Ciri Ciri Guru Profesional yang bisa Anda ketahui

Irman fsp | Perlukah mengetahui ciri ciri guru yang professional? Kami rasa perlu Anda ketahui agar mengenal sosok guru yang mengajari anak Anda tidak pandang bulu. Sebagai guru sudah diwajibkan atas mereka untuk mendidik serta memberikan ilmu yang guru miliki kepada murid atau anak didik. Harus Anda ketahui, tugas guru itu sangatlah berat dalam menghadapi berbagai karakter siswa.

Untuk itu, hargailah jasa guru yang sudah mendidik Anda dalam susah payah agar menjadi murid yang berakhlak mulia. Banyak yang berpendapat guru merupakan pahlawan yang berjuang habis habisan guna untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang lebih baik dan cerdas. Banyak sekali tantangan bahkan rintangan yang guru hadapi.

contoh guru profesional
Poto: https://mgmpmatsatapmalang.wordpress.com

Berbicara guru profesional, tahukah Anda sosok guru yang demikian sangat jarang kita dapatkan. Bahkan dapat dikatakan dalam sepuluh bisa miliki satu yang benar benar profesional terhadap profesinya sebagai guru. Mengapa demikian, banyak sekali faktor yang bisa membuat guru melenceng dari tanggung jawabnya.

Pada dasarnya sedikit pemahaman terkait guru profesional yakni sosok individu (guru) yang tentunya mempunyai kewenangan dan tanggung jawab atas pendidikan sebagai tugasnya. Hal yang sangat mendasar juga tentu harus dimiliki oleh sosok individu (guru) yang profesional tentu miliki dasar kompetensi sebagai dasar wewenang serta kemampuan dalam menjalankan tugas guru.

Kemampuan serta pengetahuan, tentu menjadi pondasi dasar saat menjalankan tugas serta wewenang sebagai guru. Hal ini sudah menjadi peran dan fungsi guru dalam hal mendidik murid selama di lingkungan sekolah dimana guru di tugaskan. Oleh karena itu, hal ini juga perlu anda ketahui terkait dengan ciri ciri guru yang baik dan profesional dalam pembelajaran.

Baca Juga: Peran Penting Guru Inklusi Dilingkungan Sekolah

Ciri Ciri Guru Yang Baik dan Profesional
Berikut ini adalah ciri ciri guru yang menurut kami sangat professional dalam menjalankan tugas di bawah ini:

  1. Miliki tujuan yang jelas selama bertugas.
    Apa yang dimaksud dengan tujuan yang jelas? Perlu Anda ketahui sosok guru yang professional tentu tidak hanya sebatas menghabiskan jam dalam mendidik murid/ siswa, melainkan penuh semangat serta tahu arahnya kemana dalam sistem belajar.
  2. Miliki keterampilan.
    Ciri guru yang berkualitas tentu miliki keterampilan dalam menyampaikan sesuatu saat mengajarkan siswa. Banyak ide cerdas dan tidak terpaku pada buku atau teori.
  3. Miliki kedisiplinan.
    Hal yang tidak bisa dipungkiri, ciri ciri guru yang berkualitas tentu sangat menjaga kedisiplinan. Ia bisa menampakkan secara tidak langsung kepada anak didiknya cara belajar disiplin. Kedisiplinan yang ia terapkan merupakan sebagai contoh yang perlu diterapkan oleh anak didiknya.
  4. Mampu berkomunikasi dengan baik.
    Sosok guru yang cerdas tentu bisa membangun komunikasi yang baik dengan anak didik, tidak harus menggunakan bahasa yang susah dipahami oleh murid. Ia tentu bisa menyesuaikan bahasa yang mudah diterima oleh anak didik dalam sistem belajar.
  5. Cita cita yang tinggi terhadap murid/ siswa.
    Selalu memberikan motivasi pada anak didiknya untuk mencapai cita cita yang tinggi dalam pembelajaran. Ia tentu mampu memberi materi serta solusi yang bisa anak didiknya lakukan terkait dengan pembelajaran.
  6. Menguasai materi.
    Hal yang terpenting adalah menguasai materi. Guru yang terpacu dengan teks book merupakan guru yang belum termasuk cerdas dalam penyampaian materi dalam ruangan kelas.
  7. Miliki seni dalam pembelajaran.
    Ciri ciri guru yang profesional tentu miliki seni tersendiri saat menyampaikan materi dalam kelas. Ada saja ide serta cara ia sampaikan agar memudahkan bagi murid dalam pembelajaran.
  8. Dapat membangun hubungan baik dengan wali murid dan murid.
    Guru yang profesional juga mampu membangun hubungan yang baik dengan murid dan juga wali murid. Murid bisa ia anggap sebagai anak dan orang tua murid bisa ia anggap sebagai kawan bahkan orang tuanya juga.

Sebagai guru profesional tentu akan miliki ke delapan poin di atas, bahkan ada kebaikan serta kecerdasan yang tentunya ia miliki selama menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai guru. Guru memang banyak tantangan dan rintangan saat menjalankan tugas mereka. Selain harus menghadapi berbagai karakter anak didik juga sikap wali murid pun harus ia hadapi.

Untuk itu wajar, guru adalah pahlawan yang banyak sekali cita citanya kedepan dalam merubah pola pikir anak menjadi lebih baik. Walau demikian sosok guru yang demikian juga jarang kita dapatkan karena banyak hal serta faktor yang bisa membuat guru tidak profesional.

Namun, perlu Anda ketahui, guru profesional adalah sosok individu yang miliki keahlian serta kemampuan khusus dalam bidang keguruan (pendidikan), sehingga sosok individu (guru) ini mampu menjalankan tugas, fungsi dan tanggung jawabnya sebagai guru dengan maksimal. Ini salah satu contoh guru yang menurut hemat kami profesional dan cerdas.

0 Response to "Ciri Ciri Guru Profesional yang bisa Anda ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel