Pengertian Komunikasi Interpersonal Menurut Para Ahli

Artikel ini merupakan revisi dari kami terkait dengan pengertian komunikasi interpersonal menurut para ahli. Pada dasarnya pengertian komunikasi tujuannya sama, hanya cara penyampaian saja agak sedikit berbeda. Namun makna dan tujuan dari penyampaian pengertian, atau penyampaian dari berbagai ahli hasilnya sama.

Komunikasi interpersonal yaitu kegiatan komunikasi yang dilakukan seseorang dengan orang lain dengan corak komunikasinya lebih bersifat pribadi dan sampai pada tataran prediksi hasil komunikasinya pada tingkatan psikologis yang memandang pribadi sebagai unik. Dalam komunikasi ini jumlah perilaku yang terlibat pada dasarnya bisa lebih dari dua orang selama pesan atau informasi yang disampaikan bersifat pribadi. 

Pengertian komunikasi interpersonal


Komunikasi yang efektif ditandai dengan hubungan interpersonal yang baik. Begitu pun, komunikasi interpersonal dikatakan efektif apabila pertemuan komunikasi merupakan hal yang menyenangkan bagi komunikan. Komunikasi bukan hanya sekedar menyampaikan isi pesan, namun juga menentukan kadar hubungan interpersonal.

Memahami proses komunikasi interpersonal menuntut pemahaman hubungan simbiotis antara komunikasi dengan perkembangan relasional. Komunikasi mempengaruhi perkembangan relasional, dan pada gilirannya (secara serentak), perkembangan relasional mempengaruhi sifat komunikasi antara pihak-pihak yang terlibat dalam hubungan tersebut.

Komunikasi Interpersonal Menurut Ahli
Berikut beberapa pengertian komunikasi interpersonal atau komunikasi antarpribadi menurut ahli yakni, di bawah ini:

Menurut G.R Miller dan M. Steinberg
Menurut G.R Miller dan M. Steinberg, mengatakan bahwa komunikasi secara interpersonal dapat dipandang sebagai komunikasi yang terjadi dalam suatu hubungan interpersonal. (komunikasi menurut para ahli : 1975)

Judy C. Pearson
Judy C. Pearson, dkk, menyatakan sebagai mana bahwa komunikasi ini adalah proses yang menggunakan pesan – pesan sebagai media perantara untuk menyampaikan maksud tertentu antara dua orang atau lebih dalam suatu interaksi. (2011)

Ronald B. Adler
Sedangkan menurut Ronald B. Adler, dkk, mengungkapkan bahwa komunikasi dengan sesama ini merupakan komunikasi secara kontekstual. (teori dramaturgi : 2013)

Joseph De. Vito
Joseph De. Vito, mengungkapkan bahwa komunikasi secara interpersonal adalah interaksi verbal dan nonverbal yang dilakukan antara dua orang atau lebih, yang diantaranya memiliki ketergantungan. (2013)

Effendi
Menurut Effendi (dalam Sunarto : 2003) mengatakan bahwa komunikasi secara interpersonal merupakan bentuk komunikasi paling efektif yang terjadi antara komunikan dan komunikator. Karena dalam interaksinya kita dapat melihat secara keseluruhan bentuk sikap dan raut wajah dari lawan bicara.


Pada saat komunikasi dilancarkan, komunikator mengetahui secara pasti apakah komunikasinya positif atau negatif, berhasil atau tidaknya. Jika ia dapat memberikan kesempatan pada komunikan untuk bertanya seluas-luasnya (Sunarto, 2003; 13).

Komunikasi interpersonal merupakan komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan setiap pesertanya menangkap reaksi orang lain secara langsung, baik secara verbal atau nonverbal. Komunikasi interpersonal ini adalah komunikasi yang hanya dua-orang, seperti suami istri, dua sejawat, dua sahabat dekat, guru-murid dan sebagainya (Mulyana, 2000; 73).

Kesimpulan Komunikasi Interpersonal
Dari beberapa pengertian di atas, maka penulis juga akan mengambil kesimpulan dari beberapa pendapat para ahli terkait komunikasi interpersonal, anteaa lain sebagai berikut:
  1. Komunikasi interpersonal merupakan penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan baik secara langsung maupun menggunakan media sosial seperti chat, facebookan, atau sosial media lainnya. Proses komunikasi ini terlibat dua orang atau lebih yang belum termasuk pada komunikasi kelompok.
  2. Komunikasi secara tatap muka saling bertukar pendapat sehingga terbentuk perubahan sikap satu sama lainnya.
  3. Komunikasi secara verbal maupun non verbal yang melibatkan dua orang atau lebih sehingga interaksi ini dapat merupak perilaku dari keduanya.
  4. Proses komunikasi antara atasan dengan bawahan yang bersifat pribadi ini juga dapat disebut komunikasi interpersonal.

Demikian penjelasan terkait pengertian komunikasi interpersonal yang diutarakan para ahli komunikasi. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya bagi mahasiswa ilmu komunikasi yang sedang mencari bahan perkuliahan

0 Response to "Pengertian Komunikasi Interpersonal Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel