Sunday, 31 March 2019

Uraian Proses Komunikasi Bisnis

Apa itu komunikasi bisnis? Menurut salah seorang pakar yakni, Djoko Purwanto komunikasi bisnis merupakan komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencangkup berbagai macam bentuk komunikasi, baik itu verbal maupun non-verbal guna mencapai suatu tujuan tertentu.

Tahapan komunikasi bisnis

Lalu apa sih tujuan dari komunikasi bisnis? Pada dasarnya ada 3 tujuan utama dalam komunikasi bisnis, selain memberi informasi, persuasi, dan juga melakukan kolaborasi dengan pelanggan. Nah, untuk lebih jelas maka anda boleh membaca artikel sebelumnya yang sudah pernah irmanfsp.com paparkan yakni, tujuan dan unsur unsur komunikasi bisnis.

Saya harap kalian sudah membaca artikel sebelumnya agar lebih paham kontek komunikasi bisnis. Dan untuk selanjutnya, maka kita akan lanjut ke proses komunikasi bisnis agar kamu juga tahu bagaimana terjadinya komunikasi dalam kontek bisnis. Perlu anda ketahui, biasanya komunikasi ini sering digunakan oleh perusahaan atau organisasi yang bertujuan untuk melancarkan projek bisnis.

Dalam hal ini kamu juga harus mampu membangun komunikasi yang baik agar tujuan bisnis anda lancar. Hal ini tentu perlu belajar cara berkomunikasi dengan pelanggan bisnis anda sendiri. Kamu juga harus memahami karakter dan kemauan pelanggan agar projek bisnis yang akan dusepakati bisa sukses.

Proses Komunikasi Bisnis
Pada hakikatnya, proses komunikasi ini yakni, bagaimana komunikator menyampaikan suatu pesan kepada komunikannya, sehingga dapat menciptakan sebuah persamaan makna antara komunikan dengan komunikatornya. Hal ini bertujuan guna untuk bisa terciptanya komunikasi yang efektif (sesuai dengan tujuan dari komunikasi pada umumnya).

Baca Juga: 7 Prinsip Dasar Komunikasi Bisnis

Proses komunikasi dapat terjadi apabila ada interaksi antarmanusia dan ada penyampaian pesan untuk mewujudkan motif komunikasi. Artinya komunikasi ini terjadi bila ada dua unsur yakni komunikasi dan komunikator itu sendiri. Bila kita kaitkan dengan komunikasi bisnis, maka prosesnya akan terjadi bila terlibat unsur beserta tujuan yang ada.

Sebagai contoh, kamu akan mengembangkan bisnis kerupuk. Maka, yang akan kamu perlukan adalah media dan juga marketing sebagai unsur melancarkan bisnis itu sendiri. Jadi prosesnya adalah kamu berkomunikasi dengan mereka dalam kontek bisnis untuk melancarkan bisnis tersebut.

Proses komunikasi bisnis sama halnya juga dengan proses komunikasi pada umumnya. Komunikasi bisnis diawali dengan adanya ide atau gagasan yang dimiliki oleh pengirim pesan. Selain itu juga memikirkan sebuah tujuan dari keberhasilan bisnis yang ada. Seperti yang kita ketahui bahwa pengiriman pesan baik secara personal maupun publik. Dalam kontek bisnis, proses komunikasi ini akan melibatkan semua kategori komunikasi yang ada.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon