Penjabaran Pola Komunikasi Persamaan (Equality Pattern)

Apa itu komunikasi persamaan? Jawaban sederhana adalah komunikasi yang dibangun secara kesetaraan dalam sebuah keluarga. Artinya, setiap individu memiliki hak yang sama dalam kesempatan berkomunikasi. Jadi, pola komunikasi ini jauh berbeda dengan cara komunikasi lainnya terkait dengan 4 pola komunikasi dalam keluarga. Peran komunikasi ini lebih ke komunikasi berjalan dengan jujur, terbuka, langsung, dan bebas dari pembagian kekuasaan. Semua orang memiliki hak yang sama dalam proses pengambilan keputusan. Jadi dengan pola ini tidak berpegang ke sistem kekuasaan personal.

Komunikasi persamaan (equality pattern)

Dalam sebuah keluarga tentu berbeda beda dalam menerapkan pola komunikasi. Hal ini sangat tergantung pada kepribadian seseorang dalam hal membangun komunikasi dengan istri dan anak. Menurut pengamatan Irman fsp, pola ini juga ada sisi baiknya diterapkan dalam sebuah keluarga. Dimana, komunikasi yang dibangun lebih terbuka, jujur, saling percaya satu sama lain, bahkan dalam mengambil keputusan pun lebih ke kepentingan bersama. Jadi, dalam keluarga pun akan mendapatkan kepuasan tersendiri dalam penyempaian informasi.

Komunikasi persamaan ini juga lebih terlihat harmonis. Bagaimana tidak, dalam sebuah keluarga tidak ada saling curiga, menutup nutupi, mengandalkan bos, dan juga tidak ada tekanan moral. Melainkan lebih terbuka, saling percaya satu sama lain. Bukan kah dalam keluarga memerlukan komunikasi secara terbuka? Bila jawaban anda ia, maka anda termasuk ke individu yang cocok menerapkan pola komunikasi persamaan (Equality Pattern).

Kelebihan Pola Komunikasi Persamaan
Adapun kelebihan pola komunikasi persamaan dalam sebuah keluarga adalah selain mengutamakan keterbukaan juga tidak ada saling menekan. Melainkan lebih ke kecocokan pendapat dalam interaksi sosial bahkan mengutamakan kepentingan bersama. Selain itu, pola ini juga bisa mengambil alih dimana ada sesuatu yang harus diputuskan dalam keluarga tanpa adanya suami di dalam rumah.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Komunikasi Dalam Keluarga

Misalnya: sebagai istri, anda juga ada hak memutuskan hasil yang dimusyawarahkan dalam sebuah keluarga besar tanpa harus menunggu suami. Mengapa demikian? Bukankah keputusan dalam keluarga harus diputuskan oleh kepala rumah tangga? Ini lah kelebihan dari pola komunikasi ini. Dasar dari pola ini tentu sudah ada kesepakatan dalam keluarga sebagaimana penjelasan di atas yakni keterbukaan dan juga kejujuran.

Dari dasar itu lah, istri pun berani mengambil keputusan dalam segala sesuatu yang bersifat kepentingan keluarga. Hasil ini lah yang akan disampaikan kepada suami saat ai berada dirumah nantinya. Hal ini juga perlu anda ketahui, selain ada kelebihan juga tersisih adanya kekurangan.

Kekurangan Pola Komunikasi Persamaan
Adanya kelebihan tentu tersimpan juga kelemahan pada pola komunikasi ini. Dalam sebuah keluarga, tentu ada rahasia rahasia yang dapat diketahui oleh personal. Dan rahasia ini biasanya akan diketahui olehnya sendiri. Kekurangan dari pola komunikasi ini tentu tidak ada rahasia, melainkan mengutamakan keterbukaan.

Sementara kita tahu, dalam urusan pekerjaan tentu ada hambatan bila dilibatkan istri. Sementara urusan bisnis suami dengan customer tentu ada hal hal yang tidak harus diketahui oleh orang rumah. Seperti keuangan dalam bisnis, hal ini sangat sensitif bila melibatkan istri. Bagaimana tidak, kebanyakan perempuan menganggap itu uang keluarga, walaupun tidak semua.

Banyak juga hal lainnya, kalau urusan pekerjaan laki laki terkadang sangat bertolak belakang dengan pandangan istri. Baik cara kerja maupun tantangan yang harus diselesaikan oleh suami. Hal ini tentu lebih terhambat lagi bila diketahui oleh istri terkait dengan pekerjaan tersebut. Maka dari itu, pola komunikasi persamaan ini juga ada sisi kekurangan bila diterapkan sepenuhnya dalam keluarga.

Itulah sedikit penjabaran terkait dengan pola komunikasi persamaan (Equality Pattern) persembahan Irman fsp. Semua pola yang ada tentu ada sisi baik dan juga sisi buruk bila diterapkan dalam sebuah keluarga. Namun demikian, hal ini juga sangat tergantung pada kepribadian individu dalam membangun komunikasi yang baik dalam keluarga hingga terciptalah keluarga yang harmonis.

0 Response to "Penjabaran Pola Komunikasi Persamaan (Equality Pattern)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel