Rabu, 05 Juli 2017

Cara Merawat Baterai Laptop dan Notebook

Irman fsp | Hai sahabat pengunjung kami dimana pun anda berada, pada kesempatan ini saya bagikan informasi terkait dengan cara merawat baterai laptop agar tetap awet. Sejauh ini, kebanyakan dari pengguna laptop maupun notebook kendala pada baterai yang cepat soak. Untuk itu, kenali cara mudah merawat baterai hingga tahan lama.

Kebanyakan laptop sering soak baterai disebabkan oleh sering main game bahkan bisa jadi dari kualitas baterai itu sendiri. Sebagai pengalaman saya sendiri sampai sekarang sudah dua laptop merk acer saya gunakan. Sudah hampir tujuh (7) tahun baterai laptop saya masuh utuh dan tahan lama. Padahal dulu juga sering main game.

Cara menjaga baterai laptop agar tahan lama dan awet

Mengapa baterai bisa tahan lama tanpa terkendala pada baterai yang soak? Itu dikarenakan merawat dengan baik dan menjaga laptop dari kerusakan lainnya. Bagi anda yang sering mengalami kendala pada baterai laptop maupun notebook, berikut cara mudah dan simpel merawat baterai laptop agar tetap awet yakni di bawah ini:
  1. Selama menggunakan laptop, pastikan baterai penuh dan selalu memantau persen baterai laptop sendiri.
  2. Jangan keseringan menggunakan laptop saat sedang di cas.
  3. Pastikan baterai laptop sudah penuh dan jangan digantung.
  4. Gunakan laptop sesuai dengan daya tahan baterai, artinya jangan sampai menggantung cas sambil menggunakan.
  5. Setelah baterai penuh 100%, maka charger laptop di cabut kembali.

Nah, saya rasa cukup dengan cara di atas, maka laptop anda terjaga dari baterai yang soak. Terkecuali baterai laptop sudah duluan rusak (soak), itu mengharuskan anda perbaiki dengan cara menggantikan pada sesuai merk laptop.

Menjaga Baterai Laptop Saat Main Game.
Cara agar baterai laptop awet saat main game sangat mudah. Ini merupakan pengalaman saya sendiri saat suka main game need for speed dulu. Saya sangat suka gantung charger agar baterai tetap penuh. Padahal itu salah besar, hal inilah yang bisa menyebabkan baterai cepat soak.

Lalu apa yang saya lakukan, agar baterai laptop tetap awet dan tahan lama? Nah, ini lah yang saya lakukan guna untuk menjaga baterai notebok saya tetap awat sampai dengan sekarang. Berikut informasi cara merawat baterai laptop yang sering main game yakni di bawah ini:
  1. Sebelum main game, maka pastikan baterai laptop anda penuh.
  2. Selalu periksa baterai saat main game agar laptop maupun notebook anda tidak mati total.
  3. Nah, jangan pernah menggantungkan charger laptop selama main game.
  4. Bila baterai habis atau sisa 20%, maka baiknya di cas dulu dan dibiarkan.
  5. Bagi anda yang sudak menggantungkan charger laptop, hal ini bisa menyebabkan baterai rusak atau soak.
  6. Gunakan laptop selama baterai penuh, dan cas sebelum main game.
  7. Jangan dipaksakan main game dengan cara menggantung cas.
  8. Jangan menukar charger laptop dengan charger laptop lain, walaupun bisa digunakan.

Itulah cara yang saya praktekan selama menggunakan laptop acer. Sejauh ini, sudah dua laptop baterainya tetap aman dan awet tanpa soak sama sekali. Karena baterai yang soak sangat membuat kita kecewa saat melakukan sesuatu tanpa stop kontak.

Untuk itu, agar baterai laptop anda aman, maka silahkan ikuti pengalaman yang sudah saya alami. Karena dengan cara di atas, sampai saat ini baterai laptop saya gunakan tetap terjaga dan awet. Demikian informasi cara merawat baterai laptop maupun notebook merk acer.

2 komentar

Pantas notebook saya baterai hanya bertahan 2 jam. Pertanyaan om, apakah setelah baterai penuh, bisa mencabutnya ketika masih gantung dan menggunakan notebook tanpa baterai alias menggunakan charger only, Apakah bisa awet juga?

Itu termasuk normal mas dani, bila notebok sudah setengah pakai dan bisa bertahan sampai 2 jam baterainya. Untuk mencabut baterai bisa aja kalau uda penuh, namun saya tidak pernah juga begituan. Lebih ke bila baterai sudah full, maka saya cabut chargernya. Kalau cabut baterai yang sudah full, namun menggunakan charger only, itu biasanya digunakan oleh penggemar game saja hehehh.. Tapi untuk sebatas ngeblog, saya rasa cukup mencabut charger saja bila sudah full.


EmoticonEmoticon