Tips Memilih Jurusan Pendidikan Yang Tepat Saat Masuk Perguruan Tinggi

Irman fsp | Banyak yang salah pilih jurusan saat masuk perguruan tinggi disebabkan hanya ikut ikutan saja. Harus Anda ketahui, memilih jurusan yang salah membuat anak Anda salah jalur nantinya. Untuk itu, perlu melihat tingkah laku dan kebiasaan anak di masa sekolah. Hal ini banyak yang menganggap sepele, yang penting anak bisa melanjutkan sekolah hingga ke perguruan tinggi. Untuk anak yang ingin tidak sesat pada saat melanjutkan sekolah, maka pilihlah jurusan yang sesuai dengan keinginan serta kemampuan anak.

Anak terkadang memilih jurusan hanya sebatas suka dengan penampilan dan banyak kawan. Hal ini sangat disayangkan nantinya, bila anak salah jalur. Maka dari itu, memilih jurusan di perguruan tinggi perlu menyesuaikan kemampuan anak dan kebiasaan anak semasa sekolahnya. Tujuannya adalah agar anak selaras dalam kemampuan pendidikan.

cara memilih jurusan kuliah
Tips memilih jurusan masuk perguruan tinggi
Poto: okezone

Untuk contoh kecil saja, bila anak Anda suka dengan memasak, maka sudah tentu memilih jurusan tataboga. Begitu juga dengan kebiasaan mengatur, maka berikan dia jurusan manajemen agar anak Anda benar benar mahir dalam mengatur sesuatu. Maka dari itulah pilihlah jurusan yang sesuai dengan kebiasaan anak semasa sekolah, agar jurusan yang dia pilah menjadi jurusan yang tepat untuk anak.

Berbicara jurusan, banyak sekali jurusan di perguruan tinggi, ada jurusan kedokteran, komunikasi, teknik, psikologi, keguruan dan lain sebagainya. Nah, dengan banyak jurusan yang ada, maka Anda sebagai orang tua juga harus ikut berperan dalam memilih jurusan untuk anak. Selain memberi dukungan juga memberi semangat saat anak hendak memilih jurusan yang ada.

Untuk lebih tepat agar Anda tidak menyesal nantinya saat memilih jurusan diperkuliahan, dari itu Irman fsp memberi tips yang tepat dalam memilih jurusan kuliah sebagai berikut:
  1. Bagi Anda yang ingin melanjutkan jenjang sekolah, maka perlu tahu apa kesukaan Anda di masa sekolah sebelumnya. Tujuan agar tepat memilih jurusan.
  2. Bagi Anda yang suka dengan guru, maka pilihlah jurusan keguruan agar Anda bila mengambil peran seorang guru nantinya.
  3. Jangan memilih jurusan hanya karena banyak kawan yang mengambil jurusan yang ada. Tentukan pilihan Anda sendiri, agar pilihan jurusan yang Anda ambil benar benar tepat dan sesuai dengan kemampuan Anda.
  4. Sebelum memilih jurusan, baiknya berdiskusi dengan orang tua bahkan dengan sahabat Anda sendiri, tujuan jurusan yang menjadi pilihan sesuai dengan latar belakang Anda.
  5. Jadikan pilihan jurusan menjadi motivasi dan kesukaan Anda, agar semangat belajar bisa meningkat.

Kami rasa, apapun pilihan jurusan yang terpenting bisa membuahkan hasil. Artinya jangan hanya suka memilih melainkan juga termotivasi untuk Anda sendiri saat belajar di bangku kuliah nantinya. Belajarlah yang giat agar Anda menjadi pahlawan untuk bangsa dan negara. Teritama untuk orang tua agar bisa menjadi kebanggaan mereka nantinya.

0 Response to "Tips Memilih Jurusan Pendidikan Yang Tepat Saat Masuk Perguruan Tinggi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel