Solusi Bagi Orang Tua Yang Miliki Anak Malas Membaca

Irman fsp | Anak merupakan anugerah Allah SWT yang menjadi tanggung jawab orang tua. Anak juga menjadi penerus bahkan aset untuk Anda nantinya. Lalu apa jadinya bila anak Anda menjadi anak yang ketinggalan ilmu pengetahuan? Hal ini menjadi pertimbangan Anda sebagai orang tua. Jadikan Anak sebuah cita cita yang bisa dibanggakan bahkan bermanfaat untuk bangsa. Untuk itu perlu Anda awasi dari sekarang hingga menjadi dewasa kelak.

Anak yang gemar membaca sudah tentu berwawasan luas dan juga berpengetahuan. Hal ini menjadi dasar anak untuk menjadi seseorang tentu diawali dengan gemar membaca. Bayangkan bagi Anda yang mempunyai anak malas membaca serta belajar. Apa jadinya dikemudian hari? Untuk itu, sebagai orang tua perlu membujuk anak agar gemar membaca. Untuk anak yang pemalas tentu juga ada solusi agar mereka menjadi gemar membaca.

cara mendidik anak agar gemar membaca
Anak malas belajar, jangan Anda biarkan
Poto: mataibu,com

Anak mempunyai karakter yang berbeda beda. Hal ini juga didasari faktor keluarga dan juga pengaruh lingkungan. Karakter anak juga bisa kita baca melalui lingkup kehidupan keluarga. Artinya bila keluarga kurang berwawasan dan juga pendidikan, maka sudah tentu anak bisa diukur. Hal ini sama seperti pepatah bilang. Buah tidak jauh dengan pohonnya.sangat dalam sekali yaa.. heheeheee itu lah kenyataan.

Namun, masalah ini bisa teratasi bila Anda sebagai orang tua mau untuk merubah nasib bahkan latarbelakang dengan cara belajar dan membaca. Jangan merasa kehidupan serba keterbatasan, maka kemampuan juga sudah ada batasnya. Buang jauh jauh argument demikian. Karena nasib seseorang tidak ada yang bisa meramalkan. Bahkan rezeki sekalipun tidak bisa kita ukur dengan latarbelakang kehidupan. Okee,, kembali ke laptop hheee

Faktor utama yang bisa menyebabkan anak menjadi malas membaca dapat dikarenakan sebagai berikut:
  1. Kurang perhatian orang tua terhadap anak
  2. Tidak mengajak anak untuk membaca
  3. Terlalu memanjakan anak dengan permainan yang ada
  4. Tidak mengatur jadwal belajar sehingga anak lalai sendiri
  5. Lingkungan yang kurang mendukung buat anak untuk belajar

Hal ini tentu membuat anak Anda akan menjadi malas bahkan sangat jarang sekali untuk membuka buku. Apa lagi didukung dengan lingkungan yang tentunya sibuk dengan permainan yang ada. Faktor lainnya yang sangat mendukung anak lalai dengan kesibukan mereka adalah perhatian orang tua. Sebenarnya orang tua menjadi peran utama dalam memotivasikan anak untuk belajar dan juga membaca.

Nah, harus Anda sadari, bila Anda juga sibuk dengan pekerjaan baik itu pekerjaan rumah, maupun kantoran atau seorang ibu rumah tangga karir, sudah tentu anak Anda juga sibuk dengan permainannya sendiri. Sadar atau tidak, bila ini Anda biarkan, maka sudah tentu si anak tidak akan memegang buku bahkan menjadi anak yang gemar membaca.

Solusi untuk orang tua yang ingin menjadikan anak sebagai penerus bangsa yang tentunya bisa membanggakan orang tua yakni sebagai berikut:
  1. Mengajak anak membaca buku
  2. Mengajak anak ke toko buku
  3. Mengajak anak mengerjakan PR
  4. Memberikan peluang untuk anak dalam memilih buku
  5. Mengatur jadwal belajar untuk si anak
  6. Menjanjikan memberikan hadiah bila si anak gemar membaca
  7. Memberikan hadiah saat si anak berprestasi
  8. Memberikan sesuatu yang disukainya saat mencapai apa yang diinginkan

Sebagai faktor pendukung, Anda sebagai orang tua harus menepati janji dengan anak agar mereka fokus pada belajar dan membaca. Tujuan semua ini tentu untuk si anak agar mereka suka membaca serta belajar. Maka dari itu, tidak salah mengorbankan sesuatu untuk anak agar mereka menjadi orang yang dibanggakan.

Anak memang identik dengan bermain. Apa lagi lingkungan yang mendukung, tentu membuat si anak lupa dengan belajar dan membaca. Maka dari iti, perlu peran Anda sebagai orang tua agar anak bisa gemar membaca serta belajar. Dengan tujuan dapat membanggakan nantinya saat mereka besar. Demikian cara mendidik anak agar gemar membaca.

0 Response to "Solusi Bagi Orang Tua Yang Miliki Anak Malas Membaca"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel