Tips Mendidik Anak Yang Super Bandel Di Sekolah

Irman fsp | Guru merupakan ujung tombak bagi anak didik. Anak didik yang ada di sekolah tentu berbeda karakter ada yang sopan dan patuh, da nada juga yang keras kepala hingga membuat guru pusing tujuh keliling dalam memberi pembelajaran terhadap anak didik yang super bandel atau anak didik yang nakal. Sebagai guru sudah menjadi kewajiban dalam hal mendidik serta mengajar. Namun bagaimana dengan anak didik yang nakal bahkan sangat bandel?

Anak yang nakal tentu menjadi prioritas bagi guru di sekolah guna untuk memberi perhatian lebih bahkan membimbingnya mereka lebih dari anak didik lainnya. Banyak juga guru yang habis akal dalam untuk menghadapi anak didik yang bandel. Namun, karena sudah menjadi kewajiban, maka perlu cara jitu untuk menghadapi anak didik yang bandel guna mudah untuk dididik.

cara mendidik anak nakal
Anak yang nakal butuh guru khusus untuk memdidik mereka
Poto: koran-sindo,com

Mengingat ere sekarang yang memungkinkan sedikit bertolak belakang dengan cara mendidik anak. Maka gurupun agak ragu dalam menghadapi anak yang kenakalannya melebihi. Namun, hal ini tidak bisa dibiarkan, karena bila si anak tidak ada pembelajaran khusus, maka kedepan akan lebih parah dalam hal memberi pelajaran untuk anak didik yang nakal.

Banyak kasus yang kita ketahui, bahwa anak didik yang nakal dibiarkan, mengingat takut dengan komplain orang tua murid dengan pelanggaran HAM. Pada hal, guru sudah memahami betul bagaimana cara mendidik anak mereka agar menjadi anak yang sopan dan pintar. Untuk itu, mengingat sekarang sudah ada program inklusif di sekolah, maka tidak ada alasan bagi guru yang tidak mampu mendidik anak baik itu anak upnormal, normal, bahkan anak yang kenakalannya luar biasapun harus guru hadapi.

Baca Juga: 5 Cara Melatih Anak Sopan Santun dan Beretika

Hal ini tentu memerlukan tips agar guru memudahkan dalam memberikan pelajaran serta mendidik anak yang nakal menjadi sopan dan pintar. Berikut cara mudah mendidik anak nakal di perkarangan sekolah dasar (SD) yakni sebagai berikut:
  1. Mengikuti cara anak tersebut apa yang diinginkan
    Sebagai guru harus mampu memahami sifat anak didik apa lagi khusus anak didik yang nakal. Tujuannya memudahkan guru untuk dekat dengannya. Karena dengan melakukan kedekatan dengan anak didik yang bandel menjadi satu jalan untuk merubah sikap anak didik yang nakal.
  2. Memberi peluang kemauan anak didik
    Untuk yang ke dua, Anda seorang guru harus bisa memberi peluang ntuk anak didik yang nakal agar bisa melihat kemauan mereka. Disaat Anda tahu, kemauannya apa, maka tugas Anda sebagai guru memberi tugas sekolah yang menurut Anda mereka sukai.
  3. Memberi perhatian lebih kepada anak didik yang bandel
    Seorang guru juga harus mampu meluangkan waktu yang lebih untuk anak didik yang bandel. Apa lagi Anda seorang guru inklusif, hal ini sangat memalukan bila tidak bisa mengatasi anak didik seperti ini. Toh Anda sudah pernah mengikuti pelatihan khusus cara bagaimana menghadapi anak didik yang demikian.
  4. Mengajak anak didik belajar diluar ruangan sekolah
    Nah, selain dapat memberi perhatian lebih, Anda juga harus mampu mengajak anak didik yang bandel belajar di luar ruangan. Atau bisa mengajak mereka mengajar pada jam jam tertentu, karena pikiran mereka sudah tentu jauh berbeda dengan anak didik lainnya.
  5. Memberikan tugas kesukaan anak yang nakal
    Yang terakhir, bagi anak didik yang super nakal, sebenarnya tidak harus dipaksakan belajar diruangan dengan teori yang ada. Mereka cukup memberi pelajaran diluar pata pelajaran yang ada. Artinya guru bisa memberikan mereka tugas yang ada di sekolah, misalnya mengajak mereka bersih bersih, mengatur ruangan agar terlihat lebih rapi. Secara tidak langsung guru sudah mengajarkan mereka cara meningkatkan budaya kebersihan dan kerapian.

Untuk itu, perlu memahami anak didik yang ada di sekolah dimana Anda mengajar. Tidak perlu memberi tugas yang ada dibuku bahkan belajar yang ada dibuku untuk anak didik yang seperti ini. Cukup mengajarkan mereka tatakrama dan kesopanan diluar ruangan. Hal ini juga memerlukan cara cara yang membuat anak didik terhibur dan tidak tertekan.

Demikian cara mendidik anak yang bandel atau nakal di sekolah. Kami rasa cukup dengan cara dan trik dalam menghadapi anak anak yang nakal. Intinya Anda tidak harus bosan dan benci ke anak didik yang nakal. Bisa mengajak guru yang menurut anak nyaman dengannya untuk memberi pelajaran dan didikan khusus terhadap anak didik yang nakal ini.

0 Response to "Tips Mendidik Anak Yang Super Bandel Di Sekolah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel