Pengertian Sosiologi Komunikasi

Hello sahabat setia pengunjung blog materi kampus ilmu komunikasi. Dalam artikel ini kami juga menulis pengertian sosiologi komunikasi untuk memperlengkap artikel sebelumnya yaitu awal mula lahirnya sosiologi komunikasi. Tahukah Anda, ilmu sosial perlu kita pelajari secara berlanjutan. Walaupun secara teori pengertian atau definisinya sudah ada yang paparkan, tidak ada salahnya bila Anda ada pendapat serta referensi yang kuat untuk menjelaskan serta memperbaharui pengertian yang sudah ada.

Oke kembali ke pembahasan utama yakni pengertian sosiologi komunikasi. Apa itu sosiologi? Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari kehidupan masyarakat dalam bermasyarakat. Selanjutnya komunikasi yang mempelajari interaksi sosial masyarakat dalam kontek proses penyampaian informasi maupun pesan. Pada dasarnya ilmu ini sangat berhubungan satu sama lainnya. Seperti sosiologi komunikasi yang tentunya mengajari proses interaksi sosial dalam bermasyarakat.

Sosiologi komunikasi yang bisa Anda ketahui menurut para ahli

Berikut ini kami paparkan pengertian sosiologi  komunikasi secara umum merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang ilmu  komunikasi dari sudut sosiologis, artinya sudut padang dalam masyarakat.

Dalam ilmu sosiologi komunikasi ini tentu membahas mengenai tinjauan sosiologis terhadap komunikasi baik sebagai aktivitas sosial, interaksi sosial antara individu dengan individu, individu dengan kelompok dan juga kelompok- dengan kelompok maupun efek sosial dari komunikasi dalam masyarakat setempat.

Sosiologi Komunikasi Menurut Ahli
Menurut Soerjono Soekanto (Soekanto, 1992: 471), sosiologi komunikasi merupakan kekhususan sosiologi mempelajari interaksi sosial yaitu suatu hubungan atau komunikasi yang menimbulkan proses saling pengaruh-mempengaruhi antara para individu, individu dengan kelompok maupun antarkelompok. Menurut Soekanto, Sosiologi Komunikasi juga yang ada kaitannya dengan publik speaking, yaitu bagaimana seseorang berbicara kepada publik.

Baca Juga: Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Sosiologi komunikasi juga mengajari konsep konsep yang ada dalam masyarakat seperti interaksi, hubungan, maupun segala sesuatu yang terjadi dalam lingkup masyarakat. Untuk mengenal karakter masyarakat tentu baiknya mempelajari ilmu sosiologi komunikasi, karena banyak pembahasan yang sangat berhubungan dengan interaksi sosial masyarakat.

Tidak hanya itu, dalam ilmu sosial ini juga mempelajari pengertian pengertian sebagaimana yang ada pada ilmu komunikasi untuk memudahkan kita menanggapi berbagai karakter yang ada dalam masyarakat. Karena sebagaimana dijelaskan di atas, sosiologi mempelajari hubungan individu dengan individu, individu dengan kelompok dan juga kelompok dengan kelompok lainnya.

Nah, untuk mendalami ilmu ini tentu harus kita tahu pengertian yang ada dalam ilmu komunikasi, seperti komunikasi interpersonal, kelompok, organisasi, sosial, dan juga komunikasi massa. Tujuannya untuk memudahkan saat berinteraksi dalam masyarakat.

Itu salah satu pengertian secara umum yaitu sosiologi komunikasi. Untuk itu, dengan eratnya hubungan ilmu sosial ini, tentu harus secara seksama dipelajari. Demikian semoga bermanfaat untuk pembaca nusantara.

0 Response to "Pengertian Sosiologi Komunikasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel