Indonesian AdSense Publisher Discussion Tidak Seindah Dulu

Forum publisher discussion khusus tempat berbagi pengalaman mencari penghasilan melalui Google AdSense, yakni forum IAPD yang pemiliknya adalah Indri Lidiawati. Menurut hemat saya, forum ini tidak seindah dulu. Bagaimana tidak, dulu forum ini merupakan tempat paling tepat untuk memulai mengenal blog bahkan youtube dari dasar hingga menghasilkan uang. Namun, untuk sekarang jauh berbeda bahkan forum tersebut benar benar kacau.

Kacaunya forum publisher indonesia

Sebelum saya utarakan apa yang saya perhatikan. Maka, izinkan saya memaparkan beberapa hal yang telah saya lihat berdasarkan realita yang terjadi pada forum Indonesian AdSense Publisher Discussion (IAPD). Kalaupun tanggapan saya salah, maka saya pun minta maaf yang sebesar besarnya khusus pada pemilik dan juga moderator yang telah ditentukan oleh pemilik untuk forum tersebut.

Menurut hemat saya sebagai anggota lama di IADP, forum ini benar benar kacau. Berikut alasan yang dapat saya simpulkan yakni:
1. Tidak Mengenal Aturan
Banyak anggota baru yang tidak membaca aturan main, sehingga suka nelanggar komitmen forum. Selain itu juga tidak menyoalkan teguran dari sesama anggota forum. Hal ini tentu jauh berbeda dengan IAPD yang dulu saling tegur sapa bahkan sopan santun masuk forum.

2. Hilang Kendali
Mulai hilang kendali sejauh pemilik beserta moderator aktif, jarang muncul di forum. Hal ini juga tidak dapat disalahkan anggota sepenuhnya, karena tidak ada yang tegur. Perlu diketahui juga, teguran sesama anggota dengan moderator tentu jauh berbeda. Mederator tentu ada peran penting dalam hal ini, sehingga yang suka kacau dengan postingan tidak berguna menjadi pelajaran juga. Kalau dibiarkan, maka forum ini benar benar tidak seindah dulu yang tentunya menjadi panutan untun blogger lainnya.

3. Mulai Sibuk Sendiri
Sibuk dalam hal mengembangkan blog masing masing wajar. Karena itu merupakan tanggung jawab serta rutinitas seorang blogger. Namun, forum ini juga perlu pantauan oleh moderator agar kembali terarah sebagaimana biasanya. Moderator jarang muncul, apa lagi pemilik. Dengan demikian, maka forum ini akan semakin kacau sehingga blogger pemula tidak menemukan hal yang unik dan bermanfaat disana.

Ke 3 poin di atas menurut saya hal yang paling terabaikan, sehingga forum Indonesian AdSense Publisher Discussion yang merupakan forum publisher indonesia benar bebar tidak terarah sama sekali. Maka dari itu saya katakan forum ini tidak seindah yang saya kenal dulu. Selain forum informatif juga sebagai solusi bagi blogger pemula. So, bagaimana menurut sobat blogger lainnya yang lama melihat forum tersebut untuk sekarang ini?

2 Responses to "Indonesian AdSense Publisher Discussion Tidak Seindah Dulu"

  1. Betul mas, sewaktu di Google+ kacau balau karena jumlah member semakin banyak tapi moderator mlh semakin sedikit yang aktif. Penambahan member tidak diimbangi dengan penambahan moderator.

    Pada saat itu cuma mbak indri yg bisa menambah jumlah moderator, jadi moderator yg merasa kualahan nggak bisa berbuat banyak selain pasrah di protes dan di serang tukang spam.

    Moderator yg paling aktif cuma dua orang saat itu, mas Gani dan mas Fandi. Mereka berjuang sampai pada akhirnya mas Gani nggak kuat karena alasan kompleks.

    Diteruskan mas Fandi yg tetap berjalan walaupun IAPD sudah gawat darurat sampai pada akhirnya sebentar lagi jejaring sosial Google+ di tutup oleh pihak Google.

    Beda hal dgn IAPD yg baru mas, kita kan udah pindahan lokasi ngobrolnya di FB. Di FB lebih baik karena admin grup bisa dibuat lebih banyak, moderator grup/forum juga akan terus ditambah berdasarkan jumlah member.

    Sudah bergabung ke Grup resmi IAPD di FB kan mas? Grup IAPD di Facebook berdiri atas Restu dan dukungan mbak Indri, selain itu punya hak eksklusif menyematkan kakimat "Official Grup IAPD" di Deskripsi Grup IAPD, mengingat ada beberapa Grup FB dan Fans page dengan nama serupa bahkan gambarnya pun serupa seolah-olah mewakili forum IAPD yang ada di Google+.

    ReplyDelete
  2. Belum mas, dan grup FB pun baru saya dengan dari mas nino. Namanya Official Grup IAPD ya? Ok saya meluncur saja.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel