Saturday, 17 November 2018

Persiapan Penyaluran Non Tunai PKH Tahap I 2019

Program keluarga harapan (PKH) merupakan bantuan non tunai yang diberikan kepada masyarakat sangat miskin diseluruh Indonesia. Bagi masyarakat sebagai penerima bantuan disebut KPM PKH. Pada tahun 2019 mendatang, bantuan PKH akan berlaku dengan sistem komponen atau kategori sesuai data lapangan. Hal ini tentu berbeda dengan peraturan penyaluran tahun 2018 yang sudah berjalan.

Jumlah bantuanpun tentu akan berbeda bila sistem komponen berlaku. Artinya, bila pada tahun 2018 per KPM menerima manfaat berjumlah Rp. 500.000, maka di tahun mendatang jumlahnya akan berbeda satu sama KPM lainnya. Ini disebabkan oleh banyaknya komponen dalam satu keluarga. Persiapan penyaluran non tunai PKH tahap I tahun 2019 dan tahap IV 2018 ini juga telah disurati oleh kementerian sosial ke setiap dinas provinsi dan juga kabupaten/ kota.

Peraturan Penyaluran Bantuan Sosial PKH Tahun 2019
Berukut isi surat yang telah dikirim ke pihak kedinasan yakni:


Nah, berdasarkan surat tersebut. Maka, jadwal penyaluran bantuan PKH pun akan berbeda di tahun 2019 mendatang. Begitu juga dengan jumlah bantuan yang akan diterima KPM PKH itu sendiri tentu sesuai dengan komponen yang ada. Bagi anda yang belum paham dengan komponen PKH, simak penjelasan komponen atau kategori PKH.

Baca Juga: Apa Itu Komponen PKH?

Tidak ada yang perlu dipersoalkan terkait apa yang telah menjadi kebijakan atau peraturan yang berlaku. Hal ini tentu telah disepakati dan penuh pertimbangan terkait dengan peraturan yang berlaku. Seperti jumlah bantuan PKH atau sistem yang berlaku. Untuk jadwal tahap bantuan PKH di tahun 2019 mendatang akan di salurkan pada bulan januari (tahap I) bulan maret (tahap II) bulan juli (tahap III) dan bulan oktober (tahap IV).

Index dan Komponen Bantuan PKH 2019
Untuk index dan komponen bantuan sosial program keluarga harapan (PKH) tahun 2019 ini tentu akan menyesuaikan anggaran yang ada. Hal ini sesuai dengan isi keterangan pada tabel index bantuan sosial. Berikut besaran atau index bantuan yang akan berlaku pada tahun 2019 mulai dari tahap I hingga tahap IV yakni:

Demikian persiapan penyaluran non tunan bantuan PKH 2019 yang dapat anda ketahui. Jumlah ini juga akan disesuaikan dengan anggaran yang ada. Salam PKH dan semoga program unggulan ini menjadi program yang akan memberantaskan kemiskinan yang ada di Indonesia.


EmoticonEmoticon