Penyebab Anak Kecil Lebih Dekat Dengan Orang Lain

Irman fsp | Kok bisa ya, anak lebih suka dengan orang lain seperti tante, nenek, bahkan bersama tetangga ketimbang dengan orang tuanya sendiri. Hal ini tentu menjadi sedikit masalah bagi keluarga Anda bukan? Tidak jarang sebagian keluarga sangat prihatin bagi si anak yang suka dengan orang lain seperti neneknya sendiri. Dan ada juga orang tua yang merasa biasa saja hal itu terjadi, pada hal ini akan menjadi masalah ketika anaknya besar nanti.

Terkadang anak merasa tertekan dengan kondisi keluarga atau kesibukan orang tuanya membuat anak merasa tidak diperhatikan. Anak sangat berperasaan hal ini, buktinya anak bisa sedih bahkan menangis ketika orang tuanya meninggalkannya untuk bekerja. Dengan kesibukan mereka, maka anak pun merasa kesepian dan butuh perhatian dari orang lain bukan. Hal inilah yang bisa menyebabkan anak terkadang lebih memilih dekat dengan nenek bahkan dengan tatennya sendiri.

Anak dekat dengan nenek dan tantenya

Suatu keunikan bagi anak yang satu ini, sebut saja “Bunga” anak yang baru berumur lebih kurang 2 tahun sangat akrap dengan tante dan neneknya sendiri. Jarang jarang lho, anak yang seumuran itu bisa akrap tanpa kangen sama orang tuanya sendiri. Anaknya tinggal di rumah nenek bahkan sampai satu minggu merasa senang tanpa teringat sama ibu dan ayahnya sendiri.

Ditanya ibu dan ayahnya sama si bunga bahkan diabaikan seakan anak ini lebih senang dengan neneknya. Bukan suatu masalah keluarga, melainkan keakraban si bunga dengan tante dan neneknya membuat kita bertanya. Mengapa tidak, kok bisa sudah 5 hari bermalam di rumah nenek namun tidak teringat sama orang tuanya sendiri.

Ayah dan ibunya juga pernah mengajak pulang, namun si bunga merasa sedih saat di pulangkan ke rumahnya. Kok bisa yaa.. itulah anak yang tangguh bisa hidup dengan nenek tanpa kasih sayang orang tua. Keunikan lainnya adalah, melihat si bunga dengan tantenya seakan akrapnya bagaikan orang tuanya sendiri, wah luar biasa bukan.

Baca Juga: Cara Mudah Meredakan Emosi Anak

Kondisi di atas menjadi satu pembahasan yang terkait anak lebih dekat dengan nenek, tante bahkan sama orang lain seperti tetangga. Untuk itu, dalam artikel ini juga sudah kami rangkul beberapa alasan yang bisa menyebabkan anak kecil lebih dekat dengan orang lain yakni sebagai berikut:
  1. Orang tua sibuk dengan pekerjaan.
    Kesibukan orang tua menjadi salah satu penyebab anak tidak betah di rumah. Hal ini juga di rasakan bunga, dan mungkin anak kecil lainnya. Tidak jarang bagi si anak merasa sangat bosan dan tidak nyaman dengan orang tuanya yang jarang didekatnya.
  2. Kurangnya kasih sayang terhadap anak.
    Dengan orang tua yang super sibuk sehingga berkurangnya kasih saya terhadap anak. Kasih sayang ini lah yang bisa menyebabkan anak lebih nyaman bersama orang lain seperti nenek dan tantenya sendiri.
  3. Anak merasa sepi.
    Anak yang aktif tentu memerlukan sesuatu dari orang tuanya yang dapat membuatnya terhibur. Hal ini juga dirasakan anak yang baru satu. Artinya dia butuh kawan, namun tidak ada sehingga merasa kesepian.
  4. Kurangnya hiburan bagi anak.
    Hiburan bagi anak tidak harus mengeluarkan biaya besar seperti membawa anak ke tempat hiburan khusus. Akan tetapi anak cukup dibawa jalan jalan atau yang bisa membuatnya tertawa.
  5. Lingkungan yang membuat anak sedih.
    Lingkungan juga bisa berdampak pada anak yang suka dengan orang lain. Anak yang dekat dengan nenek mungkin merasa tempat neneknya nyaman baginya, sehingga anak bisa lupa dengan rumahnya sendiri.

Penyebab lainnya juga bisa dari keuangan orang tuanya. Artinya dengan terbatasnya ekonomi orang tuanya bisa bikin anak ini lebih memilih tinggal dengan tante atau neneknya sendiri. Apa lagi nenek dan tantenya merasa semua yang dia butuhkan dapat dibeli olehnya. Hal ini juga menjadi salah satu faktor anak kecil bisa dekat dan akrap dengan tante dan neneknya dibandingkan dengan orang tuanya sendiri.

Itulah informasi kedekatan anak kecil dengan orang lain yang dapat membuat kita bertanya. Kok bisa ada anak yang kadang lupa dengan ibu ayahnya sendiri, seketika berada di tempat nenek. Inilah yang terjadi pada si bunga yang juga merupakan anak kecil terlalu dekat dengan tante bahkan neneknya sendiri dibandingkan dengan orang tuanya sendiri.

0 Response to "Penyebab Anak Kecil Lebih Dekat Dengan Orang Lain"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel