Friday, 9 November 2018

Pendidikan di Mata Pemuda Pedesaan

Tidak bisa dipungkiri bahwa pendidikan begitu penting untuk generasi. Bahkan banyak yang bilang pendidikan adalah investasi masa depan. Banyak sekali keuntungan bahkan manfaat bagi kita yang berpendidikan, selain meningkatkan wawasan juga beretika serta saling menghargai satu sama lain. Namun, hal ini berbeda dimata pemuda desa, mengapa?

Cukup bervariasi jawaban yang kami temui, terkait pandangan pendidikan bagi pemuda desa. Memang tidak semua, namun banyak diantaranya pemuda desa lebih memilih kerja dibandingkan dengan melanjutkan pendidikan. Selain bisa cepat menghasilkan uang juga merasa tidak membuang buang waktu dalam hal mencari uang.

Pendidikan itu penting, namun bagi kami lebih memilih kerja

Bagi mereka putus sekolah (tidak melanjutkan pendidikan tinggi) bukan hal yang menyedihkan. Melainkan telah menjadi pilihan. Tidak sedikit pemuda desa lebih memilih pekerjaan ketimbang pendidikan. Di mata mereka, kerja adalah segalanya, walaupun pekerjaan yang mereka dapatkan berat bahkan sedih bila kita lihat.

Mengapa mereka lebih memilih kerja? Alasan yang paling utama adalah uang. Dan ini telah menjadi pilihan. Namun demikian, untuk jawalan lainnya bisa kita dapatkan bila kita bertanya kepada mereka, mengapa lebih memilih kerja dibandingkan lanjut sekolah. Jawabannya unik. Katanya tidak tau arah, tidak mengerti kuliah, bahkan ada yang bilang menghabiskan uang saja.

Akan tetapi ada juga muda mudi yang ingin melanjutkan kuliah, bahkan sangat termotivasi untuk bisa melanjutkan pendidikan tinggi (kuliah). Namun, kadang mereka tudak bisa menggapai itu dengan alasan tidak mampu. Kalangan ini lah yang kadang kita juga ikut sedih bila jumpa dengan generasi yang penuh semangat untuk melanjutkan pendidikan, akan tetapi tidak memiliki kemampuan.

Pentingnya Pendidikan Untuk Generasi
Pendidikan sangat berfungsi untuk menambahkan wawasan, meningkatkan ilmu pengetahuan, serta bisa mendapatkan pengalaman pengalaman yang kadang tidak bisa kita temui di lingkungan masyarakat biasa. Salah satunya adalah berorganisasi dan lain sebagainya.

Walaupun pandangan berbeda, namun ketahuilah, dengan pendidikan dapat memudahkan kita dalam segala hal. Baik itu meningkatkan pengetahuan, mendapatkan pekerjaan yang sesuai, membentuk karakter yang baik, berwawasan, serta dapat mencerahkan masa depan.

Baca Juga: Pendidikan Bagi Generasi dan Masa Depan Anak Bangsa

Walaupun pendidikan seperti kuliah itu tidak menjamin pekerjaan. Namun, dengan pendidikan paling tidak kita akan mendapatkan pekerjaan yang ringan. Selain itu, dengan ilmu pengetahuan kita akan menjadi sumber daya manusia yang dapat memajukan bangsa dan negara. Itu juga salah satu fungsi dari pendidikan.

Sebagai contoh, dengan pendidikan negara akan meningkatkan sumber daya manusia yang banyak. Dengan demikian maka, negara akan lebih maju dibandingkan dengan negara lain pada sisi pendidikan. Dengan sdm ini juga dapat memajukan bangsa. Oleh karena itulah pendidikan itu sangat penting bagi generasi, paling tidak kita tidak bisa dibodohi oleh orang lain.

Lalu bagaimana dengan muda mudi pedesaan? Itu dia, mereka tetap pada prinsip yang ditekuni. Pekerjaan adalah segalanya. Karena hidup butuh uang, maka mereka selesai sekolah tingkat atas (SMA) langsung memilih kerja dibandingkan lanjut sekolah ke perguruan tinggi.


EmoticonEmoticon