikasi tidak melihat pada lawan bicara, tidak fokus pada apa yang sedang dibicarakan, sibuk dengan aktivitas Anda sendiri pada saat komunikasi berlangsung, yang sehingga dapat mampengaruhi porses komunikasi yang sedang berlangsung.
  2. Gangguan Noises.
    Melakukan komunikasi ditempat keramaian atau tempat bersuara yang dapat membuat Anda bising pada saat sedang berkomunikasi, atau jarak Anda berjauhan dengan lawan bicara.
  3. Gangguan fisik (gagap, tuli, buta).
    Bagi mereka yang mengalami gangguan fisik seperti gagap, tuna wicara, tunanetra, dan sebagainya, maka sudah tentu akan terjadi hambatan komunikasi yang sedang berlangsung. Perlu Anda lakukan teknik komunikasi lainny agar, komunikasi Anda berjalan lancar, seperti melakukan komunikasi isyarat.
  4. Teknik bertanya yang buruk.
    Ternyata kita yang tidak memiliki kemampuan bertanya, tidak akan sanggup menggali pemahaman orang lain, tidak sanggup mengetahui apa yang dirasakan orang lain. Oleh karena itu, kembangkan selalu teknik bertanya kepada orang lain. Bahwa setiap individu memiliki modalitas belajar yang berbeda-beda.
  5. Teknik menjawab yang buruk.
    Kesulitan seseorang memahami materi yang disampaikan karena komunikator tidak mampu menjawab dengan baik. Pertanyaan bukannya dijawab, melainkan dibiarkan. Pertanyaan justru dijawab tidak tepat. Salah satu teknik menjawab yang buruk adalah komunikator tidak memberikan kesempatan individu menyelesaikan pertanyaan lalu langsung di jawab oleh komunikator.
  6. Kurang menguasai materi.
    Perlu Anda ketahui, banyak hambatan komunikasi yang terjadi pada kurang menguasai materi, yang sehingga saat ada pertanyaan atau persoalan yang akan Anda jawab tidak akan terjawab karena materi yang ada kurang Anda pahami.
  7. Kurang persiapan.
    Bagaimana mungkin proses penyampaian materi atau pembelajaran dapat optimal jika tidak menyiapkan perencanaan dengan baik. Maka hal ini juga akan menghambat komunikasi Anda pada saat menyampaikan beberapa materi.


2. Hambatan Psikologis:
Hambatan yang kedua terdapat pada kejiawan. Artinya kekurangan ini juga bisa menyebabkan terjadinya hambatan saat berkomunikasi dengan kalangan remaja. Berikut penjelasannya:
  1. Mengabaikan informasi
    Seringkali kita mengabaikan informasi yang menurut kita tidak sesuai dengan pemikiran atau ide, gagasan dan pandangan kita. Padahal kalau dicermati mungkin sangat berhubungan dengan ide kita, bahkan sangat cocok. Karena menganggap itu ide yang berbeda alhasil dapat terjadi hambatan dalam berkomunikasi.
  2. Menilai sumber.
    Hal ini juga sering dilakukan. Terlalu menilai orang yang tidak sepadan dengan apa yang disampaikan. Cenderung menilai siapa yang memberikan informasi. Jika ada seorang remaja yang memberikan informasi tentang suatu hal, maka menganggap informasi itu kurang benar.
  3. Pengaruh emosi.
    Pada keadaan emosi sebenarnya tidak seharusnya melakukan komunikasi. Karena ini jelas. Tentu akan terjadi berbagai hambatan saat melakukan komunikasi. Sedang emosi tentu kondisi kita tidak stabil, baik menyampaikan pesan maupun menerima pesan.
  4. Kecurigaan.
    Ini juga merupakan kondisi yang dapat menimbulkan hambatan komunikasi. Tentu tidak akan efektif dalam melakukan komunikasi bila Anda mencurigai lawan bicara Anda tidak benar atau tidak jujur. Apa lagi kecurigaan yang sangat berlebihan, sudah tentu tidak akan berjalan lancar komunikasi yang sedang berlangsung.
  5. Tidak jujur.
    Sangat tidak efektif bila Anda melakukan komunikasi dengan cara tidak jujur. Anda terlalu banyak menyampaikan yang tidak sesuai dengan yang ada, maka sudah tentu pendengar akan mengabaikan apa yang Anda sampaikan.
  6. Tertutup.
    Sifat yang satu ini juga dapat terjadinya hambatan komunikasi dengan remaja. Karena kepuasan dalam berkomunikasi tentu tidak ada. Dengan sifat tertutup akan menjadi komunikasi yang tidak efektif.

Demikian hambatan yang sering terjadi saat melakukan komunikasi dengan remaja. Sebenarnya bila mengalami hal ini, tidak hanya dengan kalangan remaja saja, namun siapapun itu akan terjadi hambatan saat berlangsungnya komunikasi. Untuk itu, agar komunikasi Anda bisa berjalan dengan lancar, maka dapat menghindari poin poin yang tentunya menjadi faktor terjadinya hambatan komunikasi.

2 Responses to "2 Hambatan Yang Terjadi Saat Berkomunikasi Dengan Remaja"

  1. Mantap dan simpel artikelnya ,salam sukses ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you sobat, semoga bisa mengiringi ciriseo hehehe...
      Dan terimakasih juga sudah berkunjung ke my blog hehehe.. Salam sukses kembali..

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel