Pengertian Komunikasi Online atau Jaringan

Irman fsp – Komunikasi pada dasarnya interaksi sosial yang dilakukan oleh individu dengan individu lainnya. Atau terjadinya proses penyampaian pesan atau informasi antara kelompok, individu, serta melakukan interaksi dengan diri sendiri juga merupakan komunikasi.

Proses penyampaian pesan atau informasi yang dilakukan komunikator kepada komunikan adalah komunikasi. Sangat mudah untuk penjelasan komunikasi itu sendiri, karena proses ini selalu terjadi tiap saat bahkan detik. Berbicara dengan orang lain baik itu kelompok atau hanya terlibat antara dua orang merupakan komunikasi.

komunikasi online dalam masyarakat
Komunikasi online dalam bermasyarakat

Nah, dalam artikel ini kami hanya memaparkan pengertian komunikasi online. Apa itu komunikasi online? Perlu Anda pahami, bahwa komunikasi adalah pesan yang disampaikan oleh orang ke orang lain yang sehingga menyebabkan saling terjadi pengertian terhadap pesan yang disampaikan, itulah dasar komunikasi.

Lalu apa juga pengertian dari komunikasi online atau jaringan?
Nah, pengertian komunikasi online adalah komunikasi yang dilakukan oleh individu menggunakan jaringan. Seperti jaringan internet. Anda dapat berkomunikasi dengan adanya jaringan internet. Komunikasi yang Anda lakukan tentu menggunakan jaringan internet, seperti halnya Anda menggunakan alat komunikasi yakni handphone.

Dengan alat komunikasi, maka Anda dapat melakukan komunikasi secara online. Lalu apa bedanya komunikasi dengan komunikasi online? Tentu ada perbedaan antara kedua kata tersebut. Komunikasi sifatnya lebih umum, sementara komunikasi online, sedikit lebih terperinci dalam kontek komunikasi.

Komunikasi online adalah komunikasi yang dilakukan menggunakan fasilitas media elektronik, baik itu computer/ laptop atau handphone (HP). Komunikasi online tentu Anda menggunakan fasilitas tersebut baik itu laptop maupun HP. Dan ini sudah tentu sangat berhubungan dengan jaringan internet.

Maka dengan itu, komunikasi online dapat dilakukan dengan adanya jaringan internet. Tanpa jaringan internet, maka Anda tidak dapat melakukan komunikasi secara online. Sering Anda lakukan berinteraksi dengan sesama individu dalam aktivitas komunikasi online seperti chatting, facebookan, BBM, Google+, Hangouts dan sebagainya.


Melakukan komunikasi dengan jaringan internet yang ada, seperti menggunakan fasilitas BBM, Chatting via Facebook, Hangouts, Line dan lainnya itu merupakan komunikasi online. Karena dalam hal itu, tentu Anda melakukan proses penyampaian pesan atau informasi yang dapat membuat Anda bisa mengerti dan pahan dari informasi yang ada.

Kelebihan Komunikasi Online
  1. Komunikasi secara online dilakukan dengan cepat dan mudah. Artinya Anda tidak harus menjumpai mereka untuk menyampaikan suatu hal, cukup dengan fasilitas alat komunikasi dapat dilakukan dengan cepat.
  2. Komunikasi secara online juga memudahkan Anda dalam kontek pengiriman informasi serta dapat mengupdate informasi secara lebih cepat dan instan.
  3. Komunikasi secara online juga dapat mengetahui keadaan saudara bahkan sahabat Anda sendiri, walaupun berjauhan dengan tempat tinggal Anda.

Kekurangan Komunikasi Online
  1. Komunikasi secara online dapat merenggangkan budaya yang ada. Artinya Anda akan jarang menjumpai sahabat bahkan saudara Anda karena merasa lebih mudah dalam berkomunikasi secara online.
  2. Sosial juga akan berkurang saat Anda disibukkan dengan kegiatan atau pekerjaan yang ada. Bila ada permasalahan Anda lebih fokus dengan sebatas pesan singkat melalui chatting tanpa mewakili emosional Anda sendiri.
  3. Informasi yang didapatkan keseringan tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Artinya Anda hanya dapat melihat kejadian melalui media komunikasi tanpa melihat secara langsung.

Kesimpulan
Komunikasi online atau melakukan komunikasi secara online merupakan proses penyampaian pesan, ide, gagasan, serta informasi melalui jaringat internet atau sering disebut dunia maya. Proses interaksi yang terjadi hanya menggunakan jaringan internet dengan cara berkomunikasi melaui chat facebookan, BBM, Line, hangouts dan lain sebagainya.

0 Response to "Pengertian Komunikasi Online atau Jaringan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel