Membangun Komunikasi Politik Yang Baik dan Beretika

Irman fsp | Komunikasi politik pada dasarnya sudah menjadi pembahasan pada blog irman fsp. Dan artikel ini sudah kami jelaskan baik itu pengertian komunikasi politik, saluran politik, fungsi dan juga tujuan komunikasi politik. Nah, pada artikel kali ini, kami akan membagikan kepada pengunjung setia kami yaitu cara membangun komunikasi politik itu sendiri dengan baik dan beretika. Sedikit kami singgung terkait pengertiannya, komunikasi politik adalah pesan pesan yang melibatkan informasi politik oleh aktor politik itu sendiri.

Berbicara komunikasi politik, tentu sangat berhubungan dengan kekuasaan, suatu kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah atau komunikator politik. Hal ini tentu ada tujuan dalam pesan pesan yang disampaikan oleh komunikator atau pimpinan politik dalam sebuah organisasi. Nah, dengan sudah paham apa itu komunikasi politik, maka selanjutnya akan menjadi aplikasi lapangan yang biasa dilakukan oleh komunikator politik yaitu membangun komunikasi politik yang beretika dan baik.

Cara efektif membangun komunikasi politik

Walaupun secara umum tujuannya tepat, artinya pesan yang disampaikan oleh komunikator politik bisa diterima dengan mudah dan paham oleh khalayak. Namun cara itu belum tentu baik dan benar. Hal ini terkait dengan system politik yang berkembang. Artinya berbagai cara dilakukan yang penting pesan politik dari komunikator diterima oleh masyarakat luas.

Untuk itu, apa pun cara yang ditempuh kami bukan menyalahkan atau mengecam yang bahwa itu salah dan benar. Namun demikian, pada artikel kami juga memaparkan cara yang baik membangun komunikasi politik dan beretika menjadi satu pedoman untuk agensi (marketing) politik agar lebih bisa mendalami bagaimana yang dimaksud dengan komunikasi politik yang baik dan benar.

Untuk fungsi komunikasi politik itu dapat Anda baca pada artikel sebelumnya. Karena kami juga sudah membagikannya. Yang menjadi bacaan dalam artikel ini adalah bagaimana cara membangun komunikasi politik yang baik dan benar dengan khalayak ramai, kelompok, bahkan dengan individu itu sendiri yang beretika.

Baca Juga: Bedakan Komunikasi Dengan Komunikasi Politik

Untuk itu, dalam artikel ini irman fsp kembali membagikan cara membangun komunikasi politik yang baik dengan masyarakat luas, organisasi, dan juga individual dapat Anda ketahui di bawah ini:
  1. Efektivitas Komunikasi Politik
  2. Keberadaan Pimpinan Politik Dalam Masyarakat Jelas
  3. Memilih Agen Politik Yang Bisa Menjaga Sikap Politik
  4. Sebagai Organisasi Politik Perlu Mendirikan Sekretariat di Daerah Sebagai Pusat Layanan Publik
  5. Perlu Merekrut Tenaga Profesional Yang Mampu Meningkatkan Kinerja Politik

Tujuan dan penjelasan
Perlu Anda ketahui, peran komunikasi politik yang dibangun oleh parpol sebagai organisasi politik perlu diupayakan keefektivan dalam langkah langkah yang konkrit. Artinya komunikasi yang efektif perlu diterapkan selain dalam organisasi politik juga dapat diaplikasikan ke daerah dimana daerah tersebut menjadi prioritas pemilihan wakil rakyat bahkan wilayah kabupaten/kota.

Secara etika politik juga perlu kesadaran baik dari organisasi politik maupun wakil rakyat, serta elit politik untuk dapat membangun komunikasi politik yang baik, serta benar benar adanya keinginan kuat untuk menyerap aspirasi masyarakat. Dengan demikian, hubungan organisasi politik ini bisa terjaga dengan baik dan efektif.

Sebagai pimpinan politik juga perlu adanya ditengah tengah masyarakat tidak hanya pada saat membutuhkan masyarakat, melainkan pada sisi lainnya sebagai pimpinan juga harus bisa meluangkan waktu dan ada di tengah tengah masyarakat. Banyak yang berkembang isu, calon yang diusung oleh salah satu organisasi politik hanya bisa berada di tengah masyarakat ketika mereka perlu. Dan sesudah selesainya pemilihan hilang bagai ditelan angin.

Untuk membangun komunikasi politik yang baik dan juga beretika perlu mendidik dan menjelaskan kepada agen agen politik sebagai komunikator politik untuk menjalankan tugas organisasi politik. Hal ini juga sangat berpengruh pada sebuah organisasi politi terkait citra partai. Untuk itu, perlu adanya ciri ciri individu yang mampu membangun komunikasi politik dengan kalangan masyarakat, organisasi bahkan dengan individu lainnya.

Baca Juga: Unsur unsur Komunikasi Politik

Untuk itu, hal ini perlu adanya rekrutmen orang orang yang bisa menjalankan tugas politik secara baik dan benar dengan memberikan peluang untuk orang orang professional dalam organisasi politik dengan cara menarik mereka untuk bisa bekerja sebagai agen politik. Terlepas dari bagaimana kebijakan sebuah organisasi politik, untuk meningkatnya kinerja politik yang baik, maka perlu adanya individu yang mampu menjalankan tugas politik baik itu dari kalangan bawah menengah, dan juga untuk kalangan atas.

Yang terakhir adalah perlu adanya posko, sekretariat, atau kantor untuk perwilayah sebagai pusat pelayanan. Hal ini sangat penting agar masyarakat dapat berpartisipasi serta sebagai agen politik pun bisa dengan mudah merangkul masyarakat untuk bisa berpartisipasi dengan organisasi politik yang ada.

Hal yang terpenting adalah, sebagai komunikator politik mampu membangun komunikasi yang efektif dengan kalangan yang menjadi target. Arinya, komunikator selain mampu menjaga hubungan baik dengan relasi, juga bisa meningkatkat komitmen politiknya dengan relasi yang ada. Dengan demikian komunikasi politik akan berjalan lancar sebagaimana diharapkan.

0 Response to "Membangun Komunikasi Politik Yang Baik dan Beretika"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel