Tujuan dan Unsur Unsur Komunikasi Bisnis

Irman fsp | Secara umum "komunikasi bisnis" merupakan pertukaran gagasan, informasi, pendapat, serta instruksi yang mempunyai tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol simbol atau berupa sinyal sinyal. Menurut pendapat ahli yakni, Wayne Murlyn Batty dan Willam C.H. Imstreet dalam buku "Business Communication; Principles and Method", Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang dilaksanakan dalam dunia bisnis yang meliputi berbagai bentuk komunikasi baik itu komunikasi verbal maupun komunikasi non verbal.

Kegiatan yang dilakukan oleh komunikator bisnis seperti "marketing", itu merupakan kegiatan pemasaran yang tentunya terjadi komunikasi pemasaran guna untuk memasarkan suatu produk bisnis. Sebagai komunikator dalam hal memasarkan atau melakukan penjualan, maka sangat diperlukan untuk memahami yang dimaksud dengan komunikasi yang baik dan efektif. Tujuannya adalah sebagai marketing (komunikator bisnis) dapat memberikan ketertarikan terkait dengan tujuan bisnis perusahaan.

Penjelasan komunikasi bisnis

Adapun beberapa hal efektivitas komunikasi bisnis yang dapat anda ketahui yakni sebagai berikut:
  1. Persepsi.
    Sebagai komunikator harus bisa memprediksi apakah pesan yang disampaikan itu bisa diterima oleh komunikan.
  2. Ketepatan.
    Sebagai komunikan diperlukan kerangka berpikir. Tujuannya adalah komunikasi yang terjadi tepat sasaran. Hal ini, sebagai komunikator perlu untuk mengapresiasikan sesuatu yang ingin disampaikan agar, komunikan bisa lebih memahami.
  3. Kredibilitas.
    Dalam berkomunikasi, sebagai komunikator diperlukan sebuah keyakinan dan bisa menyakinkan pada komunikan supaya dapat melahirkan sebuah kepercayaan antara keduabelah pihak antara komunikator dan komunikan.
  4. Pengendalian.
    Nah, dalam proses komunikasi, tentu komunikan akan terjadi sebuah reaksi atau disebut dengan umpan balik terkait dengan pesan yang disampaikan. Tugas komunikator harus bisa mengontrol atau mengandalikan agar kesepakatan dari tujuan komunikasi tidak melenceng.
  5. Kecocokan.
    Sebagai komunikator dalam pencapaian bisnis, tentu tidak hanya fokus pada pemasaran. Artinya, hanya berhubungan selama menjalin kmunikasi bisnis semata, melainkan dapat menjaga hubungan baik dan menyenangkan dengan komunikan itu sendiri.

Baca Juga: 7 Prinsip Dasar Komunikasi Bisnis

Tujuan Komunikasi Bisnis
Secara umum, terdapat 3 tujuan komunikasi bisnis yang menjadi bahasan Irman fsp. Tujuan tersebut meliputi yakni, memberi informasi (Informing) persuasi (persuading) dan melakukan kolaborasi, (collaborating).

Berikut informasi persembahan Irman fsp terkait dengan tujuan komunikasi bisnis yakni di bawah ini:
1. Informing (menginformasikan).
Dalam hal ini memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia bisnis bagi pihak lain, misalnya seorang pemimpin perusahaan ingin mendapatkan pegawai atau karyawan yang diharapkan, maka ia memasang iklan melalui media massa, menggunakan websitus atau media sosial via internet. Tiap-tiap media memiliki kelebihan dan kekurangan dilihat dari jangkauan dan biayanya, untuk itu harus memilih media mana yang akan dipilih sesuai kebijakan perusahaan dan kemampuan internal perusahaan tersebut.

2. Persuading (melakukan persuasi).
Tujuan komunikasi bisnis yang kedua adalah melakukan atau memberikan persuasi kepada pihak lain agar yang disampaikan dapat dipahami dengan baik dan benar, hal ini sering dilakukan terutama yang berhubungan dengan penegasan konfirmasi pesanan pelanggan atau negoisasi, agar masing-masing pihak mendapatkan manfaat secara tanpa ada yang dirugikan.

3. Collaborating (berkolaborasi).
Tujuan komunikasi bisnis yang ketiga ini adalah melakukan kolaborasi atau kerja sama bisnis dengan orang lain. Dengan terciptanya jalinan komunikasi bisnis tersebut kerja sama bisnis dapat dengan mudah dilakukan. Pesatnya kemajuan teknologi komunikasi saat ini, tiap orang dapat menggunakan berbagai media telekomunikasi seperti telpon, faksimile, internet, e-mail, dan teleconference. Teknologi komunikasi tersebut amat penting untuk mempererat kerja sama bisnis.

Selain itu, tujuan komunikasi bisnis dapat dibagi menjadi tujuan umum dan tujuan khusus. Berikut informasi yang dapat anda ketahui:
  • Tujuan umum komunikasi bisnis yakni mendukung tujuan bisnis agar lebih efektif dan efisien dalam rangka memperbaiki pengelolaan bisnis.
  • Tujuan khusus komunikasi bisnis yakni menciptakan interaksi atau hubungan dalam perusahaan, hubungan antara perusahaan dengan konsumen, perusahaan dengan lembaga pemerintah, sesama dunia usaha, serta dengan lingkungan sehingga tercipta hubungan harmonis yang akan makin meningkatnya pertumbuhan bisnis.

Unsur unsur komunikasi bisnis
Komunikasi bisnis melibatkan pertukaran informasi yang terus-menerus. Lebih banyak bisnis diperluas, lebih besar tekanannya pada bisnis tersebut untuk menemukan cara komunikasi yang lebih efektif – bersama para pekerja dan dengan dunia di luar. Dengan demikian, bisnis dan komunikasi berjalan bergandengan tangan.

Dalam komunikasi bisnis terdapat enam (6) unsur pokok, yakni sebagai berikut:
  1. Memiliki tujuan, artinya komunikasi bisnis harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi.
  2. Pertukaran, dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang atau lebih yakni komunikator dan komunikan.
  3. Gagasan, opini, informasi, dan instruksi, merupakan isi dari pesan yang bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi, dan kondisinya.
  4. Menggunakan saluran personal atau impersonal yang mungkin bersifat tatap muka. Menggunakan media tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
  5. Menggunakan simbol atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang dapat dimengerti atau dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan.
  6. Pencapaian tujuan organisasi: salah satu karakteristik yang membedakan organisasi atau lembaga formal dari informasi adalah adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.

Demikian penjelasan terkait dengan komunikasi bisnis. Dalam artikel di atas sudah kami uraikan tujuan dari komunikasi bisnis serta unsur unsur dari komunikasi bisnis itu sendiri. Harapan, dengan adanya penjelasan di atas mendapatkan sumber referensi untuk pengunjung setia blog Irman fsp.

0 Response to "Tujuan dan Unsur Unsur Komunikasi Bisnis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel