Apa Saja Jenis Komunikasi Online?

Irman fsp | Pada artikel sebelumnya sudah kami paparkan terkait dengan pengertian komunikasi online atau sering juga disebut komunikasi jaringan (dering), dan saya rasa anda sudah mengerti. Namun, terkait dengan jenis jenis komunikasi online atau komunikasi jaringan (dering) belum pernah kami paparkan. Untuk itu, pada kesempatan kali ini melalui blog Irman fsp berbagi materi terkait dengan jenis komunikasi jaringan sebagaimana yang dimaksud.

Sedikit saya ulangi terkait dengan pengertian komunikasi jaringan atau online yakni, komunikasi yang menggunakan fasilitas yang berhubungan dengan jaringan secara online. Boleh jadi anda berkomunikasi menggunakan fasilitas seperti BBM, Line, Facebook chat, dan sebagainya. Ini merupakan sebuah contoh komunikasi secara online yang sudah anda lakukan.

Pengertian dan jenis komunikasi online atau jaringan (dering)

Intinya adalah proses komunikasi yang dilakukan oleh komunikator dengan komunikan dengan cara menggunakan fasilitas yang terhubung akses jaringan internet. Baik itu dengan cara penyampaian informasi melalui WhatsApp atau BBM secara lisan maupun pesan teks atau tulisan. Komunikasi online ini tidak lepas dari jaringan internet.

Komunikasi online atau sering disebut komunikasi jaringan, pertama sekali dimulai pada tahun 1960, di sebuah universitas of Hawaii yang memiliki daerah yang luas dan berkeinginan untuk menghubungkan komputer komputer yang tersebar di kampus tersebut. Kemudian Universitas of Hawaii mengembangkan teknologi Ethernet (perangkat komunikasi pada komputer) dengan nama “ALOHA”.

Di dalam Ethernet tersebut ditanam sebuah software yang di dalamnya terdapat sebuah protocol yang pada saat itu disebut dengan nama ARPANET, yang diluncurkan tahun 1969. ARPANET untuk saat ini sudah berkembang menjadi nama internet yang berasal dari interconnected network. Penggunaan komunikasi online dalam dunia pendidikan pertama kali pada tahun 1980an ditandai dengan pengenalan komputer sebagai media pendidikan, dan pertengahan tahun 1990 dengan munculnya word wide web. Lalu apa saja sih jenis jenis komunikasi online?

Baca Juga: Pengertian Komunikasi Online atau Jaringan

Berikut ini jenis komunikasi online yang bisa anda ketahui persembahan Irman fsp yakni di bawah ini:
  1. Komunikasi online sinkron.
    Merupakan komunikasi online yang bersifat secara real time (langsung) menggunakan komputer sebagai media untuk menyempaikan proses komunikasi, hal ini disebut komunikasi online atau jaringan serempak/sinkron. Sebagai contoh komunikasi sinkron yang bersifat langsung adalah seperti aplikasi chat dan juga video chat yakni, facbook, yahoo messenger, google talk, skype, line, facetime, google+ hangout, BBM, dan sebagainya).
  2. Komunikasi online asinkron.
    Merupakan komunikasi online yang bersifat tidak langsung, juga menggunakan komputer sebagai media guna sebagai proses komunikasi. Hail ini disebut dengan komunikasi online tidak serempak/asinkron. Sebagai contoh komunikasi asinkron yang bersifat tidak langsung adalah seperti aplikasi e-mail, video streaming, blog atau website. Komunikasi online asinkron lebih mengacu pada membaca, menulis, berbagi video dan sebagainya. Komunikasi ini tentu tidak bersifat langsung seperti komunikasi sinkron yang sifatnya langsung.

Demikian penjabaran terkait dengan jenis komunikasi online persembahan Irman fsp yang dapat anda ketahui. Semoga dengan adanya informasi ini menjadi bertambah ilmu pengetahuan serta wawasan pada ilmu komunikasi. Dan bagi anda yang lebih paham terkait dengan materi di atas dan merasa belum lengkap, maka sangat disarankan meninggalkan komentar di bawah guna untuk kesempurnaan artikel ini.

0 Response to "Apa Saja Jenis Komunikasi Online?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel