Kamis, 06 Juli 2017

Alasan dan Penyebab Baterai Laptop Cepat Soak

Irman fsp | Hello sahabat pengunjung setia kami. Pada artikel sebelumnya sudah saya bagikan informasi cara merawat baterai laptop. Namun, pada kesempatan ini juga saya ikut melengkapi artikel sebelumnya dengan cara membagikan kembali informasi penyebab atau alasan baterai laptop cepat rusak. Mungkin, baterai yang cepat soak ini banyak yang mengalaminya bukan? Oleh karena itu, pada artikel ini saya bagikan info lengkap penyebab baterai laptop anda soak bahkan bisa rusak.

Bagi anda yang baru sebulan atau 6 bulan yang lalu membeli laptop, maka baterainya tentu bagus dan masih kuat. Namun, bagi mereka yang sudah menggunakan laptop lebih kurang 5 tahun, apakah baterai laptop anda juga tidak ada kendala? bila iya, maka anda sudah mengikuti tips merawat baterai laptop tetap awet dan tahan lama buka? Mungkin tidak di blog ini, namun pada artikel yang ada di blog yang lain.

Ini alasan baterai laptop dan notebook cepat rusak

Kebanyakan pengguna laptop sudah mencapai 2 tahun tentu ada saja kendala yang dialami mereka. Salah satunya baterai soak atau bisa juga rusak. Hal ini juga biasa terjadi bagi mereka yang full menggunakan laptop. Karena salah satu alat teknologi ini sudah dijadikan sebagai fasilitas untuk menyelesaikan tugas atau suatu pekerjaan. Namun demikian, ada juga yang bekerja full di depan laptop, akan tetapi batrai laptop yang iya gunakan tetap utuh dan baik baik saja. Kenapa?

Ini tentu ada perawatan khusus yang menurut mereka dengan menjaga baterai, maka menggunakan laptop pun bisa lebih nyaman, dibandingkan dengan cara menggunakan charger only, alias menghidupkan laptop harus duluan di cas. Kalau tidak, maka laptop pun tidak bisa hidup dikarenakan baterai soak.

Ada satu pertanyaan. Berapa lama normal baterai bertahan dimulai dari 100% sampai 15% untuk laptop 4 tahun ke atas? Ayo berapa lama daya tahan baterai laptop kawan kawan? Menurut saya, normal dalam rata rata adalah 2 samapi 2.5 jam. Selanjutnya, diharuskan menggunakan charger untuk mengisi kembali baterai.

Namun, bagi laptop yang tidak tahan sampai 2 jam. Maka, baterai laptop tersebut sudah bermasalah. Hal ini bisa jadi rusak bahkan soak baterai. Untuk itu, kenali penyebab baterai laptop anda cepat soak atau bisa rusak.

Baca Juga: Cara Merawat Baterai Laptop dan Notebook

Berikut informasi penyebab baterai laptop cepat soak dan rusak yakni di bawah ini:
  1. Gonta Ganti Charger Laptop.
    Penyebab utama adalah keseringan menggunakan charger yang merupakan bukan miliknya sendiri. Charger laptop sudah dibuat khusus untuk tipe laptop, ya walaupun bisa digunakan charger laptop lainnya. Sebagai contoh, saya menggunakan merk laptop acer. Secara kebetulan, saya pun lupa bawa charger, dan ada charger kawan sesuai dengan laptop kita gunakan beda tipe. Nah, keseringan menggunakan charger tipe lain bahkan sering gonta ganti charger tentu bisa berdampak pada soak baterai.
  2. Menggunakan Laptop Berlebihan.
    Laptop adalah mesin yang diciptakan oleh manusia untuk dapat memudahkan manusia sendiri dalam hal melakukan pekerjaan. Namun, perlu anda ketahui bahwa, menggunakan laptop yang berlebihan juga bisa merusakkan baterai bahkan laptop itu sendiri. Hal ini disebabkan menggunakan laptop atau notebook diluar kewajaran. Sehingga daya tahan laptop tersebut cepat melemah.
  3. Sering Main Game.
    Nah, hal ini juga sering dilakukan oleh penggemar game. Saya juga demikian. Namun, saya batasi guna untuk menjaga baterai agar tetap awet dan tahan lama. Menggunakan laptop khusus main game yang berjam jam. Maka, bisa merusak baterai bahkan bisa cepat soak baterai laptop anda.
  4. Menggunakan Laptop Tidak Pada Tempat Yang wajar.
    Mungkin, hal ini sering dilakukan oleh pihak cewek kali ya. Menggunakan laptop ditempat yang tidak wajar seperti di atas spring bed, kasur, atau bahan empuk lainnya. Hal ini bisa menyebabkan laptop cepat panas, dan sangat berbahaya khususnya untuk kekuatan baterai. Tidak hanya itu, menggunakan cara ini juga bisa menyebabkan kebakaran.
  5. Membiarkan Baterai Laptop Kosong.
    Gara gara kemalasan kita sendiri juga dapat menyebabkan baterai laptop cepat soak bahkan bisa rusak. Mengapa? karena banyak diantara kita membiarkan laptop mati dengan keadaan baterai kosong. Bahkan sering terjadi saat menonton atau melakukan suatu pekerjaan. Saat baterai habis, malas untuk mencolok charger alhasil laptop pun mati. Hal ini juga sering dibiarkan bukan? Padahal ini juga salah satu penyebab baterai cepat rusak.

Kesimpulan
Untuk itu, bagi anda yang sudah tahu penyebab baterai cepat soak dan rusak. Maka, mulai sekarang jangan biarkan laptop anda bekerja diluar kapasitas, main game yang berlebihan, ganti ganti charger, bahkan membiarkan baterai kosong. Hal ini adalah bagian dari pemicu baterai laptop anda cepat rusak dan soak.

Demikian sekilas informasi alasan serta penyebab baterai laptop anda bisa cepat rusak dan soak. Mungkin, ada hal hal lainnya yang bisa menyebabkan baterai cepat rusak dan belum saya sebutkan, cukup meninggalkan komentar anda pada kolom komentar blog Irman fsp. Dan bila artikel ini berguna dan bermanfaat, maka sangat kami rekomendasikan untuk dibagikan pada media sosial lainnya agar teman anda yang lain juga bisa ikut mengetahui.

2 komentar

terkadang bikin bt juga jika pas keadaan penting malah lowbat, jadi memang harus bijak dalam pengunaanya supaya baterai laptop tidak cepat rusak yah mas.

Benar om, memang bagi yang tidak ada jadwal khusus untuk menggunakan laptop tidak kuatir dengan baterai soak. Tapi coba aja untuk sebagian yang menggunakan laptop untuk bisnis seperti ada presentasi atau semacam diskusi kelompok menggunakan laptop, tentu akan kualahan bukan. Oleh karena itulah, perlu menjaga laptop dengan cara menghindari hal hal yang bisa menyebabkan baterai soak bahkan rusak hehhe..
Thank you om, sudah mau berkunjung...


EmoticonEmoticon