Cara Menumbuhkan Semangat Belajar Pada Anak

Untuk menumbuhkan motivasi belajar anak, tentu sudah menjadi kewajiban Guru dalam hal memancing suasana kelas agar semua siswa bisa termotivasi untuk belajar. Hal ini juga sangat penting guna untuk pencapaian kinerja dalam pembelajaran siswa. Sebagai salah satu tugas, guru juga harus bisa memahami kemauan siswa agar memudahkan dalam memberi motivasi sehingga semangat belajar pada siswa meningkat.

Untuk mengetahui semangat belajar siswa baik itu meningkat atau menurun dapat dilihat pada tingkah laku mereka saat berada dalam ruang kelas. Biasanya, bagi siswa yang hilang rasa semangat dalam suasana belajar, akan sering duduk diam, mengantuk, tidak fokus pada pembelajaran, bahkan sering mengganggu kawan lainnya. Hal ini menjadi perhatian Guru agar bisa mengatasi masalah yang terjadi yakni menurunnya semangat belajar.

Motivasi belajar pada siswa SD

Nah, apa pun yang terjadi pada siswa SD, tentu akan menjadi tugas Anda sebagai Guru untuk merubah menjadi lebih baik. Tumbuhnya motivasi belajar menjadi peran aktif Guru untuk siswa atau murid SD yang merupakan anak didik Anda sendiri. Dengan adanya motivasi, maka rasa semangat belajar akan ikut serta pada pembelajaran selama di dalam kelas bahkan di luar sana.

Berikut ini sudah kami rangkul beberapa tips untuk siswa SD agar dapat meningkatkan semangat belajar di ruangan yakni di bawah ini:
  1. Memberi Hadiah
    Siapa sih yang tidak merasa senang bila mendapatkan sebuah hadiah? Kami rasa akan senang semua bila sebuah hadiah yang ditawarkan Guru bisa diraihnya. Nah, memberikan hadiah bagi siswa atau murid yang berprestasi merupakan cara yang terbaik untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa. Dengan adanya cara ini, maka semangat belajar akan tumbuh dengan cepat sehingga siswa SD menjadi gemar membaca disebabkan adanya tujuan.
  2. Memberi Perhatian
    Tidak semua siswa akan mampu menyelesaikan tugas/ PR yang diberikan. Nah, disini akan menjadi fokus orang tua serta Guru untuk memberi komentar serta masukan positif untuk anak didik sebagai siswa SD sehingga memudahkan mereka menyelesaikannya. Walaupun mereka tidak bisa menjawab, coba lah memberi semangat untuk siswa tersebut agar kedepan semangat belajar bisa meningkat.
  3. Ciptakan Kompetisi Yang positif
    Tidak hanya bagi mahasiswa yang dapat mengikuti kompetisi, melainkan untuk siswa SD pun bisa Guru berikan. Kompetisi ini akan menjadi motivasi dalam pembelajaran untuk menyelesaikan tugas. Tugas Guru hanya memberikan suatuhal yang juga berhubungan dengan pelajaran. Misalnya, pelajaran matematika. Guru cukup mencari benda benda yang disukai siswa untuk dijadikan alat hitung, dan selanjutnya pancing mereka untuk menyelesaikan kompetisi itu.
  4. Belajar Kelompok
    Belajar kelompok dalam ruang kelas juga merupakan salah satu cara untuk dapat meningkatkan semangat belajar. Berikan beberapa pertanyaan untuk dijawab oleh murid secara bergiliran. Tugas Guru hanya menilai dan memberi apresiasi terhadap jawaban mereka.
  5. Libatkan Peras Guru
    Tugas yang Guru berikan, tidak harus diselesaikan oleh siswa atau murid SD, melainkan bisa diselesaikan secara bersamaan dengan siswa itu sendiri. Tujuannya adalah memberikan gambaran untuk siswa agar memudahkan mereka untuk menjawabnya.
  6. Ciptakan Ruang Kelas Yang Menyenangkan
    Ruang kelas yang menyenangkan tentu akan lebih semangat bagi siswa dalam menyelesaikan pelajaran. Apa lagi didampingi Guru yang mampu memberikan ide ide kreatif yang bisa diselesaikan oleh siswa itu sendiri dapat menumbuhkan semangat belajar dalam hati siswa SD.
  7. Memberi Peluang Untuk Siswa
    Untuk membuat suasana belajar lebih aktif maka Guru harus memberikan peluang untuk siswa saat ada sesuatu yang bisa diselesaikan oleh siswa atau murid. Misalnya pertanyaan atau kegiatan yang tidak memberatkan bagi siswa. Hal ini menjadi salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan semangat belajar bagi siswa SD.

Dengan demikian tentu akan menjadi solusi untuk siswa yang menurunnya motivasi belajar dalam ruang kelas. Hal ini tentu menjadi metode pembelajaran yang lebih baik sehingga bisa menumbuhkan semangat belajar untuk siswa SD. Walaupun demikian, tentu menjadi peran aktif Guru sebagai tugas utama memberi perhatian, motivasi, kepedulian dan sebagainya untuk dapat meningkatkan kinerja pembelajaran pada siswa SD.

Walaupun tidak semudah yang dibayangkan, hal ini tentu akan memakan waktu sebagai metode baru untuk siswa yang menurunnya semangat belajar. Yang terpenting Guru selalu tulus memberi ilmu pengetahuan dengan cara cara yang terbaik sehingga motivasi semangat belajar tumbuh dalam jiwa siswa SD.

0 Response to "Cara Menumbuhkan Semangat Belajar Pada Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel