Pengertian Komunikasi Organisasi

Secara umum komunikasi organisasi adalah hubungan timbal balik antar individu dalam konteks organisasi serta adanya saling ketergantungan antara anggota organisasi tersebut. Komunikasi Organisasi tersebut biasanya mencakup pembahasan mengenai struktur dan fungsi organisasi, hubungan antar manusia, komunikasi dan proses pengorganisasian serta perilaku dan budaya dalam sebuah organisasi.

Secara spesifik, komunikasi organisasi meliputi arus pesan dalam suatu jaringan organisasi baik vertikal maupun horizontal, dengan sifat komunikasi saling ketergantungan. Okee mari kita simak terkait dengan pengertian komunikasi organisasi secara lengkap menurut para ahli.

Pengertian Komunikasi Organisasi
Komunikasi organisasi adalah pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi (Wiryanto, 2005). Komunikasi formal adalah komunikasi yang disetujui oleh organisasi itu sendiri dan sifatnya berorientasi kepentingan organisasi. Isinya berupa cara kerja di dalam organisasi, produktivitas, dan berbagai pekerjaan yang harus dilakukan dalam organisasi.

pengertian komunikasi organisasi

Misalnya: memo, kebijakan, pernyataan, jumpa pers, dan surat-surat resmi. Adapun komunikasi informal adalah komunikasi yang disetujui secara sosial. Orientasinya bukan pada organisasi, tetapi lebih kepada anggotanya secara individual.

Contohnya; komunikasi yang hampir sama dengan komunikasi kelompok, yang membedakannya adalah, komunikasi organisasi lebih terstruktur, seperti memiliki ketua, sekretaris, bendahara dan sebagainya.


Walaupun secara umum telah di kemukakan tentang pengertian komunikasi organisasi, tampaknya para ahli belumlah mempunyai persepsi yang sama mengenai komunikasi organisasi. Bermacam-macam persepsi mereka tentang hal ini dan beberapa di antaranya akan disajikan berikut ini (Arni, 2009; 65):

Komunikasi Organisasi Menurut Ahli
Untuk memahami dengan lebih jelas, berikut ini ulasan mengenai pengertian komunikasi organisasi menurut para ahli:

Devito
Devito menjelaskan bahwa komunikasi organisasi merupakan usaha pengiriman dan penerimaan pesan baik dalam kelompok formal ataupun informal organisasi

Wiryanto
Menurut Wiryanto, komunikasi or ganisasi ialah sebuah proses penyampaian dan penerimaan pesan dalam sebuah organisasi tertentu.

Zelko dan Dance
Zelko dan Dance menjelaskan bahwa komunikasi organisasi ialah suatu sistem yang saling berkaitan. Komunikasi organisasi terdiri dari komunikasi eksternal dan internal.

Greenbaunmn
Menurut Greenbaunm, komunikasi organisasi termasuk di dalamnya komunikasi formal dan informal organisasi. Greesbaunm juga mengungkapkan bahwa peranan komunikasi organisasi ialah sebagai sarana untuk mengkoordinir unit-unit organisasi guna mencapai tujuan organisasi.

Arnold dan Feldman
Pengertian komunikasi organisasi menurut Arnold & Feldman ialah pertukaran pesan yang dilakukan antar orang-orang yang menjadi anggota dalam suatu organisasi, dimana prosesnya secara umum meliputi tahapan yang sistematis.

Ron Ludlow
Ron ludlow mengungkapkan bahwa komunikasi organisasi ialah program komunikasi dalam kajian bidang Public Relations (PR) termasuk di dalamnya mengenai hubungan internal, hubungan pemerintah dan hubungan investor.

Frank Jefkins
Menurut Frank Jefkins komunikasi organisasi ialah bentuk komunikasi yang terencana antara sebuah organisasi dengan publiknya untuk mencapai tujuan tertentu.

Goldhaber
Goldhaber mengungkapkan bahwa komunikasi organisasi merupakan proses tukar menukar pesan dalam sebuah jaringan hubungan yang saling berkaitan satu sama lain.

Katz dan Kahn
Menurut Katz dan Kahn, komunikasi organisasi ialah arus informasi, pengiriman arti dan pertukaran informasi di dalam sebuah organisasi.

Demikian penjelasan terkait dengan pengertian komunikasi organisasi yang dapat Anda pahami. Komunikasi organisasi hampir sama dengan komunikasi kelompok, yang membedakannya adalah, organisasi terstruktur sementara komunikasi kelompok tidak. Semoga dengan adanya penjelasan di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi kita mahasiswa ilmu komunikasi dan untuk lainnya terimakasih.

0 Response to "Pengertian Komunikasi Organisasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel