Tuesday, 20 June 2017

Cara Memperoleh Kartu Indonesia Pintar (KIP)

Irman fsp | Kartu Indonesia Pintar (KIP) merupakan program nasional yang tercamtum dalam RPJMN tahun 2015 s/d 2019 dengan tujuan untuk bisa meningkatkan partisipasi pendidikan dasar hingga menengah atas. Dan selanjutnya juga dapat meningkatkan angka berlanjutnya pendidikan serta bisa menurun angka putus sekolah. Tujuan yang sangat diutamakan adalah bisa meningkatkan mutu pendidikan dengan adanya program bantuan tunai, seperti kartu KIP.

Untuk itu, bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara memperoleh kartu Indonesia pintar ini. Maka, Irman fsp akan memaparkan informasi penting ini agar Anda bisa mendapatkan kartu Indonesia Pintar (KIP). Dengan tujuan Anda sebagai orang tua/ wali atau keluarga yang belum memperoleh kartu KIP untuk anak, agar bisa diusulkan kembali oleh pihak sekolah melalui aplikasi dapodik.
Cara mengurus kartu indonesia pintar
Cara mengurus kartu KIP 2016

Nah, untuk memperoleh kartu Indonesia pintar KIP sebenarnya gampang saja. Hanya pihak yang mengusulkan kartu KIP yang akan mengusulkan nama nama baru sebagai penerima manfaat kartu KIP ini yaitu operator sekolah. Anda tentu mengetahui mengenai pekerjaan operator sekolah, mereka tidak hanya menvalidasi data guru dan siswa. Namun untuk pendataan kartu KIP akan mereka data pada aplikasi dapodik yang ada.

Berdasarkan surat edaran dari kemendikbud, Nomor: 17/ D/KU/2016 tentang pendataan kartu Indonesia pintar (KIP) pada aplikasi dapodik. Artinya bagi dipertanyakan bahwa sudahkah menerima kartu Indonesia pintar dan membawanya ke sekolah, guna untuk dimasukkan data mereka ke aplikasi dapodik.
Nah, dari informasi terkait pendataan kartu KIP, maka Anda bisa menanyakan langsung ke pihak sekolah untuk melakukan validasi data pada aplikasi dapodik. Nah, bagi Anda atau anaknya yang belum memiliki kartu Indonesia pintar, maka dapat menjumpai operator di sekolah atau menjumpai kepala sekolah agar bisa terdata kembali dan juga dapat di usulkan kembali melalui aplikasi dapodik.

Sebelum mengusulkan untuk kelayakan menerima manfaat dari kartu Indonesia pintar (KIP), maka Anda bisa mengetahui prioritas penerima kartu KIP yakni sebagai berikut:
  1. Anak usia sekolah dari 6-21 tahun tentu dari keluarga tidak mampu yang ditetapkan pemerintah pada tahun 2016
  2. Anak usia sekolah 6 – 21 tahun dari keluarga pemegang kartu KKS
  3. Anak usia sekolah 6 – 21 tahun dari keluarga pemegang kartu PKH
  4. Anak usia sekolah 6 – 21 tahun yang tinggal di panti asuhan
  5. Anak usia sekolah 6 – 21 tahun yang keluarga tersebut kesulitan ekonominya atau sedang dalam keadaan musibah berkepanjangan

Untuk itu, bagi Anda yang memang memenuhi persyaratan untuk mendapatkan kartu indonesia pintar (KIP), maka dapat diusulkan data nama nama anak didik melalui aplikasi data dapodik di sekolah dimana anak Anda terdaftar. Untuk pengusulan data anak didik guna untuk menerima manfaat program indonesia pintar (PIP), sudah ditentukan batas waktu sesuai peraturan kementerian pendidikan.

Jadi, bagi Anda yang belum mengetahui cara mengusulkan kartu KIP untuk anak didik, maka dapat menjumpai pihak sekolah atau wali kelas agar data anak didik bisa diperbaharui dan diusulkan oleh operator sekolah. Namun demikian, perlu Anda ketahui, semua data yang menurut pihak sekolah layak diusulkan, maka akan lebih cepat diusulkan agar anak didik tersebut bisa menerima manfaat PIP nantinya.

Demikian informasi cara memperoleh kartu KIP terbaru. Hal yang terpenting menurut informasi dari surat edaran kemendikbud, untuk pendaftaran paling telat tanggal 31 agustus 2016. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kita semua.


EmoticonEmoticon