Peran Penting Guru Inklusi Dalam Lingkungan Sekolah

Sebelum kita ketahui peran dan fungsi guru inklusi, baiknya kita pahami dulu apa itu inklusi? Secara singkat, inklusif atau inklusi merupakan sebuah pengembangan yang dilakukan oleh individu melalui pendekatan serta mengajak tanpa memandang latar belakang budaya, agama, ras, suku, status dan lain sebagainya. Dengan demikian, keterbukaan dalam sebuah lingkungan sekolah dan masyarakat, aktivitas bisa berjalan lancar.

Hal ini dapat dikatakan, dengan adanya inklusi maka lingkungan sosial dalam masyarakat akan lebih terbuka, ramah, nyaman, serta aman tanpa hambatan dalam melaksanakan tugas maupun kegiatan dapat berjalan secara langsung tanpa ada tekanan. Lalu apa hubungannya dengan guru inklusi di lingkungan sekolah?

fungsi guru inklusi terhadap lingkungan sekolah
Poto: bisnis.com

Jelas sangat berkaitan sekali penjelasan di atas dengan peran penting guru inklusi di sekolah. Secara tidak langsung, dengan penjelasan di atas, setidaknya kita sudah tahu gambaran dan pemahaman inklusi itu sendiri. Nah, hal ini tentu harus diterapkan atau dimiliki oleh beberapa guru di lingkungan sekolah. Apa lagi dengan adanya guru khusus yang membidanginya, maka akan lebih teratasi.

Sejauh kita ketahui, lingkungan sekolah tentu individu dari siswa, masyarakat tentu memiliki karakter yang berbeda. Hal ini mengharuskan ada sosok individu yang bisa membangun komunikasi yang baik dan hubungan yang harmonis antara guru guru dan siswa maupun masyarakan. Perlu kita ketahui, sangat berperan aktif sosok individu (guru inklusi) dalam lingkungan sekolah.

Karena guru khusus tentu sudah sangat paham dengan perkembangan lingkungan bahkan perbedaan lainnya. Dengan demikian guru inklusi ini bisa menimalisir akan datangnya kekacauan di lingkungan sekolah. Dan ia pun mampu membangun lingkungan yang ramah, nyaman, aman dan bisa menjaga satu sama lain dengan keterbukaan.

Peran dan Fungsi Guru Inklusi di Lingkungan Sekolah
Perlu Anda ketahui, di sekolah tentu banyak sekali perbedaan karakter murid atau siswa. Dari yang cakap hingga ada yang nakal, dan dari normal ada juga yang up normal. Tugas guru khusus ini tentu akan membangun sebuah hubungan baik antara guru dengan anak didiknya. Dengan adanya guru khusus atau pendidikan inklusi, maka sistem layanan pendidikan akan mengikut sertakan anak didik yang berkebutuhan khusus.

Seperti anak yang miliki keterbatasan (up normal) maka dengan adanya pendidikan inklusi ini bisa mengikuti sistem pembelajaran sama halnya dengan anak didik lainnya. Artinya anak penyandang disabilitas tetap bisa fokus dan mengikuti pelajaran sekolah yang akan dibimbing langsung oleh guru inklusi ini.

Apa manfaatnya bagi lingkungan sekolah bahkan masyarakat dengan adanya pendidikan inklusi? Berikut informasinya:
  1. Sebagaimana kami paparkan di atas, dengan adanya pendidikan khusus atau guru khusus, maka murid/ siswa bisa mengikut sertakan sistem pembelajaran yang ada. Karena anak didik ini akan dipandu atau dibimbing langsung oleh guru khusus.
  2. Perlu Anda ketahui manfaat pendidikan inklusi ini tentu bisa membangun kesadaran serta dapat menghilangkan sikap yang diskriminatif.
  3. Dengan adanya pendidikan (guru inklusi) bisa terhindar dari hambatan perbedaan sosial, budaya, agama, ras dan lain sebagainya dalam menyelenggarakan pendidikan.
  4. Dengan adanya guru khusus ini mampu bekerja sama dengan masyarakat agar bisa membangun mutu pendidikan untuk masa depan anak didik.

Dalam masyarakat tentu harus diperkuatkan inklusi itu sendiri, agar bisa sama sama menjaga perkembangan sekolah. Sebagai masyarakat inklusi juga bertanggung jawab serta mendukung perkembangan mutu pendidikan, serta saling membantu dan bertanggung jawab atas perkembangan pendidikan yang ada dilingkungan kita.

Demikian peran dan fungsi guru inklusi atau pendidikan inklusi di lingkungan masyarakat. Kegiatan kegiatan inklusi ini tentu dampak manfaatnya sangat jelas terhadap anak didik bahkan untuk lingkungan masyarakat itu sendiri. Maka dari itu, dukunglah kemajuan serta perkembangan pendidikan anak.

0 Response to "Peran Penting Guru Inklusi Dalam Lingkungan Sekolah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel