Wednesday, 22 August 2018

7 Tips Agar Lulus Seleksi Masuk Perguruan Tinggi

Mengenyam pendidikan di perguruan tinggi saat ini rasanya telah menjadi keharusan, mengingat kompetisi dalam dunia kerja yang menuntut agar setiap orang untuk memiliki skill, kapabilitas dan kapasitas agar dapat membangun jenjang karir yang mumpuni.

Walaupun syarat untuk sukses tidak selamanya harus terlebih dahulu mengenyam pendidikan di bangku kuliah, namun menempuh pendidikan di bangku kuliah menjadi nilai plus tersendiri yang akan menunjang seseorang untuk cepat mendapatkan pekerjaan atau membangun sebuah usaha.

Saat ini sudah terdapat banyak perguruan tinggi yang menawarkan berbagai fasilitas bagi para calon mahasiswanya, sehingga banyak orang yang berminat untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah, alhasil untuk bisa lulus dalam seleksi masuk perguruan tinggi mesti dilalui dengan beberapa rangkaian tes yang cukup kompetitif.

Cara agar lulus masuk perguruan tinggi

Mengingat seleksi masuk perguruan tinggi yang tidaklah mudah, sehingga dibutuhkan strategi atau tips trik yang jitu agar bisa lulus dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru. Oleh karena itu sangat bijak bagi anda jika berusaha menggali informasi tentang hal-hal apa saja yang mesti dilakukan agar bisa lulus dalam seleksi penerimaan mahasiswa.

Apa saja tips yang bisa anda aktualisasikan agar bisa lulus dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi yang anda tempati mendaftar? Berikut ulasannya;

7 Tips Agar Lulus Seleksi Masuk Perguruan Tinggi

1. Mempelajari soal-soal SNMPTN dan SBMPTN tahun-tahun sebelumnya
Tips pertama yang mesti kamu lakukan agar bisa lulus dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru adalah dengan mempelajari soal-soal SNMPTN dan SBMPTN tahun-tahun sebelumnya. Kenapa mesti soal-soal SNMPTN dan SBMPTN tahun-tahun sebelumnya? Karena biasanya tipe-tipe soal SNMPTN dan SBMPTN yang muncul tiap tahunnya hampir mirip.

Jadi dengan mempelajari soal-soal SNMPTN dan SBMPTN tahun-tahun sebelumnya anda bisa memiliki gambaran yang jelas tentang kemungkinan soal yang akan muncul saat anda nanti di tes. Dengan begitu anda bisa fokus mempelajari materi-materi yang terkait dengan soal-soal yang anda telah analisa sebelumnya.

2. Metode menjawab soal
Dalam menjawab soal yang muncul dalam tes usahakan anda memulai dari soal dengan kategori yang kalian anggap paling mudah? Kenapa harus memulai menjawab soal-soal yang mudah terlebih dahulu? Karena otak ibaratkan mesin, butuh waktu untuk mencapai performa maksimalnya. Jika otak langsung dipaksakan untuk memikirkan hal yang rumit/sulit/susah maka bisa jadi membuat pikiran menjadi blank (kosong)

Oleh karena disarankan untuk memulai dari soal yang paling mudah kemudian ke level soal yang sedang dan terakhir ke level soal yang susah. Keuntungan lainnya jika kamu menjawab soal dari yang paling mudah adalah anda bisa mengefesiensikan waktu anda.

3. Manajemen waktu
Dalam tes seleksi masuk perguruan tinggi biasanya akan ada jangka waktu yang disediakan untuk menjawab soal yang diberikan. Nah, jika anda keliru menentukan strategi dalam menjawab soal, bisa jadi waktunya sudah habis namun anda belum selesai mengerjakan soal yang diberikan.

Bagaimana memporsir waktu dalam mengerjakan soal yang ada? Kalian pertama harus memporsir setiap soal dengan jangka waktu tertentu. Misalnya, jika soal ada 100 buah dan waktu yang disediakan adalah 120 menit maka anda bisa mengalokasikan sekitar 1 menit 30 detik.

Dan yang paling penting adalah anda jangan pernah tertarik untuk menjawab suatu soal, maksudnya adalah kadang kita menemukan soal yang menantang dan kita menjadi terchalenge untuk menyelesaikannya tanpa kita sadari kita terbuai hanya pada satu soal dengan waktu yang lama untuk menyelesaikannya, jika anda menemukan soal yang rumit maka tinggalkan saja dulu soal tersebut, jika soal-soal yang lain telah anda selesaikan maka anda bisa kembali menjawab soal yang rumit tersebut.

4. Forum Group Discussion (FGD)
Ada sebuah pepatah yang berbunyi seperti ini “ Berat sama dipikul ringan sama dijinjing. Pepatah tersebut mengisyaratkan agar kita melalui berbagai hal dengan kebersamaan, sama halnya dengan tes seleksi masuk PTN.

Anda sebaiknya mencari teman yang sama-sama akan mengikuti tes seleksi. Apa tujuannya? Tujuannya adalah untuk anda ajak melakukan diskusi seputar trik, strategi, teknik untuk menghadapi tes. Bukankan dua kepala yang berpikir jauh lebih baik dari hanya seorang diri saja. Oleh karena itu carilah sebanyak-banyaknya teman yang nantinya bisa anda ajak untuk membuat forum diskusi dalam rangka persiapan menghadapi tes.

5. Mengatur waktu belajar
Belajar adalah hal yang mutlak untuk dilakukan jika anda ingin lulus dalam seleksi masuk perguruan tinggi. Kalian mesti pahami bahwa pesaing anda juga saat ini juga sedang belajar guna bisa lulus, jadi jika mau lulus maka harus belajar.

Jadi jangan heran jika anda tidak lulus lantaran tidak belajar guna mempersiapkan diri menghadapi tes karena disaat yang bersamaan ada pesaing-pesaing anda yang sedang serius belajar agar bisa lulus masuk Perguruan tinggi yang dia impikan.

Baca Juga: Sumber Belajar Yang Bisa Anda Manfaatkan

Dalam belajarpun anda harus memilih waktu-waktu yang efektif dimana anda dengan mudah memahami materi yang sedang anda pelajari. Belajarlah disaat mood/perasaan anda sedang baik agar materi pelajaran mudah anda cerna. Anda juga bisa belajar ditempat-tempat yang menyenangkan, misal; di pinggir pantai, di gunung, di perpustakaan dll.

6. Mengikuti Bimbingan belajar
Next, anda juga bisa ikut dalam bimbingan belajar yang khusus untuk persiapan menghadapi tes SNMPTN dan SBMPTN, saat ini ada banyak bimbingan belajar baik secara konvensional maupun secara online.

Jika anda tidak memiliki kesempatan ikut bimbel secara konvensional anda bisa memilih ikut bimbingan belajar yang bersifat online. Salah satu bimbingan belajar online untuk persiapan mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi adalah Quipper Video.

Melalui Quipper Video anda bisa mempelajari materi seleksi masuk perguruan tinggi melalui Video pembelajaran, bisa juga dengan latihan menjawab soal. Biaya berlangganan Quipper video juga sangat murah dan terjangkau.

Selain itu, jika anda memiliki kode promosi quipper video gratis 2018 atau kode promo Quipper video terbaru anda akan mendapatkan diskon potongan harga sampai 20%. Kelebihan belajar menggunakan quipper video sangat banyak, berikut beberapa kelebihannya:
  • Belajarnya bisa dimana saja dan kapan saja
  • Biaya berlangganan murah
  • Terdapat ribuan video pembelajaran
  • Terdapat soal-soal seleksi masuk perguruan tinggi tahun-tahun sebelumnya
  • Terdapat fitur tanya tutor jika ada materi yang anda susah mengerti
  • DLL

7. Berdoa
Berdoa adalah suatu hal yang tak boleh terlewatkan untuk anda lakukan jika ingin sukses lulus dalam seleksi masuk perguruan tinggi. Jadi jangan pernah bosan untuk berdoa, agar niat anda untuk kuliah dikabulkan oleh tuhan.

Dan anda juga bisa meminta orang lain untuk mendoakan anda, karena kita tidak pernah tahu doa yang mana dan dari siapa yang akan tuhan kabulkan untuk anda.

Demikianlah 7 Tips Agar Lulus Seleksi Masuk Perguruan Tinggi, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan apabila artikel ini anda rasa bermanfaat silahkan bagikan agar semakin banyak orang yang terbantu.


EmoticonEmoticon