Saturday, 10 November 2018

Pentingnya Pendidikan Bagi Generasi dan Masa Depan

Pendidikan merupakan proses belajar dan mengajar, dimana seorang guru di sekolah memberikan pelajaran untuk pengembangan ilmu pengetahuan bagi seluruh generasi bangsa. Pendidikan juga dapat menentukan masa depan anak bangsa demi kemajuan sebuah negara. Oleh sebab itu, penting sekali bagi generasi untuk melanjutkan sekolah di usia remaja.

Selain pentingnya pendidikan juga terdapat banyak sekali manfaat bagi generasi di masa masa belajar. Sebagai contoh bisa meningkatkan ilmu pengetahuan, wawasan pendidikan, bisa mencerahkan masa depan dan juga menjadi sumber daya yang dapat hebat serta dapat memajukan bangsa dan negara.

Pendidikan untuk generasi dan masa depan anak bangsa

Alasan lainnya mengapa pendidikan itu sangat penting bagi kita, hal yang perlu anda ketahui adalah karena tidak hanya memberi kita pengetahuan akan tetapi juga mengajarkan kita akan sopan santun serta hal hal yang baik dan benar. Pendidikan mengajarkan kita menjadi individu dewasa, individu yang mampu merencanakan masa depan dan dapat mengambil keputusan yang tepat dalam hidup.

Walaupun pada artikel sebelumnya sudah kami paparkan pandangan pendidikan di mata muda mudi pedesaan. Namun, pada artikel ini kami akan menjelaskan manfaat pendidikan agar semua penerus bangsa bisa memprioritaskan pendidikan. Dengan demikian, kedepan kalian bisa menganggap bahwa pendidikan itu ternyata penting.

Manfaat Pendidikan Untuk Masa Depan
Salah satu alasan pendidikan itu penting karena dengan pendidikan kita dapat menentukan masa depan yang lebih baik. Walaupun pendidikan bukan sebuah jaminan untuk mendapatkan pekerjaan prioritas. Namun, dengan pendidikan juga kita akan mendapatkan pekerjaan yang layak dari pada individu lainnya.

Dengan pendidikan percaya atau tidak, kita lebih beretika dan juga sebagai sumber daya yang berwawasan. Kita juga akan selalu diajak untuk kemajuan bangsa dan negara. Sebagai contoh lulusan sarjana, mereka tentu akan dikedepankan dalam hal urusan pemerintahan, pemberdayaan, serta selalu diajak untuk kemajuan dalam segala bidang.

Mengapa sarjana di prioritaskan? Karena mereka adalah sumber daya manusia yang berilmu pengetahuan dan juga memiliki wawasan tentang itu. Jangan jauh kita ambilkan contoh, sebut saja di desa. Dalam aparatur desa saja tentu akan dikedepankan sdm yang memiliki wawasan serta pengetahuan lebih. Baik itu tentang pemerintahan, teknologi, bahkan terkait dengan program pemberdayaan.

Terkecuali ada SDM yang lulusan tingkat SLTA namun memiliki wawasan dan juga pengetahuan berdasarkan pengalaman yang ada. Mereka tetap akan diajak sebagai pendukung untuk kemajuan bangsa dan negara. Secara tidak langsung, dengan pendidikan memberi kita banyak hal, sebagai contoh yakni, pengetahuan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia dan lingkungan.

Pendidikan juga dapat memberikan pandangan hidup bagi kita. Selain itu juga akan membantu kita membentuk sudut pandang kehidupan serta karakter yang lebih baik. Manfaat lainnya dari pendidikan juga akan memudahkan kita mendapatkan pekerjaan yang layak. Walaupun pendidikan bukan jaminan dalam hal karir, namun coba berfikir positif. Mereka yang mendapatkan pekerjaan yang baik tentu dikarenakan pendidikan bukan?

Pentingnya Pendidikan di Indonesia
Perlu anda ketahui, negara Indonesia walaupun sudah berusaha untuk maju. Namun, bila banyak menggunakan sumber daya manusia luar, maka dapat dianggap sebuah negara yang minimnya SDM dalam negeri. Maka dari itu, perlu meningkatkan sumber daya manusia dalam negeri. Dalam hal ini juga menjadikan prioritas betapa pentingnya pendidikan di Indonesia untuk generasi bangsa demi kemajuan negara.

Kutipan dari edukasi.kompas.com (10/11/2018) pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam rangka HUT Ke-69 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2014, pada sidang bersama DPR RI dan DPD RI di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara. Mengatakan, sektor pendidikan dan kesehatan menjadi prioritas utama dalam kebijakan dan program pemerintah. Menurutnya, syarat mutlak kemajuan bangsa adalah terletak pada sektor pendidikan dan kesehatan.

Pendidikan bukan sekadar urusan mengirim anak-anak kita ke sekolah. Melainkan juga cara yang paling tepat untuk memberantas kemiskinan adalah dengan pendidikan itu sendiri. Oleh sebab itulah negara kita sangat mendukung program program pemberdayaan guna untuk memutuskan rantai kemiskinan salah satunya adalah program keluarga harapan (PKH).

Pendidikan dan kesehatan telah menjadi program unggulan bagi Indonesia untuk memberantaskan kemiskinan yang ada. Dengan pendidikan ini lah menjadikan sebuah negara lebih maju dan berkembang, apa lagi di abad 21 akan menjadikan Indonesia yang lebih modern. Harapan ini sesuai dengan usaha pemerintah adanya program program kemajuan sebuah negara yang dimulai dari desa.

Sebagai contoh adalah dana desa untuk kemajuan di tingkat desa, selain itu juga berbagai program pendidikan yang diunggulkan seperti beasiswa dan juga program pemberdayaan lainnya. Tujuan dari semua program ini adalah demi kemajuan bangsa dan negara. Dukungan dukungan ini sebagai bukti bahwa negara sangat mendukung dan selalu berusaha untuk kemajuan bangsa akan datang.

Pendidikan Bagi Generasi dan Masa Depan
Generasi anak bangsa sangat berpengaruh pada latar belakang pendidikan untuk menentukan masa depan mereka. Walaupun terdapat hanya lulusan SLTP ada yang menjabat sebagai Menteri di Indonesia bahkan lulusan SLTA ada yang menjadi pengusaha sukses. Akan tetapi percayalah, itu hanya beberapa individu saja yang mendapatkan kesuksesan dari kegigihan mereka.

Merekapun menyadari bahwa pendidikan itu sangat penting bagi generasi. Sebagai contoh kita tahu menteri kelautan dan perikanan yakni, Susi Pudjiastuti. Ia sukses sebagai pengusaha pengolahan ikan  dan lobster. Ia sadar tidak lulus SLTA dan sekarang menjabat sebagai menteri di Indonesia. Namun demikian, ia selalu menyarankan generasi untuk tidak berhenti sekolah, terus melanjutkan sekolah untuk menggali ilmu pengetahuan.

Dengan pendidikan akan sangat memudahkan generasi untuk menentukan masa depan, memilih pekerjaan yang layak dan sesuai dengan pengetahuan kita. Memang, pendidikan bukan sebuah jaminan untuk mendapatkan pekerjaan. Namun, dengan pendidikan ini lah akan menjadi jembatan yang baik untuk menentukan pekerjaan yang baik.

Maka dari itu, pendidikan sangat penting diteruskan karena tidak hanya mendapatkan ilmu dan wawasan. Akan tetapi dengan pendidikan akan menjadi sumber daya yang handal untuk kemajuan bangsa dan negara. Dengan pendidikan juga tentu pengetahuan generasi akan meningkat dan lebih maju dibandingkan dengan mereka yang tidak dapat melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi.


EmoticonEmoticon