Dampak Buruk Minimnya Pengetahuan dan Wawasan

Suka arogan, mudah terpengaruh, identik dengan kebodohan, serta sering melakukan hal hal yang tidak ada manfaatnya itu bisa disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dan wawasan. Banyak masyarakat kita yang keterbatasan pengetahuan sehingga mudah sekali terpengaruh dengan hal hal negatif. Yang sungguh disayangkan sekali bila dimanfaatkan oleh orang lain yang tidak ada hasinya. Sebagai contoh baru saja terjadi di Banda Aceh sebagaimana kita ketahui berdasarkan pemberitaan bahwa ibu ibu bersama anaknya terlantar gara gara ikut demo.

Mungkin sebelumnya mereka tidak sadar dan hanya percaya begitu saja. Dalam kejadian ini sebenarnya yang sangat menyakitkan adalah orang orang yang sudah menipu dengan cara mempengaruhi kaum ibu ibu tersebut. Rasanya sangat sedih dan kecewa terhadap orang orang yang tidak bertanggung jawab itu. Namun, apa daya, dengan keterbatasan wawasan dan juga pengetahuan membuat mereka mudah terbujuk.

Dampak dari wawasan rendah dan tidak berpengetahuan

Di atas hanya sebagai contoh yang baru sana terjadi di Aceh. Itu sebabnya sungguh buruk bagi mereka yang pengetahuannya rendah. Selain mudah dipengaruhi juga cepat terlibat dalam permasalahan demikian. Tidak hanya itu saja, masih banyak sekali kasus kasus lainnya juga ikut berdampak pada mereka yang kurang pengetahuan dan juga wawasan. Apa saja?

Berikut ini dampak buruk bagi mereka yang minim pengetahuan serta wawasan:
1. Mudah Dibodohi
Percaya atau tidak, kebodohan akan sering mengalami hal hal yang buruk. Bagi mereka yang tidak mengerti apa apa, maka mudah sekali tertipu bahkan dimanfaatkan orang lain untuk kepentingan pribadi bahkan kelumpok tertentu.

2. Sering Dimanfaatkan Orang Lain
Tidak bisa dipungkiri, orang bodoh maka mudah di manfaatkan demi kepentingan kelompok. Hal ini sering kita temukan dimana mana. Sebagai contoh, di desa dalam kehidupan masyarakat. Ada yang tidak puas dengan apa yang dilakukan, maka orang itu akan mudah mempengaruhi orang lain untuk kepentingannya. Hal itu akan berdampak pada mereka berwawasan rendah saja.

3. Rentan Jantuh Miskin
Hidup yang ekonomi tertekan bahkan serba kekurangan, kebanyakan kita temukan pada orang minim pengetahuan. Bagi mereka untuk mencari uang dengan cara kerja sebagai buruh kasar. Tidak ada ide sama mereka bagaimana cara mendapatkan pekerjaan yang ringan bahkan menghasilkan yang banyak.

4. Hidup Monoton
Hidup mereka tidak ada perubahan dan juga perkembangan. Hari ke hari begitu saja. Mulai dari ekonomi sempit, pola pikir tidak cerdas, hingga pekerjaan yang terus menguras tenaga. Yang sangat menyakitkan adalah kebutuhan mereka sangat terukur dikarenakan keuangan yang terbatas.

5. Susah Bangun Dari Keterpurukan
Hemm yang terakhir juga tidak kalah dari beberapa poin di atas. Kehidupan mereka memeng jarang ceria bahkah jauh dari kebahagiaan. Wajar saja, mereka hanya bisa menerima apa yang ada dan tidak mampu merubah nasib yang ada. Kalau tidak memiliki pengetahuan serta wawasan maka, sangat susah sekali merubah kehidupan kearah yang lebih baik.

Baca Juga: Miskin Harta Biasa, Yang Parah Kalau Miskin Pengetahuan

Itulah dampak dari minimnya pengetahuan. Maka, jangan menyepeleka dampak dari kurang wawasan. Anda akan rentan sekali jatuh dalam keterpurukan ekonomi. Bahkan, mereka yang kurang pengetahuan sangat mudah sekali dibodohi orang lain. Sebagaimana contoh di atas yang baru saja terjadi. Banyak dampak lainnya bagi mereka yang tidak memiliki wawasan apa lagi pendidikan anda menengah ke bawah.

Jadi, agar tidak jatuh pada seperti penjelasan di atas. Mulai sekarang, fokus pada pendidikan serta mencari pengetahuan di luar sana. Walau anda sudah terlanjur minim ilmu, minimal sekali anda mampu menyekolahkan anak anda hingga ke perguruan tinggi. Tujuannya adalah untuk bisa merubah pola kehidupan ke arah yang lebih baik dari sebelumnya.

Memang pendidikan tidak menjamin anda mendapatkan pekerjaan yang anda mimpikan. Namun, anda akan besar peluang untuk bisa bersaing dengan orang lainnya di kesempatan yang sama. Selain itu anak anda pun juga akan memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas. Untuk akhir kata, terima kasih sudah membaca artikel kami.

0 Response to "Dampak Buruk Minimnya Pengetahuan dan Wawasan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel