Monday, 11 March 2019

Berpolitik Itu Mencari Kawan Bukan Lawan

Dalam musim politik, banyak sekali kawan beda pandangan politik. Namun, terkadang di musim ini juga persaudaraan bisa retak dikarenakan beda pilihan. Padahal, tidak perlu bermusuhan hanya gara gara beda pandangan, karena lawan itu tanpa dicari sudah tentu ada. Banyangkan saja, satu desa kadang terdapat 5 tim bahkan bisa lebih dari itu.

Kalau berpolitik mencari lawan, percayalah kamu akan kalah sebelum berperang. Mengapa demikian? Karena, kamu akan dikecam sebagai musuh besar bersama. Namun, coba dalam berpolitik kita mencari kawan sebagai relasi guna untuk membangun politik yang sehat. Dengan demikian, cara tersebut akan sangat menghasilkan di hari penentuan.

Mencari kawan bukan lawan selama musim politik

Lawan tidak perlu dicari, karena semua tim yang berbeda partai tentu akan menjadi lawan. Namun bagaimana cara masing masing, walaupun beda pandangan serta partai politik mampu meragkul lawan menjadi kawan. Ini yang akan kita apresiasikan untuk tim yang bisa membangun relasi yang baik selama musim politik.

Ingat, musim politik ini hanya sebentar dan tidak lama lagi pesta demokrasi ini akan berakhir. Nah, setelah apa yang tim perjuangkan berhasil, apa yang bisa kamu lakukan untuk tim dan juga orang banyak? Duduk diam, melihat perkembangan, atau berakhir disitu saja? Nah, ini yang sungguh disayangkan bila kamu sebagai tim dan juga pendukung pada salah satu caleg tersebut menang, namun tidak ada kemampuan untuk merangkul kembali tim guna untuk merencanakan misi kedepan.

Disini kadang banyak terjadi perpecahan setelah membentuk tim sebagai pendukung pada salah satu caleg di musim politik. Namun, setelah berhasil pecah karena tidak ada kemampuan untuk merangkaul anggota tim dan juga simpatisan yang telah kita ajak untuk bersama sama memenangkan caleg itu sendiri.

Baca Juga: Membangun Politik Cerdas Demi Kemajuan Bangsa

Merubah Lawan Menjadi Kawan
Tidak perlu melakukan kampanye hitam kepada lawan politik. Hal ini tentu sangat bertentangan dengan peraturan yang berlaku. Namun, cukup membangun komunikasi yang baik dan juga sering mengajak bersama untuk melakukan hal hal positif. Sering menampakkan sesuatu yang baik kepada lawan politik sebelum menjadi kawan politik.

Selama kamu sering berbuat baik kepada orang banyak, maka secara tidak langsung lawan politik akan merasa itu yang terbaik untuk orang banyak. Nah, disitu kadang lawan politik juga tanpa sadar akan terbawa arus dengan cara cara yang baik membangun hubungan baik dengan sesama lawan politik.

Jadi dengan demikian, mereka juga akan merasakan selama beda pandangan politik ia juga tidak ada kemempuan untuk melakukan hal itu. Nah, disinilah sedikit demi sedikit lawan akan menjadi kawan. Paling tidak dia tidak akan mempengaruhi bila politik yang kita bangun ia juga merasakan dampak positif untuk orang banyak.


EmoticonEmoticon