5 Tips Mengatasi Gagal Paham Dalam Komunikasi

Irman fsp – Gagal paham sebenarnya hanya bahasa istilah saja. Namun hal ini sering terdengar dalam percakapan antar individu. Istilah gagal paham dapat diartikan kurang memahami masalah atau persoalan yang sehingga salah menelaah informasi. Dalam berkomunikasi, gagal paham sering terjadi. Maka, perlu menjelaskan apa sebenarnya yang dimaksud dengan gagal paham.

Sering terjadi permasalahan saat salah menelaah informasi yang ada. Baik itu terjadi hambatan dalam berkomunikasi atau sistem komunikasi itu yang dapat mengakibatkan informasi yang disampaikan tidak tepat dan sehingga mengalami gagal paham.

Tips mudah agar tidak gagal pahan
Cara mengatasi gagal paham

Pengertian Gagal Paham
Gagal paham adalah istilah dalam bahasa yang lahir secara tiba tiba. Artinya gaya bahasa baru dalam bahasa Indonesia tanpa ada dalam kosakata. Menurut irman fsp, gagal paham merupakan kesalahan dalam memaknai atau menelaah informasi yang ada sehingga saat menyampaikan informasi itu kepada orang lain jauh dari sumber yang ada.

Gagal paham juga dapat disebut kurang mengerti dengan topik berita, informasi, komunikasi, serta bacaan yang ada. Atau tidak tepat dalam memaknai pesan pesan yang ada, sehingga dapat membuat si penerima pesan menjadi kebingungan terhadap pesan yang ada atau pesan yang sedang dia baca.

Dari penjelasan di atas mengenai pengertian GAGAL PAHAM, maka dapat disimpulkan bahwa kurang memahami pesan, topik, serta informasi yang ada. Sehingga dapat terjadi kesalahan dalam memaknai pesan, topik, dan juga informasi yang ada.


Maka dari itu, untuk mengatasi permasalahan gagal paham dalam komunikasi perlu ditelusuri serta memahami dan juga dapat memaknai pesan, topik berita, serta informasi yang ada guna untuk tidak terjadi gagal paham atau kesalahan dalam berkomunikasi. Berikut ini kami paparkan tips mengatasi gagal paham dalam kontek komunikasi sebagai berikut:
  1. Dalam berkomunikasi perlu adanya komunikasi yang efektifPerlu Anda ingat, komunikasi efektif itu penting dalam menjalani hubungan baik. Komunikasi yang efektif tentu pesan yang Anda sampaikan mudah dipahami dan dimengerti serta adanya saling memahami dan mengerti.
  2. Hindari komunikasi melalui alat komunikasi secra lisanUntuk mengatasi masalah gagal paham dalam komunikasi, maka perlu melakukan komunikasi secara langsung. Menggunakan alat komunikasi seperti HP dan lainnya sangat baik untuk memudahakan penyampaian pesan. Namun, bila Anda termasuk kategori yang pelupa, maka hindari komunikasi secara lisan via HP guna untuk mengatasi kesalahan dalam memaknai pesan yang ada.
  3. Jangan banyak menggunakan bahasa istilah dalam komunikasiDalam kehidupan bermasyarakat, banyak sekali lahir bahasa bahasa istilah (bahasa gaul), yang dapat membuat Anda kebingungan dalam menelaah pesan yang ada. Maka dari itu, untuk mengatasi gagal paham, perlu menghindari bahasa bahasa demikian.
  4. Lakukan komunikasi pada tempat yang terbuka dan jauh dari kebisinganMengapa perlu melakukan komunikasi ditempat yang terbuka dan jauh dari kebisingan? Ini artinya untuk memudahkan Anda dalam melakukan komunikasi agar pesan yang disampaikan mudah diterima serta saling mengerti satu sama lain.
  5. Usahakan bisa memposisikan diri sebagai pendengar yang baikHal ini sangat penting dalam berkomunikasi agar dapat memaknai pesan yang Anda dengar. Menjadi pendengar yang baik, maka Anda sudah melakukan komunikasi yang efektif dengan lawan bicara. Selanjutnya, Anda juga perlu bertanya pada saat ada pesan atau informasi yang menurut Anda susah dimengerti. Tujuannya juga menghindari dari kesalahan dalam memaknai pesan yang ada.

Kesimpulan
Terjadi gagal paham dalam komunikasi, sebenarnya terjadi hambatan hambatan yang mungkin tanpa Anda sadari saat berkomunikasi. Maka perlu mengatasi hambatan yang ada saat melakukan komunikasi agar tidak terjadi gagal paham dalam komunikasi. Untuk itu, mengatasi gagal paham perlu Anda lakukan seperti penjelasan di atas agat tidak terjadi kesalahan dalam memaknai pesan, topik berita atau informasi yang ada.

0 Response to "5 Tips Mengatasi Gagal Paham Dalam Komunikasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel