Wednesday, 31 October 2018

Kelayakan Keluarga Berhak Mendapatkan Bantuan PKH

Siapa sebenarnya yang layak mendapatkan bantuan program PKH? Informasi ini sangat penting dibaca agar bisa sama sama mengerti syarat serta kelayakan bantuan yang diberikan kepada masyarakat khususnya bantuan program keluarga harapan. Pada informasi ini, terdapat beberapa kriteria yang berhak mendapatkan bantuan yang berupa uang non tunai itu. Dan ini merupakan tolak ukur kemiskinan standar BPS. Jadi, kriteria miskin masyarakat dapat dilihat melalui pedoman ini.

Bantuan PKH pada dasarnya diberikan kepada masyarakat miskin dengan tujuan agar keluarga itu bisa mandiri dan cepat putus dari rantai kemiskinan. Yang jadi persoalan adalah, masyarakat menganggap uang PKH merupakan bantuan untuk masayarat tidak mampu, sehingga banyak diantaranya ingin mendapatkan bantuan itu.

Tujuan bantuan program keluarga harapan

Perlu anda ketahui, untuk mendapatkan bantuan PKH anda harus memenuhi syarat atau kriteria standar yang telah dibuat oleh Badan Pusat Statistis (BPS). Minimal sekali keluarga yang akan menjadi calon penerima PKH memenuhi 9 kriteria dari 14 kriteria yang ada di bawah ini.

KRITERIA MISKIN MENURUT STANDAR BPS
Berikut 14 kriteria miskin menurut standar BPS yakni, di bawah ini:
  1. Luas lantai bangunan tempat tinggal kurang dari 8m2 per orang
  2. Jenis lantai tempat tinggal terbuat dari tanah/bambu/kayu murahan
  3. Jenis dinding tempat tinggal dari bambu/ rumbia/ kayu berkualitas rendah/tembok tanpa diplester.
  4. Tidak memiliki fasilitas buang air besar/ bersama-sama dengan rumah tangga lain.
  5. Sumber penerangan rumah tangga tidak menggunakan listrik.
  6. Sumber air minum berasal dari sumur/ mata air tidak terlindung/ sungai/ air hujan.
  7. Bahan bakar untuk memasak sehari-hari adalah kayu bakar/ arang/ minyak tanah
  8. Hanya mengkonsumsi daging/ susu/ ayam dalam satu kali seminggu.
  9. Hanya membeli satu stel pakaian baru dalam setahun
  10. Hanya sanggup makan sebanyak satu/ dua kali dalam sehari
  11. Tidak sanggup membayar biaya pengobatan di puskesmas/ poliklinik
  12. Sumber penghasilan kepala rumah tangga adalah: petani dengan luas lahan 500m2, buruh tani, nelayan, buruh bangunan, buruh perkebunan dan atau pekerjaan lainnya dengan pendapatan dibawah Rp. 600.000,- per bulan
  13. Pendidikan tertinggi kepala rumah tangga: tidak sekolah/ tidak tamat SD/ tamat SD.
  14. Tidak memiliki tabungan/ barang yang mudah dijual dengan minimal Rp. 500.000,- seperti sepeda motor kredit/ non kredit, emas, ternak, kapal motor, atau barang modal lainnya.

Jika minimal 9 variabel terpenuhi maka suatu rumah tangga ini, berhak mendapatkan bantuan dari program keluarga harapan (PKH). Mengapa demikian? Karena kalau keluarga itu memiliki 9 syarat di atas. Maka, keluarga tersebut di anggap sangat miskin dan bantuan PKH ini tujuannya memang untuk keluarga sangat miskin serta memiliki komponen.

Baca Juga: Alasan KPM PKH Juga Berhak Mendapatkan Bantuan Lainnya

Pengertian Kemiskinan
Menurut wikipedia; Kemiskinan adalah keadaan di mana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan.

Berdasarkan pengertian tersebut maka, terdapat tiga bagian "miskin" yang dapat anda pahami yakni, rentan miskin, miskin, dan sangat miskin. Naah, bicara bantuan PKH dikhususkan untuk kategori sangat miskin. Karena mereka butuh pertolongan yang sifatnya uang langsung. Berbeda dengan kategori rentan dan miskin.

14 kriteria di atas adalah menjadi tolak ukur untuk pendataan masyarakat miskin seluruh Indonesia. Dan data itulah digunakan untuk mendatai kelayakan kelayakan masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan sosial untuk kesejahteraan.

Untuk masyarakat yang kategorinya miskin di ukur dengan, bila keluarga anda sudah termasuk dalam 4 diantara 14 kriteria di atas. Maka, keluarga anda sudah miskin. Namun, untuk yang rentan miskin dapat di ukur dengan 2 kriteria dari 14 itu sudah ada dalam keluarga anda.

Nah, terkait dengan informasi ini. Tujuan kami adalah untuk membuka pola pikir masyarakat agar tidak salah paham dengan apa yang diberikan oleh pemerintah. Program PKH ini sukses di negara luar khususnya dalam hal memberantaskan kemiskinan. Bagaimana dengan negara kita ini? Mari sama sama mendukung program PKH untuk memutuskan rantai kemiskinan dan membuat keluarga sehat dan sejahtera.


EmoticonEmoticon