Haruskah Memarahi Anak Ketika Berbuat Salah?

Anak yang berbuat salah merupakan suatuhal yang biasa. Anak yang salah perlu diajari dan dibimbing agar anak bisa berubah dan tidak mengulanginya lagi kesalahan yang mereka buat. Untuk itu, Anda sebagai orang tuanya, tidak harus marah marah saat anak anak salah. Anak yang baru berumur 2 sampai dengan 5 tahun memang tidak ada pedoman saat mereka melakukan sesuatu.

Nah, kami rasa masih bisa dimaklumi ketika anak berbuat kesalahan. Hanya butuh bimbingan dan perlu diajarkan agar si anak tidak mengulangi lagi perbuatan yang salah. Anak perlu bimbingan yang tepat dan dengan cara yang lembut. Karena bila si mom mengajari anak dengan cara yang salah, maka anak buka berkurang sifat buruknya melainkan akan bertambah.

anak bandel
Permainan anak yang bisa membuat ibu marah
Cara Anda melakukan sesuatu dihadapan anak, itu secara tidak langsung, maka anak akan mengikutinya seiring dia meranjak berumur. Anak yang masih umur 3 tahun perlu memperlihatkan hal hal positif, karena anak akan mudah merekamnya. Lalu bagaimana bila Anda sebagai ibunya sering sekali menampakkan emosi Anda ke anak? Tentu juga akan merekamnya mom. Anak buka menjadi baik bila si ibu sering memarahinya.

Untuk itu, ingat baik baik.. sesuatu yang Anda nampakkan ke anak, maka akan menjadi pelajaran baginya. Sangat disarankan bagi kaum ibu, tidak harus memarahi si anak yang sedang berbuat kesalahan. Melainkan memberi pemahaman untuknya agar menjadi pelajaran bagi si anak. Hal yang paling mudah Anda pahami, bila si anak suka dengan permainan yang tentunya membahayakan dia, maka perlu cara menegurnya tanpa memarahinya.

Anda sebagai ibunya bisa memberikan sedikit ilustrasi ke anak tentang dampak buruk dari permainan yang dia sukai. Dan Anda pun harus bisa menggantukan permainan itu dengan permainan lainnya, agar anak tetap bisa bermain dan melanjutkan kegembiraannya. Begitu juga dengan hal lainnya, Anda tidak harus memarahinya dengan tingkah si anak. Karena apapun yang anak lakukan, itu merupakan tahap belajar bagi si anak.

Cara Menghadapi Anak Sering Berbuat Salah
Bagi anak Anda yang sering berbuat kesalahan hingga berdampak pada emosi Anda sebagai ibu, maka perlu mengikuti tips mengatasi anak yang suka buat salah sebagai berikut:
  1. Anda tidak perlu memarahi anak, walaupun mereka berbuat salah, karena tentu ada cara yang bisa mengatasinya dengan cara yang mudah. Tentu Anda harus mempersiapkan sesuatu yang anak sukai, agar si anak tidak bermain yang bisa membuat Anda marah.
  2. Perlu membimbing anak serta memberi sesuatu yang menurut Anda anak menyukainya.
  3. Berikan gambaran atau ilustrasi ke anak bila berbuat kesalahan. Misalkan anak Anda suka lempar batu. Itu merupakan perbuatan yang beresiko, namun Anda perlu memberi pemahaman dan gambaran ke anak, dampak dari permainan yang dia sukai, seperti lempar batu.
  4. Begitu juga dengan anak yang suka main kotor, Anda juga tidak harus memarahinya. Karena hanya perlu pemahaman saja ke anak dampak dari bermain kotor itu, agar anak mengerti dengan dampak buruk dari permainan itu.

Intinya, sebagai orang tua tidak harus memarahi mereka walaupun anak berbuat salah. Karena anak belum tahu apa yang sedang mereka lakukan, yang tahu hanya permainan itu bisa menyenangkan saja habis perkara. Maka dari itulah, apapun yang anak lakukan tentu perlu diberikan pemahaman dari orang tua masing masing anak.

Apa lagi dengan kelakuan anak sangat tergantung pada lingkungan, bila lingkungan Anda banyak dengan permainan yang membahayakan si anak. Maka sudah tentu anak hanya itu yang dapat dia mainkan. Coba berikan mereka permainan yang bisa terhindar dari bahaya tentu anak juga akan terhindar dari itu. Demikian cara mengatasi anak yang suka berbuat salah. Dan bagi Anda yang terlanjur memarahinya, maka untuk sekarang cobalah mengintrospeksi kembali, semoga bermanfaat.

0 Response to "Haruskah Memarahi Anak Ketika Berbuat Salah?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel