Saturday, 11 May 2019

Jurusan Favorit Tidak Menjamin Kamu Sukses. Benar Nga Sih!?

Apa sih jurusan favorit itu? Adalah jurusan yang paling diminati oleh calon mahasiswa saat mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN. Nah, diantara beberapa universitas baik dalam maupun luar negeri maka terdapat beberapa jurusan yang paling banyak diminati. Sebagai contoh untuk tahun 2019 jurusan terfavorit snmptn adalah teknik informatika dan manajemen.

Jurusan paling diminati 2019

Jurusan paling banyak diminati SNMPTN ini tentu mempunyai tingkat persaingan yang cukup tinggi dan ketat. Hal ini juga akan membuat calon mahasiswa tentu kualahan saat mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi. Nah, walaupun jurusan favorit ini banyak diminati hingga kamu juga ikut terpengaruh ingin memilih jurusan tersebut. Percayalah, jurusan itu tidak menjamin kamu sukses.!

Jurusan Favorit SNMPTN 2019
Di tahun 2019 pada snmptn ini dapat kamu ketahui jurusan paling banyak diminati. Mulai dari program studi sains dan teknologi (saintek) hingga pada program studi sosial dan humaniora (soshum). Diantara keduanya yang menjadi jurusan terfavorit adalah teknik informatika dan manajemen.

Pada deretan saintek program studi teknik informatika terdapat jurusan teknik informatika, farmasi, kedokteran gigi, psikologi, ilmu gizi, dan selanjutnya adalah jurusan keperawatan.

Untuk kelompok program studi soshum terdapat jurusan manajemen, ilmu komunikasi, akuntansi, pendidikan guru sekolah dasar, sastra inggris, program studi pariwisata, ilmu hubungan internesional, dan selanjutnya adalah jurusan pendidikan agama islam.

Apakah Kamu Ikut Sukses Dengan Jurusan Favorit?
Memang tidak bisa dipungkiri bahwa, banyak lulusan pada jurusan favorit di atas memiliki alumni yang berkualitas. Hal ini tentu dapat kita ketahui alumnus bisa mendapatkan karir yang baik bahkan bisa bekerja di tempat yang bergengsi. Kadang disitu membuat jurusan tersebut semakin banyak diminati setiap tahunnya.

Nah, kembali ke kamu. Apakah kamu yakin dengan jurusan favorit itu bisa sukses sebagaimana alumnus yang ada? Kembali ke masing masing calon mahasiswa ya. Saya rasa sukses itu bukan karena jurusan favorit melainkan lebih kepada kegigihan bahkan kemampuan yang ada pada diri masing masing.

Jadi, selama kamu tidak memiliki kemampuan serta latar belakang yang sesuai dengan apa yang sedang kamu kerjakan. Maka tetap saja pekerjaan itu akan membuat kamu kelelahan dan berat, sehingga yang ada bikin kamu beban dan tak sanggup melanjutkan. Hal ini tentu akan jauh sekali dengan kata sukses bukan?

Sebagai contoh kecil saja. Kamu lulus pada jurusan terfavorit yakni manajeman. Selama kamu tidak menguasai ilmu manajeman yang baik, maka kamu tidak akan pernah mampu menjadi pemimpin yang baik. Apa lagi pada sisi manajemen keuangan. Selama kamu belum mampu mengatur keuangan yang baik. Maka kamu belum bisa bekerja sebagai managerial.

Nah, bagaimana dengan latar belakang pendidikan kamu dengan lulusan manajemen? Sementara kamu belum bisa mengisi pada posisi managerial! Padahal kamu layak bekerja pada posisi itu dengan jurusan pendidikan pilihan. Walau tidak semua demikian, namun tidak semua juga mampu menguasai ilmu yang telah dipelajari selama diperguruan tinggi.

Jadi, untuk kamu yang ingin meggali ilmu pengetahuan dibangku kuliah. Maka, tidak harus memilih jurusan favorit dengan alasan hanya ikut ikutan saja. Apa lagi ingin dipandang keren karena lulusan jurusan favorit, itu jangan sekali kali. Baiknya pilih jurusan sesuai dengan kemampuan yang sudah kamu miliki selama di bangku SMA.

Karena dengan demikian, maka memampuan kamu akan lebih terasah menjadi lebih baik. Sebagai contoh kamu disekolah menengah atas atau kejuruan memiliki kemampuan komputer. Maka, untuk melanjutkan kuliah silahkan pilih jurusan yang sama atau berhubungan dengan sebelumnya. Tujuannya adalah kemampuan itu bisa terasah lebih baik lagi.

Demikian informasi terkait dengan jurusan favorit tidak menjamin kamu sukses. Yang akan membuat kamu berhasil itu adalah kemampuan serta kesungguhan dalam berkarya. Jurusan kuliah hanya menjadi latar belakang pendidikan yang akan mendapatkan gelar saja. Somoga bermanfaat dan juga berguna bagi kita semua.


EmoticonEmoticon