Tuesday, 2 October 2018

Panduan Lengkap: Cara Daftar CPNS di SSCN BKN Dengan Benar

Untuk melamar CPNS, baik untuk formasi pusat maupun daerah hanya dapat dilakukan secara online dengan cara register melalui portal SSCN BKN. Bagi anda yang melakukan pendaftaran di luar jadwal yang telah ditentukan, maka lamaran anda tidak dianggap. Untuk itu, simak cara dan langkah langkah melamar lowongan cpns terbaru di SSCB.BKN.GO.ID.

Hal yang perlu anda siapkan saat melakukan pendaftaran CPNS tahun 2018 ini. Maka, semua persyaratan harus anda siapkan, diantara sekian persyaratan CPNS juga harus anda buat dalam bentuk file PDF dan JPEG. Dokumen ini di butuhkan untuk mengupload atau di unggah ke laman SSCN BKN nantinya. Satu pertanyaan, sudahkah melengkapi persyaratan yang dibutuhkan?

Tata Cara Pendaftaran CPNS ONLINE di Laman SSCN BKN
Berikut langkah langkah yang dapat anda lakukan untuk melamar CPNS secara online melalui situs https://sscn.bkn.go.id yakni, di bawah ini:

Langkah Pertama:
Untuk melamar CPNS Online, silahkan buka alamat website ini: https://sscn.bkn.go.id lalu klik REGISTRASI. Selanjutnya anda akan di bawa ke laman Pendaftaran Akun SSCN 2018.
Untuk lebih jelas simak gambar di bawah ini.

pengumuman penerimaan cpns 2018

Langkah melamar CPNS secara online

Nah setelah selesai mengisi NIK, KK, dan CAPTCHA. Maka, silahkan klik lanjut untuk mengisi informasi lainnya sebagaimana terdapat di situs https://sscnakun.bkn.go.id/registrasi.html.

Langkah Kedua:
  1. Setelah berhasil melakukan pendaftaran langkah pertama. Maka, anda perlu melakukan langkah kedua dengan cara melakukan LOGIN.
  2. Jadi, langkah Login Pendaftaran SSCN, cukup masukkan NIK dan Password yang telah berhasil anda daftarkan barusan.
  3. Selanjutnya, setelah anda berhasil login ke portal SSCN, anda wajib mengunggah Swafoto. Kalau belum berhasil mengupload swafoto atau bukti registrasi akun sscn, maka anda tidak bisa melakukan apa apa.
  4. Untuk Swafoto bisa lihat gambar di bawah ini.

Cara unggah swafoto sebagai bukti buak akun sscn bkn

Langkah Ketiga:
Nah, untuk langkah ini, silahkan anda klik LANJUT di bawah untuk melanjutkan pengisian biodata pelamar. Setelah selesai melakukan pengisian biodata pelamar. Maka, klik lanjut lagi.
Masih belum jelas? Baca Petunjuk Pengisian Biodata di bawah ini:
  1. Isilah bagian formulir yang wajib diisi pada bagian "Silahkan Lengkapi Data Anda" (ditandai dengan tanda *)
  2. Khusus untuk Kolom Media Sosial, Anda dapat mengisinya dengan Menyebutkan alamat URL atau nama akun media sosial diikuti dengan jenis media sosial dalam tanda kurung. Jika memiliki lebih dari satu akun, pisahkan dengan tanda koma.
  3. Contoh: @irmanfsp (Instagram), @irmanfsp (Facebook)
  4. Jika sudah, isilah CAPTCHA berikut di bawah ini dan klik tombol "Selanjutnya"
  5. Untuk gambaran pengisian biodata simak lihat gambar di bawah ini.
cara melamar cpns panduan lengkap

Langkah Keempat:
  1. Silahkan tunggu selesai penyimpanan data, untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.
  2. Pada tahap selanjutnya, anda harus menyelesaikan tahap memilih FORMASI dan juga menyelesaikan pengisian RESUME.
  3. Untuk lebih jelas lihat gambar di bawah ini.
cara melamar cpns online

Langkah Kelima:
  1. Pada langkah ini, anda perlu melakukan pengisian formasi jabatan.
  2. Simak Petunjuk Pemilihan Formasi
  3. Pilihlah Instansi dan Jenis Formasi dari Formasi tujuan pendaftaran. Khusus untuk pelamar Diaspora/Atlet Beprestasi/THK2 Memenuhi syarat, Anda hanya diperkenankan untuk memilih Jenis Formasi Khusus yang sudah diperuntukkan.
  4. Klik tombol "Cek" untuk melakukan pengecekan formasi serta syarat batas umur instansi.
  5. Kemudian tentukan Pendidikan, Jabatan dan Lokasi Formasi dari Formasi tujuan pendaftaran.
  6. Untuk beberapa jenis Jabatan, Anda mungkin perlu memberikan masukan informasi tambahan terkait Jabatan tersebut.
  7. Untuk Instansi tertentu, Anda diwajibkan untuk memilih Lokasi Test Ujian CAT sesuai keinginan.
  8. Kemudian untuk formasi yang membutuhkan pendidikan di Perguruan Tinggi, Anda harus mengisi Jenis Perguruan Tinggi (Dalam/Luar Negeri), Nama PT dan Prodi (Autocomplete sesuai data dari Kemristekdikti), Nama PT sesuai ijazah dan akreditasi.
  9. Jika nama PT dan Prodi tidak muncul di autocomplete, harap menghubungi Helpdesk SSCN BKN di tautan ini.
  10. Terakhir, isilah data terkait pendidikan terakhir Anda sesuai dengan pendidikan yang dipilih. Kemudian isi CAPTCHA di bawah di Klik Tombol "Selanjutnya" untuk lanjut ke tahap selanjutnya.
  11. Untuk selanjutnya, simak gambar di bawah ini.
Pilih formasi cpns saat daftar di sscn

Langkah Keenam:
Untuk langkah ini anda sebagai pelamar wajib melakukan upload dokumen. Hal ini menjadi syarat sesuai ketentuan yang berlaku. Adapun untuk ketentuan unggah dokumen yakni:
  1. Format berkas yang diterima: PDF atau JPEG sesuai ketentuan per jenis dokumen.
  2. Ukuran minimal setiap berkas adalah 100KB, dengan ukuran maksimal tergantung jenis berkas.
  3. Jika ukuran berkas melebihi ketetuan, silahkan dikecilkan ke resolusi lebih kecil dengan catatan tulisan pada berkas harus terbaca dengan baik
  4. Segala bentuk salah unggah / unggah tertukar / berkas unggah tidak terbaca merupakan tanggung jawab dari pendaftar.
  5. Jika sudah selesai menggungah, harap mengecek hasil unggahan dengan menekan tombol "Lihat".
  6. Anda dapat mengunggah ulang berkas (misalnya: jika hasilnya tidak jelas, terpotong) sesuai keperluan sebelum mengakhiri pendaftaran.
  7. Untuk lebih jelas, simak gambar di bawah ini.
panduan upload dokumen cpns di sscn bkn

Langkah Terakhir:
Langkah yang terakhir untuk pendaftaran CPNS 2018 adalah mengecek semua data persyaratan yang sudah kalian isikan dan upload ke portal SSCN BKN. Sebelum mengakhiri proses pendaftaran, maka wajib bagi pelamar untuk cek kembali kebenaran data serta lampiran dokumen yang telah di unggah.

Untuk lebih jelas, maka simak Petunjuk mengenai Resume yakni, di bawah ini:
  • Pastikan seluruh data yang Anda entri sudah benar. Jika ada yang belum sesuai, Anda diperkenankan untuk melakukan perubahan dengan cara klik pada tombol "Sebelumnya" atau klik pada salah satu nama tahapan di bagian atas.
  • Pastikan kembali seluruh dokumen yang diunggah sudah sesuai, tidak ada yang tertukar dan dapat terbaca dengan jelas.
  • Jika sudah, silahkan memberi tanda centang pada pernyataan di bawah ini, kemudian mengklik tombol "Akhiri dan Proses Pendaftaran".
  • Jika sampai pada saat batas akhir pendaftaran pendaftar tidak mengakhiri pendaftaran, maka pendaftar dianggap gugur dan tidak akan masuk ke tahap verifikasi berkas oleh instansi.

Setelah yakin bahwa, data pribadi yang telah kalian isi dengan benar dan sesuai dengan dokumen sebenarnya. Maka, silahkan klik centang lalu klik "Akhiri Proses Pendaftaran". Dengan demikian maka, lamaran anda secara online sudah berhasil terkirim. Untuk gambaran lihat pada gambar di bawah ini.

Cara mengirim lamaran CPNS secara online

Demikian cara melakukan Pendaftaran CPNS di SSCN BKN yang baik dan benar merupakan panduan lengkap persembahan Irman fsp guna untuk memudahkan para pelamar agar dapat berhasil melakukan registrasi akun sscn bkn hingga mengirim lamaran CPNS 2018. Semoga informasi ini bermanfaat dan juga berguna bagi pelamar cpns tahun ini.


EmoticonEmoticon