Anak Anda Pemalu? Ini Solusinya

Memang, tanpa kita sadari karakter anak kita terkadang jauh berbeda dengan orang tua. Orang tua yang aktif dalam segala bidang belum tentu bisa dimiliki oleh anak tanpa melatihnya dari kecil. Lalu bagaimana dengan anak Anda yang miliki sifat pemalu? Memang ada sisi baiknya, namun disisi lain anak pemalu tentu sudah mendapatkan teman. Sehingga banyak anak pemalu yang menyendiri.

Miliki anak pemalu tentu menjadi perhatian orang tua. Karena tanpa Anda peduli, maka anak Anda akan minder untuk melakukan sesuatu. Katakanlah anak Anda sudah sekolah masih menduduki bangku SD. Sementara sebagian temannya aktif dalam belajar kelompok bahkan bisa bermain di halaman sekolah bersama teman teman. Lalu bagaimana dengan anak Anda?

Cara mengatasi anak yang miliki rasa malu
Poto: http://media.mbigroup.co.id/

Hal inilah perlu perhatian orang tua terhadap anak yang miliki sifat pemalu. Karena bagi anak yang miliki sifat pemalu tentu merasa minder untuk bergabung dengan teman sekolahnya bukan. Padahal mereka satu sekolah bahkan satu bangku di sekolah. Bukan diabaikan anak Anda oleh teman lainnya, hanya karena malu, maka merasa minder untuk bergabung dengan mereka.

Untuk itu, perlu membimbingnya dengan cara mengajari anak agar tidak malu saat bermain dan belajar kelompok dengan temannya. Hal ini tentu perlu langkah awal agar anak bisa membiasakan dan hilang rasa malu saat berada bersama temannya.

Berikut kami sampaikan cara mengatasi anak pemalu dengan cara mendidiknya:
  1. Melatih anak berkomunikasi aktif.
    Penting sekali Anda sebagai orang tua bisa membiasakan anak aktif dalam komunikasi, baik itu komunikasi kelompok maupun komunikasi dengan diri sendiri. Tahukah Anda bagaimana cara berkomunikasi dengan diri sendiri? Ini merupakan aktivitas atau kegiatan normal, caranya biasakan anak yang pemalu berbicara sendiri dihadapan cermin.Tujuannya hanya membiasakan agar rasa malu yang ada bisa hilang.
    Selanjutnya adalah membiasakan aktif dalam kelompok, hal ini tentu harus Anda dampingi bagi anak yang miliki rasa malu. Baiknya Anda sebagai orang tua selalu mengedepankannya saat ada sesuatu dalam kelompok. Misalnya ada pertanyaan yang harus dijawab oleh anak anak, maka tugas Anda sebagai orang tua merespon secepatnya dengan cara menyampaikan sesuatu kepadanya. Misalnya: “ayo nak kamu pasti bisa, anak bunda kan semalam baru belajar tu”. Cara ini hanya memancing emosional anak agar bisa semangat dan respon cepat.
  2. Melatih anak bermain kelompok.
    Sebenarnya anak tidak harus dilatih untuk bermain, karena miliki anak pemalu, maka mengharuskan Anda untuk bisa mendampinginya saat bermain bersama teman teman. Perlu Anda sadari, tanpa memberi perhatian khusus untuk anak yang sifatnya pemalu, maka anak akan merasa minder untuk aktif dalam kelompok saat bermain.
  3. Melatih anak murah senyum dan menyapa.
    Senyum adalah sedekah, anak pemalu biasanya banyak cemberut. Untuk itu, Anda juga harus berperan aktif saat anak Anda berjumpa dengan teman temannya. Anda harus menyuruh si anak agar bisa menyapa dan memberi senyum pada teman temannya.
    Tujuannya agar temannya merasa dihargai dan nyaman saat bertemu dengan temannya. Dengan demikian mereka ada kesempatan untuk mengajak anak Anda bermain bersama mereka. Dengan demikian tentu anak Anda sudah miliki satu teman, hal ini tentu memudahkan anak Anda mendekati teman lainnya.

Sebagai anak pemalu memang tidak mudah mendidiknya sebagaimana membalikkan telapak tangan. Hal ini tentu butuh proses dan tahapan agar anak Anda pemalu bisa aktif dalam kelompok bersama teman temannya yang lain. Selain perlu dibimbing juga mengharuskan orang tuanya mendampingi anak selama proses belajar.

Cara ini paling satu hingga dua bulan saja sudah terhindar dari sifat malunya. Artinya anak Anda yang pemalu bisa aktif sebagaimana anak lainnya. Kami rasa sangat mudah untuk mengatasi anak yang miliki sifat pemalu. Cara ini juga solusi yang efektif untuk mengatasi anak yang pemalu. Untuk itu, hal yang terpenting Anda sebagai orang tua mau mengajari dan mendampingi anak selama miliki rasa malu.

Demikian cara mengatasi anak yang miliki sifat pemalu. Dengan adanya artikel ini harapan kami si bunda bisa merasa lega dan bisa membantu hingga anak yang pemalu bisa aktif dalam kelompok teman sekolahnya.

0 Response to "Anak Anda Pemalu? Ini Solusinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel