Cara Mendidik Anak Agar Pintar Dan Cerdas

Mendidik anak agar lebih pintar tentu menjadi peran utama bagi orang tua dalam mengajarkan, membimbing, serta melakukan pendekatan dengan si anak. Tanpa melakukan hubungan yang baik dengan anak, maka sudah tentu anak Anda akan menjadi keras kepala. Khusus anak tingkat SD yang mengharuskan orang tua lebih berperan aktif dalam sisi mendidik terlepas mereka dalam didikan sekolah.

Harus Anda ketahui bahwa, guru di sekolah hanya mengajarkan anak Anda dan sedikit mendidik. Mengajar dan mendidik tentu jauh berbeda, karena mendidik tidak hanya menyampaikan informasi informasi yang ada pada buku, melainkan juga tutur bahasa serta cara Anda memberi kasih sayang kepada anak tersebut. Jadi, agar bisa mencerdaskan si anak, maka butuh perhatian juga dari orang tua.

Mengajarkan hanya sebatas informasi yang ada pada buku serta ilmu yang guru pelajari menjadi pelajaran bagi anak secara disampaikan saat pembelajaran. Untuk itu, perlu didikan anak diluar jam sekolah, agar anak Anda lebih pintar serta berwawasan luas. Hal ini tentu memerlukan kasih sayang serta perhatian seorang ibu terhadap anak.

Tips mendidik anak dalam keluarga
Poto: cintankri,com

Untuk menjadikan si anak agar lebih pintar dari pada anak orang lain, maka perlu didikan rumah tangga. Artinya Anda sebagai orang tua perlu mengajarkan serta mendidik mereka diluar jam sekolah, seperti pada malam hari.

Baca Juga: 5 Cara Melatih Anak Sopan Santun dan Beretika

Cara Mendidk Anak
Lalu bagaimana cara mendidik anak agar bisa menjadi anak yang cerdas juga anak pintar? Berikut tips mendidik anak dalam keluarga tentunya bisa bunda lakukan:
  1. Mengajak anak belajar dan membaca
    Mengajak anak belajar serta membaca dengan tujuan anak Anda menjadi anak yang pintar. Hal ini tentu menjadi peran Anda sebagai orang tua untuk bisa membujuk anak agar gemar membaca buku. Selanjutnya tidak lepas dari pada membaca, anak juga harus diberikan peluang untuk bisa belajar hal hal baru diluar apa yang mereka belajar.
  2. Mengajak anak bermain atau berlibur
    Bermain merupakan kesukaan si anak, hal ini harus bisa Anda batasi untuk bisa fokus apa yang sedang mereka buat. Seperti halnya permainan yang berhubungan dengan pembelajaran. Ini menjadi tugas orang tua untuk memberi peluang bermain agar anak tidak stress. Anak juga perlu berlibur ditempat yang berbeda guna untuk mendapatkan wawasan yang lebih luas.
  3. Mengajak anak bekerja
    Bekerja dalam kontek tidak keluar dari sisi mendidik. Artinya Anda sebagai orang tua harus lebih jeli dalam mengajak anak untuk bekerja. Bekerja yang dimaksud disini adalah seperti mengerjakan PR, menyampul buku, merapikan ruangan dan sebagainya. Tujuannya adalah agar anak Anda bisa patuh dan rajin dalam mengerjakan sesuatu seperti tugas sekolah. Selain anak tidak manja, juga melatih si anak lebih mandiri.

Ke tiga poin di atas tentu tidak lepas dari dampingan Anda sebagai orang tua. Hal ini selain mendidik si anak menjadi mandiri juga membuka wawasan untuk anak agar lebih dewasa. Hal ini juga memerlukan tahap demi tahap sebagai pembelajaran untuk anak. Sehingga anak lebih pintar dan cerdas.

Kebiasaan buruk dari orang tua sehingga anak tidak berwawasan serta menjadi anak yang tidak sopan terhadap orang tua yakni berikut ini:
  1. Kurang perhatian terhadap anak
  2. Sibuk dengan pekerjaan tanpa ada kepedulian terhadap anak
  3. Jarang berkomunikasi dengan anak
  4. Hanya berharap didikan di sekolahnya saja
  5. Jarang berkumpul dengan anak

Untuk memiliki anak yang pintar tentu memerlukan perhatian serta kasih saya ibu terhadap anak. Bila ini jarang dirasakan anak, maka sudah tentu anak menjadi tidak sopan, kurang berwawasan bahkan menjadi anak yang pintar. Demikian tips mendidik anak agar lebih berwawasan dan berpendidikan.

0 Response to "Cara Mendidik Anak Agar Pintar Dan Cerdas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel