Pengertian Komunikasi: Proses, Tujuan, dan Fungsinya

Apa sih komunikasi itu? Pengertian komunikasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh komunikator dengan komunikan dalam kontek penyampaian informasi berupa suatu pesan, gagasan, ide, pendapat, dengan tujuan keduanya saling mengerti. Aktivitas komunikasi ini biasanya dilakukan baik itu berupa verbal maupun non verbal. Tidak hanya itu saja, komunikasi juga dapat dilakukan dengan cara menggunakan bahasa tubuh. Misalnya; gerak gerik badan, geleng geleng kepala, senyuman dengan tujuan menunjukkan sikap tertentu.

Perlu kita ketahui bahwa, komunikasi memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, baik itu secara individu, kelompok, organisasi, termasuk antar negara dan juga bangsa. Tanpa kita sadari, setiap harinya kita melakukan komunikasi. Berdasarkan hasil penelitian, sekitar 70% manusia dalam keadaan sadar berkomunikasi baik itu berbicara, mendengar, menulis dan juga membaca. Dan hampir setiap hari itu yang kita lakukan.

Pengertian komunikasi menurut para ahli

Komunikasi yang baik dan efektif dapat diartikan komunikasi yang mudah dimengerti dan juga diterima oleh keduabelah pihak yakni komunikator dan komunikan. Dalam kontek komunikasi yang baik, maka terdapat komunikasi yang efektif menurut para ahli. Jadi, penjelasan di atas masih sangat umum untuk dimengerti makna dari komunikasi itu sendiri. Sebelum kita lanjut, pada bab selanjutnya, mari kita simak asal kata komunikasi di bawah ini.

Asal Kata Komunikasi
Istilah "komunikasi" atau dalam bahasa inggris communication berasal dari kata  latin communication, dan bersumber dari kata communis  yang berarti sama. Sama di sini maksudnya adalah sama makna.

Jadi, kalau ada dua orang terlibat dalam komunikasi, misalnya dalam bentuk percakapan, berbicara, menelpon, mengirim surat, atau berupa interaksi secara langsung.

Maka, komunikasi akan terjadi atau berlangsung selama ada kesamaan makna mengenai apa yang dibicarakan. Proses inilah yang dimaksud dengan pengertian komunikasi.

Pengertian Komunikasi Secara Umum
Secara umum, pengertian komunikasi adalah proses pengiriman dan penerimaan informasi atau pesan antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga bisa dipahami dengan mudah. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan berita atau pesan dari dua orang atau lebih supaya pesan yang dimaksud bisa dipahami.

Dari pengertian dan juga penjelasan di atas. Menurut Irman fsp, komunikasi dapat disimpulakan adalah merupakan suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lainnya.

Selain itu juga proses interaksi sosial baik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, atau dengan kata lain percakapan antara orang dengan orang seperti suami dengan istri, anak dengan ayah atau sebaliknya itu merupakan komunikasi yang sedang berlangsung.

Baca Juga: Pengertian Komunikasi Kelompok

Walaupun sudah ada penjelasan di atas terkait dengan pengertian komunikasi. Namun, rasanya tidak afdhol bila belum kita dengan dari berbagai pendapat ahli. Oleh karenya, irmanfsp.com juga ikut sertakan pengertian komunikasi dari para pendahuli agar informasi yang kami bagikan ini menjadi lebih lengkap dan mudah dimengerti oleh semua pembaca.

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli
Dari beberapa pengertian komunikasi di atas, untuk lebih jelasnya maka mari kita simak juga beberapa pendapat ahli yakni, di bawah ini:
  1. Everett M. Rogers: Komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka. (pengantar Ilmu komunikasi, 1998, hal 20, Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc.) (Dedy Mulyana., 2015; 62., Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar)
  2. Rogers & D. Lawrence Kincaid: Komunikasi adalah suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya, yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam. (Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc., 1998;20., pengantar Ilmu komunikasi)
  3. Shannon & Weaver: Komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling pengaruh mempengaruhi satu sama lainnya, sengaja atau tidak sengaja. Tidak terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan bahasa verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni, dan teknologi. (Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc., 1998; 20., pengantar Ilmu komunikasi)
  4. David K. Berlo: Ilmu pengantar komunikasi Komunikasi sebagai instrumen dari interaksi sosial berguna untuk mengetahui dan memprediksi setiap orang lain, juga untuk mengetahui keberadaan diri sendiri dalam memciptakan keseimbangan dengan masyarakat. (Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc., 1998; 3., pengantar Ilmu komunikasi)
  5. Harorl D. Lasswell: Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa? Dengan akibat apa atau hasil apa? (Who? Says what? In which channel? To whom? With what effect?) (Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc., 1998; 19., pengantar Ilmu komunikasi) (Dedy Mulyana., 2005; 69., Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar)
  6. Steven: Komunikasi juga dapat terjadi kapan saja suatu organisme memberi reaksi terhadap suatu objek atau stimuli. Apakah itu berasal dari seseorang atau lingkungan sekitarnya. (Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc., 1998; 19., pengantar Ilmu komunikasi)
  7. Raymond S. Ross: Komunikasi adalah suatu proses menyortir, memilih dan mengirimkan simbol-simbol sedemikian rupa sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respons dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan komunikator. (Dedy Mulyana., 2005; 62., Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar)
  8. Menurut Prof. Dr. Alo Liliweri: Komunikasi adalah pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima agar dapat dipahami. (Dasar-dasar Komunikasi Kesehatan, 2003; 4)
  9. Bernard Berelson & Gary A. Steiner: komunikasi adalah transmisi informasi, gagasan, emosi, ketrampilan, dan sebagainya, dengan menggunakan simbol-simbol – kata-kata, gambar, figur, grafik dan sebagainya. Tindakan atau proses transmisi itulah yang disebut dengan komunikasi (dedy Mulyana., 2005; 68., Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar)
  10. Menurut John R. Wenburg dan William W Wilmot: Komunikasi adalah suatu usaha untuk memperoleh makna (Dedy Mulyana., 2005; 68., Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar).

Baca Juga: Pengertian Komunikasi Organisasi

Proses Komunikasi
Pada penjelasan sebelumnya, Irmanfsp telah menguraikan terkait dengan proses komunikasi. Dalam hal ini terdapat 2 proses yakni, proses komunikasi primer dan juga proses komunikasi sekunder. Kedua cara tersebut tentu terdapat tujuan yang sama. Artinya, proses penyampaian informasi tersebut dengan tujuan bisa terlaksanakan secara baik dan lancar. Untuk lebih jelas maka simak proses komunikasi primer dan sekunder.

Proses komunikasi adalah bagaimana komunikator menyampaikan pesan kepada komunikannya, sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan dengan komunikator. Proses komunikasi ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi yang baik dan efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi pada umumnya).

Di dalam teori komunikasi terdapat beberapa tahapan proses komunikasi yakni di bawah ini:
  • Penginterprestasian, hal yang diinterpretasikan adalah motif komunikasi, terjadi dalam diri komunikator. Artinya, proses komunikasi tahap pertama bermula sejak motif komunikasi muncul hingga akal budi komunikator berhasil menginterpretasikan apa yang ia pikir dan rasakan ke dalam pesan (masih abstrak). Proses penerjemahan motif komunikasi ke dalam pesan disebut interpreting.
  • Penyandian, pada tahap ini masih ada dalam komunikator dari pesan yang bersifat abstrak berhasil diwujudkan oleh akal budi manusia ke dalam lambang komunikasi. Tahap ini disebut encoding, akal budi manusia berfungsi sebagai encorder, alat penyandi: mengubah pesan abstrak menjadi konkret.
  • Pengiriman, proses ini terjadi ketika komunikator melakukan tindakan komunikasi, mengirim lambang komunikasi dengan peralatan jasmaniah yang disebut transmitter, alat pengirim pesan.
  • Perjalanan, pada tahapan ini terjadi antara komunikator dan komunikan, sejak pesan dikirim hingga pesan diterima oleh komunikan.
  • Penerimaan, pada tahapan ini ditandai dengan diterimanya lambang komunikasi melalui peralatan jasmaniah komunikan.

Apa yang bahas dalam proses komunikasi itu memiliki kesimpulan yaitu bagaimana komunikator menyampaikan pesan kepada komunikannya, sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan dengan komunikatornya. Tujuannya adalah agar bisa menciptakan komunikasi yang efektif dan baik.

Proses komunikasi adalah pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan atau informasi dari satu orang ke orang lain. Perpindahan pengertian tersebut melibatkan lebih dari sekedar kata-kata yang digunakan dalam percakapan tetapi juga, ekspresi wajah, intonasi, titik putus vokal dan sebagainya (Wiryanto, 2004: 9).

Menurut Everett M. Rogers seorang pakar sosiologi pedesaan Amerika komunikasi adalah proses di manan suatu ide dialihkan dari sumber kepada satu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka (Cangara, 2007; 20).
Selain itu dalam Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi: komunikasi diartikan sebagai proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan (Onong, 2003; 27). Pada hakikatnya, semua orang setiap hari melakukan komunikasi, baik komunikasi interpersonal, komunikasi intrapersonal, komunikasi massa, dan lain sebagainya.

Jadi, Irman fsp bisa mengambil kesimpulan bahwa pengertian komunikasi adalah:
  1. Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan, baik menggunakan alat-alat komunikasi maupun tidak.
  2. Komunikasi merupakan proses penyampaian informasi dari komunikator sebagai individu pertama kepada komunikan sebagai individu lainnya.
  3. Komunikasi juga merupakan suatu proses penyampaian ide-ide dari dari seseorang kepada orang lain, guna untuk merubah perilaku orang lain dari tidak mengerti menjadi mengerti.

Fungsi Komunikasi
Terdapat banyak sekali fungsi komunikasi yang dapat kita rasakan, bila dilihat dalam kehidupan sehari hari. Menurut (Effendy, 1997: 36) terdapat empat fungsi komunikasi, sebagai berikut:
  1. Menginformasikan (to inform)
    Memberikan informasi kepada masyarakat, memberitahukan kepada masyarakat mengenai peristiwa yang terjadi, ide atau pikiran dan tingkah laku orang lain, serta segala sesuatu yang disampaikan orang lain
  2. Mendidik (to educate)
    Fungsi komunikasi sebagai sarana pendidikan. Melalui komunikasi, manusia dalam masyarakat dapat menyampaikan ide dan pikirannya kepada orang lain sehingga orang lain mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan
  3. Menghibur (to entertain)
    Fungsi komunikasi selain menyampaikan pendidikan, dan mempengaruhi, komunikasi juga berfungsi untuk memberi hiburan atau menghibur orang lain
  4. Mempengaruhi (to influence)
    Mempengaruhi setiap individu yang berkomunikasi, tentunya berusaha saling  mempengaruhi jalan pikiran komunikan dan lebih jauh lagi berusaha merubah sikap dan tingkah laku komunikan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Selain itu, dalam buku Perilaku Organisasional (Sopiah, 2008), dijelaskan bahwa terdapat empat fungsi komunikasi yaitu:
  1. Komunikasi memiliki fungsi sebagai pengungkapan emosi. Fungsi komunikasi ini berperan ketika kelompok kerja dalam organisasi menjadi sumber pertama dalam berinteraksi sosial. Komunikasi yang terjadi dalam kelompok ini merupakan mekanisme fundamental dimana masing masing anggota dapat menunjukkan kekecewaan ataupun rasa puas mereka terhadap anggota lain ataupun dalam masyarakat.
  2. Komunikasi sebagai pengendali perilaku anggota. Fungsi komunikasi ini berjalan apabila anggota diwajibkan untuk menyampaikan keluhan yang berhubungan dengan pelaksanaan pekerjaan atau kewajiban anggota ataupun karyawan tersebut dalam perusahaan.
  3. Komunikasi berfungsi dalam membangkitkan motivasi karyawan. Fungsi ini berjalan ketika dalam organisasi, seorang atasan ingin melihat kinerja bawahan.
  4. Fungsi komunikasi sebagai pertimbangan pengambilan keputusan dalam organisasi. Dengan adanya komunikasi, informasi akan mengalir, dan dengan hal tersebut, akan tercipta pertimbangan pertimbangan yang menyeluruh terhadap keputusan ataupun kebijakan yang akan diambil, seperti penurunan ataupun kenaikan gaji karyawan, atau perlu tidaknya adanya liburan dan sebagainya.

Tujuan Komunikasi
Menurut Riant Nugroho (2004: 72) tujuan komunikasi adalah menciptakan pemahaman bersama atau mengubah persepsi, bahkan perilaku. Sedangkan menurut Katz an Robert Kahn yang merupakan hal utama dari komunikasi adalah pertukaran informasi dan penyampaian makna suatu sistem sosial atau organisasi.

Akan tetapi komunikasi tidak hanya menyampaikan informasi atau pesan saja, tetapi komunikasi dilakukan seorang dengan pihak lainnya dalam upaya membentuk suatu makna serta mengemban harapan-harapannya (Rosadi Ruslan, 2003: 83).

Secara umum menurut pendapat Widjaja, tujuan komunikasi dapat diartikan yakni, sebagai berikut:
  1. Supaya yang kita sampaikan dapat mengerti, sebagai komunikator kita harus menjelaskan kepada komunikan (penerima) dengan sebaik-baiknya dan tuntas sehingga mereka dapat mengerti dan mengakui apa yang kita maksud.
  2. Memahami orang lain. Kita sebagai komunikator harus mengerti benar aspirasi masyarakat tentang apa yang diinginkan kemauannya.
  3. Supaya gagasan dapat diterima orang lain. Kita berusaha agar gagasan kita dapat diterima orang lain dengan pendekatan persuasive bukan memaksakan kehendak.
  4. Menggerakkan orang lain untuk melakukan sesuatu, menggerakkan sesuatu itu dapat bermacam-macam, mungkin berupa kegiatan. Kegiatan dimaksud di sini adalah kegiatan yang lebih banyak mendorong, namun yang penting harus diingat adalah bagaimana cara baik untuk melakukan.

Itu lah informasi terkait dengan pengertian komunikasi, proses komunikasi, fungsi komunikasi, dan juga tujuan dari komunikasi yang dapat Irman fsp paparkan dalam artikel ini. Semoga dengan adanya penjelasan di atas dapat memudahkan pembaca serta menjadi sebuah acuan untuk pembelajaran khusus bagi mahasiswa ilmu komunikasi dan juga untuk pembaca lainnya. Bila artikel ini bermanfaat dan juga berguna, silahkan bagikan kepada pembaca lainnya.

0 Response to "Pengertian Komunikasi: Proses, Tujuan, dan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel