Pengertian Politik dan Penjelasan

Dalam masyarakat Indonesia, politik sudah menjadi perbincangan di berbagai kalangan, baik itu dari pakar politik, profesional, mahasiswa, siswa, pelajar, hingga masyarakat perkotaan dan juga pedesaan. Politik menjadi topik utama saat duduk di warung kopi. Terlepas dari mengerti atau tidak apa yang dimaksud dengan politik itu sendiri atau pengertian politik, akan tetapi politik menjadi topik yang akan diperbincangkan di warung kopi bahkan di tempat lainnya.

Percaya atau tidak isu yang menjadi trending topik di pusat kota akan menjadi hot topik juga di pedesaan. Baik dari kalangan pegawai bahkan dari masyarakat biasa yang kebiasaannya pergi ke sawah. Terkesan lucu politik di desa menjadi hot topik hingga pekerjaan biasanya pun terbengkalai hanya karena politik. Sebenarnya kalau dilihat secara kasat mata, politik yang menjadi trending topik di desa hanya membuat mereka malas bahkan bisa berdampak pada tugas dan kerja yang sehari hari mereka lakukan bisa terbengkalai.

Apa itu politik ? inilah penjelasannya

Dalam artikel ini, irman fsp hanya sedikit memperjelas terkait pengertian politik agar saat ditanyakan oleh individu yang paham dengan politik itu sendiri bisa terjawab dan tidak kaku. Dalam bahasa Yunani Politik disebut politikos, yang artinya berhubungan dengan warga Negara. Politik juga merupakan proses pembentukan serta pembagian kekuasaan dalam masyarakat antara lain terwujudnya proses pembuatan keputusan, kebijakan, kekuasaan khususnya dalam sebuah negara.

Pengertian Politik Menurut Ahli
Adapun pengertian POLITIK menurut ahli ilmu politik dapat Anda ketahui sebagai penjelasan yang ada pada Irman fsp yakni sebagai berikut:
  • Rod Hague menyetakan pengertian politik adalah kegiatan yang menyangkut cara bagaimana kelompok-kelompok mencapai keputusan-keputusan yang bersifat kolektif dan mengikat melalui usaha untuk mendamaikan perbedaan-perbedaan diantara anggota-anggotanya.
  • Adolf Grabowsky juga menyatakan politik adalah menyelidiki Negara dalam keadaan bergerak
  • Aristoteles berpendapat politik adalah usaha yang ditempuh warga Negara untuk mewujudkan kebaikan bersama.
  • Ossip K.Flechteim menyebutkan politik adalah ilmu sosial yang khusus mempelajari sifat dan tujuan dari Negara sejauh Negara merupakan organisasi kekuasaan, beserta sifat dan tujuan gejala-gejala kekuasaan lain yang tak resmi yang dapat mempengaruhi Negara.
  • Roger  F.Soltau berpendapat politik adalah ilmu yang mempelajari Negara,tujuan-tujuan Negara, dan lembaga-lembaga Negara yang akan melaksanakan tujuan tersebut serta hubungan antara Negara dengan warga negaranya serta Negara lain.
  • Andrew Heywood menyebutkan pengertian politik adalah kegiatan suatu bangsa yang bertujuan untuk membuat, mempertahankan, dan mengamandemen peraturan peraturan umum yang mengatur kehidupannya, yang berarti tidak dapat terlepas dari gejala konflik dan juga kerjasama.
  • Ibnu Aqil mengatakan pengertian politik adalah hal hal praktis yang lebih mendekati kemaslahatan bagi umat manusia dan lebih jauh dari kerusakan meskipun tidak digariskan oleh Rasulullah S.A.W
  • Cheppy Hary Cahyono menyebutkan pengertian politik adalah macam macam kegiatan dalam sistem politik atau negara yang menyangkut proses menentukan dan sekaligus melaksanakan tujuan sistem politik itu sendiri.

Melihat dari penjelasan di atas terkait dengan kata POLITIK, maka apa kepentingan atau manfaatnya terhadap masyarakat desa yang kebiasaannya pergi ke sawah, gunung, serta melaut. Apa lagi dengan pembahasan isu politik berkembang seakan mereka cocok menjadi pakar politik. Sangat luar biasa sekali bila masyarakat desa yang kebiasaannya ke sawah, dengan ekonomi serba paspasan, dengan memperbincangkan isu politik berkembang akan membawanya ke arah yang lebih baik.

Namun yang sering terjadi, memperbincangkan politik berkembang, akan membuat mereka semakin terpuruk dengan kondisi ekonomi yang sempit. Hal ini disebabkan kebiasaan yang sudah menjadi tugas hari hari mereka terbengkalai dikarenakan sering duduk di warung kopi sana sini khusus membicarakan politik. Padahal boleh dikatakan masyarakat desa yang kita banggakan memiliki banyak keterbatasan baik itu cara berfikir bahkan dari sisi latar belakang pendidikan.

0 Response to "Pengertian Politik dan Penjelasan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel