Friday, 8 March 2019

Ingin Dapatkan Bantuan PKH, Warga Datangi Dinsos

Kesan lucu bagi oknum warga yang tak parcaya dengan penjelasan pendamping PKH terkait dengan prosudur dan juga peraturan penambahan calon KPM PKH. Hal ini terbukti saat warga datangi Dinsos Aceh Besar untuk mempertanyakan cara mendapatkan bantuan sosial PKH.

Tidak ada yang salah, bila setiap warga ingin tahu bagaimana cara agar bisa menjadi penerima bantuan PKH. Namun, bila penjelasan pendamping tidak dihiraukan dengan alasan kurang percaya apa yang dijelaskan oleh pendamping, ini tentu lucu dan aneh.

Perlu diketahui, setiap kecamatan tentu ada pendamping PKH sebagai tenaga kerja sosial yang dapat memberikan penjelasan berbagai pertanyaan sebagai informasi. Hal ini tentunya yang berhubungan dengan program keluarga harapan. Warga bisa bertanya langsung pada mereka apa pun itu.

Jangan hanya sebatas tidak suka dengan gaya ataupun tingkah laku mereka membuat anda langsung main hakim sendiri. Penerima bantuan PKH itu sudah ada dalam peraturan yang berlaku, selain keluarga miskin, juga miliki komponen sesuai dengan peraturan yang ada di program PKH.

Sebagaimana kita ketahui, hampir setiap kecamatan terdapat warga yang belum mendapatkan bantuan PKH. Namun, ada warga yang datangi pendamping PKH guna untuk mendengar penjelasan terkait warga yang belum mendapatkan bantuan dan ingin menjadi penerima PKH. Akan tetapi ada juga warga yang mendengar penjelasan, namun tidak percaya apa yang disampaikan oleh pendamping PKH.

Warga minta jadi penerima PKH

Hal ini terbukti, mereka datangi Dinsos Aceh Besar guna untuk mempertanyakan bantuan PKH yang mereka tidak sebagai penerima PKH. Padahal, terkait dengan peraturan, kemanapun warga datangi, maka penjelasannya tetap sama. Calon KPM PKH tidak bisa ditambahkan secara langsung, melainkan ada prosudur tersendiri melalui kementerian sosial RI.

Pendamping Sosial PKH dan Kedinasan
Dinas Sosial merupakan tempat dimana pendamping PKH melakukan koordinasi terkait apa yang terjadi dilapangan. Tidak hanya itu, pendamping juga memiliki atasan yang dinamakan dengan korcam, korkab/korkot, dan juga korwil, koreg. Mereka adalah atasan bagi setiap pendamping guna untuk melakukan koordinasi.

Baca Juga: Alasan Mengapa Tidak Mendapatkan Bantuan Sosial PKH

Begitu juga dengan dinas, pendamping tentu akan melakukan rapat koordinasi sesuai waktu yang telah ditentukan. Jadi, dalam hal ini program keluarga harapan bukan program yang membagikan bantuan untuk keluarga masing masing pendamping atau yang dekat dengan pendamping diberikan bantuan sosial PKH. Melainkan calon KPM PKH sudah memiliki data sebagai calon penerima manfaat bantuan sosial PKH.

Jadi, bagi warga yang belum mendapatkan bantuan sosial PKH, tidak perlu melakukan hal hal yang tidak berkenan bahkan bisa merusak tali persaudaraan sesama warga masing masing. Karena banyak solusi untuk mendapatkan bantuan sosial guna untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Salah satunya program Pro Abes (Prgram Aceh Besar Sejahtera).

Program ini juga sama dengan bantuan PKH, pro abes juga diberikan uang non tunai untuk masyarakat miskit yang terdata dalam basis data terpadu (BDT). Melalui program Pro Abes, warga juga dapat memanfaatkan kebutuhan keluarga. Karena program ini merupakan program satu satunya yang ada di kabupaten Aceh Besar, maka prosudurnya juga ada.

Warga dapat bertanya langsung kepada pendamping Pro Abes yang ada di kecamatan masing masing terkait cara dan peraturan mendapatkan bantuan program aceh besar sejahtera. Nah, untuk bantuan PKH, warga hanya dapat menunggu saat ada perluasan bagi calon KPM PKH saja. Dan bila data keluarga keluar pada data yang ada.

Maka, pendamping akan meminta data berupa KTP dan KK untuk melakukan validasi data anda. Bila data anda sesuai dengan prosudur program, maka anda menjadi penerima bantuan sosial PKH. Jadi, sejauh ini kami rasa cukup untuk penjelasan terkait prosudur mendapatkan bantuan sosial PKH. Tidak perlu datangi Dinsos, cukup tanyakan kepada pendamping PKH dimasing masing kecamatan saja untuk mendapatkan informasi PKH.


EmoticonEmoticon