Cara Mudah Meredakan Emosi Pada Anak

Anak merupakan keturunan yang diberikan atau dianugerahkan oleh yang maha kuasa dalam sebuah keluarga. Selain itu juga merupakan sumber kebahagiaan bagi setiap insan yang sudah menjadi pasangan suami istri. Dari kecil tentu akan dirawat dan diberikan kasih dan sayang sepenuh hati untuk si buah hati. Lalu apa yang dilakukan orang tua, saat anak sudah masuk ke usia 3 bahkan 5 tahun. Tentu tetap memberi perhatian dan kasih sayang bukan? Nah, lalu bagaimana kalau anak Anda menjadi anak pemarah dan emosi? Bagaimana cara mengatasi anak pemarah?

Tips mengatasi anak penarah dan emosi tinggi

Hal ini tentu memerlukan perhatian untuk anak yang sedang emosi, kadang kala anak yang sedang marah marah hanya belum tercapainya keinginan si anak. Hal ini lah perlu tindakan orang tua untuk bisa meredakan emosi pada anak.

Cara Mudah Mengendalikan Emosi Anak (Anak Pemarah)
Berikut ini ada beberapa tips untuk ibu agar memudahkan mengatasi anak yang sedang marah marah tanpa menekannya:

1. Mengetahui Penyebab Anak Marah.
Perlu diketahui faktor yang bisa menyebabkan anak Anda emosi dan marah marah, terkadang ada sesuatu yang belum tercapai keinginan anak sehingga marah marah. Kadang kala ada hal lainnya yang dapat membuat anak emosi, entah karena lingkungan yang tidak nyaman, atau ada Sesuatu yang membuat anak tidak tenang. Dengan mengetahuinya, maka akan lebih mudah mencegah anak yang sedang marah marah.

2. Memberi Sikap Yang Baik Untuk Anak.
Ketika anak sedang emosi yang disebabkan oleh kemauannya belum terpenuhi, maka Anda sebagai orang tua harus bersikap baik tanpa membentaknya. Karena dengan membentak, akan lebih rumit lagi masalah yang terjadi. Untuk itu sikapi dengan baik ketika Anda tahu penyebab anak marah.

3. Memeluk Anak Dengan Erat.
Anak marah dan emosi tentu tidak mengenal tempat, kadang sedang di rumah bahkan bisa ditempat tempat keramaian. Suatu yang tidak nyaman bila anak menangis di tempat keramaian sebut saja di pasar. Menurut hemat kami, Anda cukup memeluknya dengan erat sebagai obat mujarab yang bisa mengatasi anak yang menangis.

4. Menampakkan Wajah Senyum Pada Anak.
Anak yang sedang marah tentu wajahnya cemberut bukan? Nah, sebagai orang tua tidak harus menampakkan wajah jeleknya ke anak. Lalu? Usahakan memberi senyum dengan wajah yang ceria agar anak ikut ceria.

5. Memberi Sesuatu Yang Bisa Buat Anak Sedikit Tenang.
Yang selanjutnya adalah dengan cara memberikan sesuatu ke anak agar bisa sedikit lebih tenang. Hal ini juga bisa membantu Anda serta dapat teratasi anak yang sedang marah marah.

Baca Juga: Perlukah Memarahi Anak Ketika Berbuat Salah?

Memang banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan anak marah dan emosi. Ada hal yang belum tercapainya keinginan si anak, ada juga lingkungan yang bisa membuat anak menjadi tidak nyaman. Penyebab lainnya bisa juga karena kawannya sendiri, kadang pada kawannya ada sesuatu yang dimainkan, sementara si anak belum mendapatkannya. Maka akan membangkit kemarahan anak yang tentunya membuat orang tua sedikit terganggu.

Akan tetapi bila semua penyebab itu sudah di ketahui, maka akan lebih mudah untuk meredakan kemarahan anak bahkan emosi yang tidak karuan di tempat keramaian. Dengan demikian, Anda juga akan bisa melanjutkan kegiatan harian sebagai ibu rumah tangga. Yang terpenting adalah tidak harus membentak anak, atau menekan nya, karena itu sangat bahaya bagi psikis anak ke depan.

Untuk itu buatlah cara yang bisa meredakan emosi anak tanpa harus membentaknya. Karena dengan cara yang banyak kasih sayang akan membuat anak lebih nyaman di samping orang tua. Demikian cara yang dapat kami sampaikan untuk mengatasi serta meredakan anak yang sedang marah bahkan sedang emosi. Harapan artikel ini berguna dan juga bermanfaat untuk kaum ibu yang sedang menghadapi anak marah marah.

0 Response to "Cara Mudah Meredakan Emosi Pada Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel