5 Cara Melatih Anak Sopan Santun dan Beretika

Irman fsp | Anak tentu perlu dilatih agar menjadi anak yang baik dan sopan. Anak yang berakhlak baik tidak mungkin datang dengan sendirinya tanpa diajarkan oleh orang tua. Untuk itu, agar memiliki anak yang santun dan beretika perlu diajarkan oleh orang tua dengan cara melatihnya mulai umur 2 tahun hingga seterusnya. Tanpa diajarkan, maka anak tidak mengenal yang namanya sopan dan santun, apa lagi etika.

Anak merupakan darah dari orang tua, artinya tanpa Anda maka sudah tentu anak tidak ada. Begitu juga dengan sifat dan kelakuan anak, banyak yang mengatakan bahwa kelakukan anak tidak jauh dengan tingkah laku orang tuanya sendiri. Anggaplah itu pantun belaka, karena untuk miliki anak yang soleh dan berakhlak mulia bisa didapatkan dengan cara mengajarinya.

Cara efektif mengajarkan anak sopan santun
Poto: santrigaul,net

Anak tanpa diajari maka sudah tentu si anak tidak mengerti apa apa. Untuk itu sangat perlu melatih anak untuk menjadi anak yang sopan dan beretikan terhadap orang yang lebih dewasa, khususnya untuk orang tua. Anak yang sopan tentu dapat menghormati orang tua dan tentram serta bisa menjaga sikap. Begitu juga dengan anak yang beretika, mereka tentu bisa menghormati yang mana lebih tua dari mereka dan bisa menghargai yang mana lebih muda dari mereka.

Untuk mendapatkan anak yang bisa bersikap sopan dan santun serta beretika perlu peran orang tua untuk mengajarinya. Berikut cara mudah melatih anak agar menjadi anak yang berakhlak serta berhati mulia:
  1. Sebagai orang tua perlu mengajak anak ke tempat yang nyaman dan berilmu.
    Mengajak anak ke tempat yang nyaman tujuan memudahkan Anda melatih mereka tanpa ada godaan lingkungan. Anda bisa mengajak anak ke tempat yang menurut Anda bermanfaat dan berguna untuk anak. Misalkan mengajak anak ke masjid dengan tujuan bisa mengikuti kewajiban sesuai ajaran agama.
  2. Seringlah mengajak anak ke tempat ibadah.
    Ajaklah anak Anda ke tempat ibadah seperti masjid dan juga tempat belajar. Tidak harus mengajarkan anak, melainkan Anda yang sedang belajar dan ibadah, secara tidak langsung maka anak akan mengikutinya sendiri. Apa lagi memberi pemahaman ilmu pengetahuan untuk anak, ini juga sangat baik untuk meningkatkan pengetahuan bagi anak.
  3. Mengajarkan anak menyapa sesama umat.
    Orang tua perlu mengajarkan sibuah hati untuk saling menyapa serta salam. Agar anak merekam dan tersimpan dihatinya perbuatan baik yang Anda ajarkan. Tanpa Anda ajarkan, maka anak tidak mungkin ingat bagaimana berkelakuan baik dengan sesame umat.
  4. Mengajarkan anak berjiwa sosial.
    Untuk mendidik anak menjadi anak yang berhati mulia, maka perlu peran orang tua dalam melatihnya dari kecil. Salah satunya melatih berjiwa sosial, seperti bersedekah atau menyumbang sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain.
  5. Mengajarkan anak berbagai ilmu pengetahuan.
    Perlu Anda ketahui, untuk miliki anak yang cerdas dan juga beretika perlu berbagi ilmu dengan anak. Semisal Anda bercerita tentang orang sukses dan cara menjadi orang sukses kepada anak. Anda bisa mengajarkan anak Anda berbagai ilmu pengetahuan dan tentunya sesuai dengan daya kemampuan anak Anda. Perlu melatih anak dari kecil untuk menjadi anak yang santun dan beretika. Tanpa Anda latih, maka tidak mungkin anak menjadi sopan santun dan beretika.

Nah, dari kelima poin di atas, hanya gambaran dasar saja untuk melatih mereka menjadi anak yang santun dan beretika. Berbagi ilmu pengetahuan dengan anak serta mengajak mereka ke tampat berilmu pengetahuan merupakan cara yang mudah untuk melatih mereka agar menjadi anak yang hebat nantinya.

Demikian informasi cara sederhana melatih anak sopan dan santun sehingga anak Anda beretikan dalam kehidupan sehari hari. Anak yang santun dan beretika tentu menjadi salah satu kebanggaan bagi orang tua bukan. Untuk itu latihlah anak mulai sekarang hingga anak Anda menjadi orang yang bisa memberikan contoh kepada orang lain.

0 Response to "5 Cara Melatih Anak Sopan Santun dan Beretika"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel